Perbedaan Kliring, RTGS, dan Real Time yang Perlu diketahui

1
46174
Kliring Adalah

12Selain RTGS dan Real Time, Kliring adalah salah satu sarana yang dipakai bank untuk memudahkan penyelesaian transaksi bagi pengguna internet banking dan online banking. Ketiga fasilitas transfer ini sebaiknya Anda pahami dengan baik. Dengan demikian, Anda tidak akan melakukan kesalahan saat transfer atau asal transfer saja.

Dengan memahami fasilitas transfer pembayaran dari perbankan ini, Anda bisa tahu kapan uang yang Anda kirim akan sampai ke rekening tujuan. Nah, simak  penjelasan di bawah ini untuk mengetahui perbedaan ketiga fasilitas transfer uang tersebut. 

Perbedaan antara Kliring, RTGS, dan Real Time

Kliring adalah pertukaran data keuangan secara elektronik antarbank atas nama bank ataupun nasabah yang diselesaikan dalam kurun waktu tertentu. Kliring menjadi aktivitas yang penting dalam dunia perbankan sebagai  sarana yang digunakan oleh bank untuk menjalankan fungsinya, yaitu memudahkan penyelesaian transaksi antarbank. 

1. Kliring

Kriling juga sering disebut dengan LLG ( Lalu Lintas Giro) yaitu mekanisme pembayaran yang mewajibkan bank untuk melakukan pemeriksaan atau proses clearing saldo rekening sumber sebelum melakukan proses pembayaran.  Tujuan kegiatan kliring ini adalah untuk mempermudah transaksi pembayaran sehingga lebih cepat dan aman. 

Berikut  penjelasan tentang proses kliring selengkapnya.

  • Kliring merupakan cara bertransaksi melalui mobile banking, internet banking, dan teller bank, saat Anda ingin melakukan transfer atau mengirim uang ke bank lain.  
  • Proses kliring membutuhkan waktu 2 – 3 hari kerja sehingga uang Anda tidak langsung sampai ke rekening tujuan. Hal ini disebabkan bank pengirim harus mengirimkannya ke BI (Bank Indonesia) terlebih dahulu. Setelah itu, baru Bank Indonesia akan mengirimkannya kepada bank penerima transfer.
  • Layanan transfer dana bagi nasabah secara kliring ini dibuka hingga lima kali dalam sehari saat jam kerja di Bank Indonesia. 
  • Biaya transfer antarbank melalui kliring lebih murah apabila dibandingkan dengan transfer antarbank online. Biaya kliring tranfer uang antarbank mulai Rp3.500 * per transaksi. 
  • Sebelum memproses transfer pembayaran ini, bank akan memeriksa terlebih dahulu jika saldo rekening sumber mencukupi. 
  • Saat ini batas maksimal nominal transfer kliring adalah sebesar Rp1 miliar. *

2. RTGS

Real Time Gross Settlement (RTGS) merupakan salah satu fasilitas pembayaran dari bank. Jika Anda ingin melakukan transfer dalam jumlah besar dan membutuhkan waktu yang lebih cepat dibandingkan kliring, RTGS bisa menjadi pilihan.

 Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang RTGS.

  • RTGS biasanya dipilih nasabah untuk melakukan transfer uang dengan nominal yang lebih besar, minimal sebesar Rp100 juta. *
  • Biaya yang dipatok pun lebih mahal jika dibandingkan dengan kliring yakni mulai  Rp25.000. *
  • Jika Anda melakukan transfer melalui RTGS, uang akan sampai ke rekening tujuan saat itu juga atau secara real time. 
  • Namun, perlu Anda ketahui jika yang dimaksud dengan real time ini tidak berarti uang Anda akan sampai ke rekening penerima pada jam dan menit yang sama. 
  • Proses RTGS memerlukan waktu beberapa jam hingga uang sampai ke rekening penerima, biasanya sekitar 3 – 4 jam atau bisa lebih cepat dari itu.  
  • Jika transfer uang dilakukan di atas pukul 15.00 akan diproses keesokan harinya.
  • Demikian juga jika Anda melakukan transfer RGTS di akhir bulan pada tanggal 30 atau 31, proses transfer akan mengalami keterlambatan selang satu hari kerja akibat proses tutup buku.

Baca juga: Daftar Lengkap Biaya Transfer Antar Bank

3. Real Time

 Real Time Online (RTO) adalah sistem pengiriman uang tercepat dalam perbankan yang mudah dan fleksibel sehingga paling banyak dipilih nasabah. RTO ini berbeda dengan proses kliring dan RTGS yang membutuhkan waktu transfer uang hingga dana masuk ke rekening penerima. Jika Anda melakukan transfer uang melalui  RTO,  uang bisa langsung  masuk ke rekening penerima di waktu yang bersamaan.

Berikut ini penjelasan tentang transfer Real Time yang perlu Anda ketahui.

  • Transfer uang melalui RTO dapat dilakukan secara fleksibel melalui tiga fasilitas yaitu mobile banking, internet banking, dan ATM (Auto Teller Machine)
  •  Transfer real time online pun bisa dilakukan di bank yang tergabung dalam jaringan ATM bersama serta bank yang ada dalam jaringan ATM Prima seperti BCA.
  • Dalam proses transfer Real Time Online menggunakan sistem antarbank yang terintegrasi ini, dana akan langsung masuk ke rekening tujuan. 
  • Jumlah transfer Real Time ini terbatas per hari maksimal hanya bisa Rp25 juta. Sedangkan biaya transfer bervariasi dan terjangkau, rata-rata di bawah Rp10.000 sekitar Rp6.500 – Rp7.500.*
  • Batas nominal ini cocok bagi perorangan yang hendak melakukan transfer dalam jumlah yang tidak terlampau besar, tetapi memerlukan waktu yang cepat.

Nah, itulah penjelasan tentang perbedaan antara fasilitas kliring, RTGS, dan Real time.  Pemahaman tentang RTGS, Real Time, dan kliring adalah hal yang penting bagi nasabah, apalagi jika Anda adalah pelaku bisnis online. Semoga bermanfaat.

*Besaran biaya dapat berubah sewaktu-waktu.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

1 COMMENT

Comments are closed.