Boy Band BTS Vakum, Korea Selatan Rugi Triliunan!

0
567
Boy Band BTS Vakum, Korea Selatan Rugi Triliunan!

Kabar mengenai BTS wajib militer baru-baru ini menggemparkan media. Seperti yang diketahui, pria dewasa di Korea Selatan memang diwajibkan mengikuti program wajib militer, tak terkecuali member BTS. Keputusan vakum sementara dari grup yang satu ini ternyata menyumbang kerugian bagi Korea Selatan.

Institut Penelitian Hyundai memperkirakan BTS menyumbang lebih dari $3,6 miliar atau sekitar Rp56 triliun setiap tahunnya untuk perekonomian Korea Selatan. Jika dibandingkan, jumlah tersebut setara dengan kontribusi 26 perusahaan menengah di Korea Selatan. BTS diperkirakan membawa 1 dari setiap 13 turis yang mengunjungi Korea Selatan dari 2017. Selain itu, BTS juga menghasilkan 1,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp17 triliun dari ekspor barang konsumen seperti merchandise dan kosmetik dalam satu tahun.

Saat kabar BTS akan vakum pada, menyebabkan saham HYBE turun 2,5% dan perusahaan Hybe Corporation dikabarkan kehilangan sampai $1,7 miliar (sekitar Rp25 triliun) Begitupun saat ini, dengan kabar BTS segera wamil, saham HYBE sebagai agency yang menaungi BTS juga ikut turun. Jika ditilik dari riset Hyundai Research Institute, maka Korea Selatan bisa kehilangan puluhan triliun uang.

Selain menyumbang untuk sektor ekonomi, BTS juga memproyeksikan citra positif Korea Selatan di luar negeri. Pada 2018, BTS bergabung dengan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa. BTS bersama Antonio Guterres dan para pemimpin dunia lainnya bekerja sama untuk mempromosikan kampanye anti kekerasan.

 Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut