Finansial Adalah: Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya

0
47143
Finansial Adalah

Finansial adalah istilah yang berhubungan dengan urusan keuangan. Saat membahas finansial pasti tidak bisa lepas dari ekonomi. Finansial merupakan salah satu bidang dalam ekonomi yang berfokus pada keuangan.

Supaya kamu dapat memahami topik finansial secara mendalam, mari simak ulasan mengenai pengertian, fungsi, dan manfaatnya berikut.

Pengertian Finansial

Ditinjau dari sudut pandang ilmu keuangan, membicarakan finansial berarti kamu akan membahas bagaimana mempelajari kondisi keuangan individu, bisnis, atau organisasi. Mulai dari mengelola, meningkatkan, memberdayakan sumber dana, mengalokasi dana sesuai pos, hingga membuat perhitungan risiko dan prospek di masa depan.

Finansial juga dapat dipandang dari aspek administrasi. Dalam konteks ini, finansial adalah bagaimana mengatur uang masuk dan keluar dalam suatu usaha atau lembaga. Maka, kamu akan menemukan istilah manajemen finansial, yaitu serangkaian aktivitas perusahaan, diawali dengan cara mendapatkan dana, menggunakan dana, dan mengelola keuangan perusahaan secara menyeluruh.

Suatu kondisi finansial dikatakan baik jika ada sistem manajemen yang teratur dan bisa dipertanggungjawabkan kepada pihak-pihak terkait. Segala aspek terkait manajemennya berjalan optimal, sehingga kebebasan finansial dapat tercapai. Kebebasan finansial berarti individu, bisnis, atau organisasi terbebas dari utang, mempunyai sumber penghasilan tetap, dan cadangan yang dapat dipakai untuk kebutuhan tidak terduga.

Fungsi Finansial

Sebagai angkatan kerja dengan usia produktif, kamu perlu mengetahui apa fungsi finansial dalam kehidupan pribadi. Salah besar jika kamu berpandangan bahwa manajemen finansial hanya perlu diterapkan dalam bisnis atau perusahaan saja. Sebelum melangkah lebih jauh, pahami dulu apa fungsi finansial yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan pribadimu.

  • Fungsi Perencanaan

Hidup terasa lebih mudah jika semua serba terencana. Meski kadang-kadang bersikap spontan itu seru, hal tersebut tidak berlaku dalam urusan keuangan. Fokus pada kebutuhan utama yang harus dipenuhi, seimbangkan antara pemasukan dan pengeluaran, dan hindari perencanaan bersifat keinginan semata. Ketiga prinsip utama tersebut perlu kamu pegang teguh, sehingga dana yang ada bisa dikelola secara optimal.

  • Fungsi Pengendalian

Meski batasan tiap pos sudah ditetapkan, ada kalanya kita mudah tergoda untuk mengutak-atik angka yang sudah ada. Di sinilah fungsi finansial sebagai pengendalian anggaran. Jika kamu abai pada fungsi ini, bukan tidak mungkin rencana pengeluaran membengkak dan berakibat pada kondisi keuangan yang tidak sehat.

  • Fungsi Pemeriksaan

Pengendalian anggaran perlu diikuti dengan pemeriksaan anggaran. Pengecekan secara berkala pada arus masuk keluar uang dalam keuanganmu akan membantumu menemukan kesalahan sejak awal, termasuk penggunaan dana yang tidak melebihi batas.

  • Fungsi Pelaporan

Apakah keuangan pribadi perlu laporan keuangan? Meski jawabannya tergantung, tetapi dengan pembuatan laporan sejenis kamu bisa melihat dan mencermati bagaimana kesehatan kondisi finansialmu. Kuncinya, pengeluaran harus lebih kecil daripada pemasukan. Maka, menekan pengeluaran perlu dilakukan supaya kamu bisa mencapai kondisi finansial yang stabil.

Manfaat Finansial

Lalu, manfaat apa yang dirasakan jika manajemen finansial diterapkan dalam kehidupan pribadi kamu? 

  • Membiasakan Diri Bergaya Hidup Hemat

Hidup hemat tidak sama dengan pelit. Hemat juga bukan berarti kamu hidup serba ngepas dan mengabaikan kebahagiaan diri sendiri. Hidup hemat menunjukkan bahwa kamu berkecukupan dan semua kebutuhan dasar sudah terpenuhi. 

Dahulukan kewajiban, atur keuangan dengan cermat, hilangkan keinginan yang bisa ditunda, dan kontrol utang sebisa mungkin. Itulah gaya hidup hemat sesungguhnya.

  • Berlatih Disiplin dan Teratur

Manfaat finansial adalah bagaimana pengelolaan keuangan yang tepat membuat kamu lebih disiplin. Mulai dari merencanakan keuangan, mengendalikan pengeluaran, dan mengelola pengembangan dana untuk kebutuhan masa mendatang. Semua hal yang dibutuhkan dan diinginkan telah terencana secara rinci, sehingga keteraturan itu membuahkan ketenangan pikiran dalam dirimu.

  • Menghindari Kebiasaan Berutang

Jujur saja, meningkatnya kebutuhan tak jarang menggodamu untuk berutang demi memenuhi kebutuhan tersebut. Namun, apakah berutang atau kredit selalu menjadi jalan satu-satunya? Tentu saja tidak, apalagi jika kamu sudah mampu mengelola keuangan pribadi secara tepat. Risiko munculnya utang pun bisa ditekan seminim mungkin.

  • Mempunyai Perencanaan Masa Depan Lebih Optimal

Mengelola keuangan akan membantumu mempunyai perencanaan masa depan yang lebih optimal. Logikanya begini, kamu bisa berhemat, hidup berkecukupan dan bebas utang. Dari situ, kamu bisa merencanakan kebutuhan masa depan dan bertindak sekarang juga dengan mulai melakukan pengembangan dana.

Sekarang kamu tahu bahwa finansial adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan keuangan, mulai dari pendanaan, perolehan, dan pengelolaan dana hingga bisa menghasilkan sesuatu. Jadi, jika kamu punya dana lebih, segera lakukan pengembangan dana mulai dari Rp100 ribu di platform peer to peer lending Akseleran. 

Semua demi masa depan kehidupanmu yang lebih baik. Setuju?

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

voucher promo akseleran blog blog100

Akseleran AppsYuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]