7 Tahapan Mencapai Kebebasan Finansial

0
638
Kebebasan Finansial

Kebebasan finansial pada usia muda menjadi salah satu mimpi yang pasti ingin dimiliki semua orang. Ini adalah kondisi ketika finansial, investasi, dan tabungan yang Anda miliki telah berada pada tingkat yang bisa dibilang mapan dan aman. Ketika berada pada keadaan bebas secara finansial, semua aset yang Anda punya telah dinyatakan bebas utang, apapun bentuknya. 

Supaya bisa mencapai kondisi ini, Anda tentu memerlukan rencana hidup yang baik, terlebih pada sektor finansial. Sebabkan, rencana keuangan menjadi dasar untuk melalui kehidupan. Jika rencana keuangan Anda mengalami masalah, tentu akan berdampak pula pada berbagai hal lain dalam hidup. 

Tahapan Mencapai Kebebasan Finansial

Dari sebuah buku berjudul “Financial Freedom” yang ditulis oleh Grant Sabatier, terdapat 7 tahapan yang harus Anda lalui untuk bisa mencapai kebebasan finansial, yaitu:

Tahap 1 – Clarity

Tahap ini dilakukan dengan melakukan evaluasi terhadap kondisi finansial Anda. Ini termasuk memeriksa berapa uang yang Anda punya, berapa nominal utang yang masih Anda miliki, dan tak kalah pentingnya, apa tujuan yang hendak Anda penuhi. Sebab, Anda tidak akan mampu mencapai tujuan jika tidak tahu dari mana harus memulai.

Tahap 2 – Mandiri

Tahap kebebasan finansial yang kedua adalah Anda ingin menjadi mandiri dari segi finansial. Saat telah mencapai tahap ini, Anda seharusnya telah memiliki pendapatan yang cukup untuk memenuhi semua kebutuhan tanpa mengharapkan adanya bantuan dari orang lain, misalnya orangtua. Sebab, Sabatier menyebutkan bahwa seseorang hidup dari mengajukan pinjaman untuk bisa memenuhi kebutuhan, atau bertahan dari gaji bulan ini ke bulan berikutnya. 

Tahap 3 – Finansial yang Lebih Longgar

Ketika masuk pada tahap ini, Anda masih punya sisa anggaran setelah memenuhi semua kebutuhan. Sisa dana yang Anda miliki bisa dipakai untuk hal lain, misalnya investasi hari tua atau masuk dalam dana cadangan alias dana darurat. Anda memang memiliki kelonggaran secara finansial, tetapi bukan berarti karena Anda memiliki gaji yang besar. 

Tahap 4 – Stabilitas

Kebebasan finansial tahap empat artinya Anda sudah melunasi semua utang yang memiliki tingkat bunga tinggi, termasuk kartu kredit dan memiliki simpanan uang darurat yang besarnya sama dengan biaya hidup Anda selama setidaknya enam bulan ke depan. Saat anggaran cadangan dan darurat Anda sudah aman, Anda tidak perlu khawatir apabila mengalami kondisi yang tidak diinginkan, misalnya terkena PHK dari kantor atau harus berhenti bekerja karena kondisi yang tidak memungkinkan. 

Baca juga: Finansial Adalah: Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya

Tahap 5 – Fleksibilitas

Ketika Anda sudah sampai pada tingkatan ini, artinya Anda sudah memiliki anggaran darurat yang sudah cukup untuk memenuhi semua kebutuhan hidup Anda setidaknya dalam waktu dua tahun. Adanya tabungan dengan jumlah yang terbilang besar, Anda tidak harus menyimpan seluruhnya secara tunai. Selama Anda dapat mengakses semua dana dengan proses yang singkat dan cepat saat dibutuhkan, Anda bisa lebih fleksibel setidaknya dalam hal bekerja. 

Tahap 6 – Mandiri Secara Finansial

Kemudian, kebebasan finansial tahap enam yang berarti Anda tetap bisa hidup meski hanya bersumber dari penghasilan yang didapat melalui investasi, tak lagi dari gaji pekerjaan. Bentuk investasi bisa seperti sewa properti atau bentuk lain yang memberikan keuntungan dengan adanya bunga. 

Supaya bisa sampai pada tahap ini, Anda harus menyisihkan pendapatan untuk investasi dalam angka yang tinggi. Sebab, menabung dan berinvestasi secara agresif di usia muda membuat Anda tidak harus bekerja terlalu keras. Selain itu, Anda tentu mempunyai kendali terhadap nasib dan masa depan Anda sendiri. 

Tahap 7 – Kekayaan yang Berlimpah

Apabila seseorang yang masih berada pada tingkat 6 masih perlu melakukan pemantauan investasi guna memastikan rencana pascakerja tetap berjalan baik, Anda yang sampai pada tahap akhir ini tidak lagi perlu khawatir pada hal tersebut. Ini adalah tahap kebebasan finansial paling tinggi yang bisa Anda capai. 

Berada pada tahap ini berarti Anda sudah punya kekayaan yang sangat memadai, memiliki uang yang nominalnya jauh lebih banyak dibandingkan dengan jumlah yang Anda perlukan. Intinya, Anda tak lagi perlu cemas soal uang. 

Mencapai kebebasan finansial tentu tidak mudah. Namun, sebenarnya ini dibutuhkan agar Anda bisa menjalani hari tua dengan lebih nyaman tanpa harus memikirkan utang. Semoga bermanfaat. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].