5 Kesalahan Pebisnis Muda yang Harus Dihindari

0
379
5 Kesalahan Pebisnis Muda yang Harus Dihindari

Tak ada salahnya memulai bisnis meskipun masih berusia muda. Justru semakin cepat kamu menjajal membuka usaha lebih baik. Bagi kamu pebisnis muda yang sedang atau berencana terjun ke dalam dunia bisnis, simak baik-baik apa saja hal yang harus kamu hindari agar usahamu berjalan mulus dan lancar.

1. Menaruh Ekspektasi Terlalu Tinggi

Optimisme adalah hal yang penting, tapi perlu disadari bahwa bisnis itu memang cukup rumit. Terkadang anak muda cenderung idealis dan kurang realistis dalam menghadapi sebuah situasi atau masalah. Sehingga ketika gagal, semangatnya hilang dan bahkan menjadi stress. Kesiapan mental dalam menjalani bisnis sangatlah penting, coba mulai dengan belajar mengontrol caramu menyikapi masalah.

2. Tidak Punya Perencanaan Matang

Memimpikan bisnis yang sukses pasti keinginan semua orang. Namun hal ini jelas tidak akan terwujud jika tidak ada rencana yang jelas. Rencanakan secara rinci mulai dari produk yang mau dijual, target audiens, keuangan bisnis, hingga tahapan yang ingin dicapai dalam waktu terdekat.

3. Gegabah Memilih Rekan Bisnis

Terkadang anak muda punya mimpi yang sama namun karakter dan kesiapan mentalnya berbeda-beda. Cenderung mengajak teman karena merasa sudah saling kenal dan sering bersama, tapi tidak mempertimbangkan visi-misinya. Kamu harus lebih selektif dalam memilih rekan bisnis, karena ketika memutuskan bekerjasama, kalian harus bersikap profesional dan punya tujuan yang sejalan.

4. Menggabungkan Keuangan Pribadi & Bisnis

Ini adalah hal yang wajib kamu hindari. Buatlah rekening khusus untuk bisnismu, karena dengan memisahkannya dengan keuangan pribadi, pengelolaan arus kas bisnis bisa lebih terjaga, teratur dengan baik, dan lebih profesional.

5. Keliru Mengalokasikan Modal

Alokasi modal sangatlah penting dalam pengambilan keputusan dan operasional yang dijalankan. Jika tidak bisa mengaturnya dengan baik sudah dipastikan jalannya bisnis tidak akan lancar.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut