Akseleran Berhasil Menyalurkan Total Pinjaman Usaha Rp50 Miliar di DIY

0
166
Direktur Pengaturan Perizinan dan Pengawasan Fintech OJK Tris Yulianta (kanan) bersama SVP Corcomm Akseleran Rimba Laut di Fintech Days Yogyakarta 2022

“Wujudkan Inklusi Keuangan di Fintech Lending Days Yogyakarta 2022”

YOGYAKARTA – Hingga pertengahan Oktober 2022, penyelenggara Fintech P2P Lending Akseleran berhasil menyalurkan total pinjaman usaha secara kumulatif sebesar Rp50 miliar kepada para pebisnis UMKM di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Tercatat, dari jumlah tersebut terdapat tiga wilayah yang memberikan kontribusi terbesar dalam penyaluran pinjaman usaha Akseleran di DIY, yakni Kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta, dan Kabupaten Bantul.

Rimba Laut, Senior Vice President Corporate Communication Akseleran, mengatakan bahwa kinerja penyaluran pinjaman usaha Akseleran di DIY terus tumbuh secara konsisten. Bahkan, kata Rimba, selama hampir 10 bulan terakhir di tahun ini total penyaluran pinjaman usaha Akseleran di DIY sudah menembus sekitar Rp15 miliar atau tumbuh 25% jika dibandingkan periode yang sama di tahun 2021.

“Ini menunjukkan animo para pebisnis UMKM di DIY semakin meningkat untuk mengajukan pinjaman modal usaha melalui aplikasi Akseleran dan artinya sejalan dengan tingkat kepercayaan dari masyarakat setempat yang terus aktif melakukan pemberian dana pinjaman di Akseleran yang dapat dilakukan mulai dari Rp100 ribu. Setidaknya selama kuartal ketiga tahun 2022, rata-rata penyaluran pinjaman usaha Akseleran sukses menembus di angka Rp1,9 miliar per bulan dan kami optimistis dapat semakin meningkat lagi berhubung DIY sangat didominasi oleh UMKM,” kata Rimba usai pagelaran akbar Fintech Lending Days Yogyakarta di Yogyakarta, Jumat (28/10/2022).

Menurutnya, pertumbuhan yang terjadi pada tahun ini di DIY salah satunya berasal dari pencapaian yang terjadi pada kuartal ketiga tahun 2022 dengan mencatat total penyaluran pinjaman usaha sebesar Rp5,7 miliar lebih. Dari realisasi itu, Rimba mengungkapkan, setara dengan sekitar 59% terhadap total penyaluran pinjaman usaha yang terjadi pada tahun ini di DIY hingga pertengahan Oktober 2022.

“Akseleran merupakan Fintech P2P Lending yang berfokus kepada penyaluran pinjaman usaha produktif bagi para pebisnis UMKM dan sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Secara nasional, Akseleran sudah menyalurkan total pinjaman usaha kumulatif hampir sebesar Rp6 triliun kepada lebih dari 4 ribu UMKM di Indonesia dengan rasio NPL tetap terjaga rendah di angka 0,04%,” jelasnya.

Selain itu, Rimba menyampaikan, kehadiran Akseleran di DIY juga untuk meramaikan pagelaran akbar Fintech Lending Days Yogyakarta 2022 yang berlangsung pada tanggal 26-27 Oktober. “Kehadiran Akseleran sebagai bentuk dukungan kepada OJK yang tidak pernah berhenti untuk terus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang peranan Fintech P2P Lending yang legal khususnya bagi para pebisnis UMKM dan sekaligus wujud nyata Akseleran dalam memperingati bulan inklusi keuangan di Oktober,” tambah Rimba.