5 Rekomendasi Film tentang Saham yang Wajib Ditonton

0
5218
Film Tentang Saham

Apakah Anda tertarik untuk belajar investasi saham? Investasi saham bisa dikatakan merupakan investasi dengan keuntungan yang paling baik. Keuntungan investasi ini berasal dari kenaikan harga saham dan pembagian profit perusahaan (deviden). 

Apabila Anda membeli saham dari perusahaan dengan tingkat return tinggi, Anda akan mendapat keuntungan investasi yang maksimal.  Nah, jika Anda tertarik, belajar saham dapat dilakukan melalui berbagai cara menarik. Salah satunya adalah menonton film tentang saham yang tidak akan membuat Anda merasa bosan.

Yuk, kita lihat 5 rekomendasi film yang mengusung tema tentang saham berikut ini.

5 rekomendasi film tentang saham yang perlu Anda tonton

1. Wall Street (1987)

Anda bisa mengambil pelajaran dari film seru yang mengangkat situasi bisnis di Wall Street ini. Selain nama sebuah jalan, Wall Street merupakan istilah terkait keuangan dan berpengaruh di negeri Paman Sam. Film yang diangkat dari kisah nyata ini  dipersembahkan oleh sutradara Oliver Stone bagi ayahnya, Lou Stone. Lou Stone adalah seorang pialang saham yang kala itu mengalami depresi berat. 

Hal penting dari film ini adalah mengangkat sisi buruk pasar saham lewat sosok pialang pasar modal, Bud Fox. Pria ini mengejar ambisinya agar dapat sukses di pasar saham dengan melanggar kode etik. Tindakan ini pada akhirnya akan membuat dirinya terperangkap dalam masalah besar. Pesan penting dari film ini adalah agar semua orang lebih berhati-hati dalam bermain saham.  Selain itu, dengan menyaksikan film ini, banyak orang dapat belajar cara menghindari kejahatan finansial seperti yang dikisahkan dalam film ini.

2. Boiler Room (2000)

Film  yang dibintangi oleh Vin Diesel dan Ben Affleck ini menceritakan kisah Seth, seorang mahasiswa  putus sekolah. Hubungan yang buruk dengan sang ayah, membuat Seth berambisi untuk mandiri dan sukses di dunia pialang.  Seth lalu bekerja dengan cara yang agresif saat menjadi broker saham di “Ruang Boiler” hingga menjadi kaya raya.  

Dalam film ini dikisahkan jika Seth terperangkap dalam keserakahan di dunia saham dan tidak menyadari jika dirinya menjual saham bodong. Dalam meraih kesuksesan ini dia pun benar-benar mempertaruhkan moralnya.

3. Enron: The Smartest Guys in Room (2005)

Film yang rilis tahun 2005 ini ditulis berdasarkan buku dengan judul yang sama. Film ini mengangkat tema tentang tragedi Enron, sebuah perusahaan besar di Amerika yang akhirnya mengalami kejatuhan. Kisah ini merupakan sebuah kasus penipuan finansial dan akuntansi paling berat yang terjadi sepanjang sejarah, sejak kebangkitan perusahaan ini pada tahun 1985 hingga bangkrut pada tahun 2001.

Film dokumenter ini menceritakan seorang wartawan majalah Fortune dan analis investasi  yang meragukan laporan keuangan dan nilai saham Enron yang tidak realistis. Dari film ini, Anda bisa menyaksikan wawancara eksklusif Bethany Mclean dengan Peter Elkind, beserta para mantan petinggi dan mantan karyawan Enron. 

 4.  The Wolf  of Wall Street (2013)

Film The Wolf of Wall Street termasuk film tentang saham bergenre biografi, drama, dan kejahatan yang dibumbui dengan komedi. Film yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio ini berhasil menarik perhatian publik saat dirilis pada tahun 2013. Tidak jauh berbeda dengan film Boiler Room, The Wolf of Wall Street menceritakan biografi atau kisah hidup seorang pialang saham bernama Jordan Belfort.

Jordan Belfort berhenti bekerja sebagai pialang karena perusahaan saham tempatnya bekerja bangkrut. Bersama kawan-kawannya, ia berinisiatif membuka perusahaan saham sendiri dan berhasil meraih sukses. Namun, sayangnya mereka berubah menjadi mafia saham dengan melakukan tindak kejahatan, korupsi, dan penipuan saham sehingga akhirnya menjadi buruan FBI.  

Baca juga: 5 Cara Memulai Investasi Saham Untuk Pemula

5. The Big Short (2015)

Film yang dibintangi oleh Margot Robbie dan Selena Gomez, serta disutradarai oleh Adam McKay ini berhasil meraih Academy Award. Film yang bergenre biografi dan drama komedi ini mengusung kisah nyata krisis ekonomi dunia khususnya di Amerika. The Big Short menceritakan empat orang pria yang melihat peluang menciptakan ide gila di saat krisis itu.

Meskipun film ini banyak menggunakan istilah ekonomi seperti Credit Default Swap (CDS) atau Collateralized Debt Obligations (CDO), tetapi mampu menambah wawasan serta menghibur para penonton awam. 

Nah, itulah rekomendasi film tentang saham yang memuat banyak teori dan informasi seputar dunia saham. Jadi, film mana yang akan Anda tonton? Semoga setelah menonton film ini, Anda bisa segera mulai berinvestasi saham ya!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]