Jose Mujica, Presiden Paling Sederhana di Dunia!

0
804
Jose Mujica, Presiden Paling Sederhana di Dunia!

Pemimpin negara biasanya identik dengan gaya hidup yang mewah dan diiringi keamanan yang ketat. Namun berbeda dengan yang terjadi pada Jose Mujica. Presiden Uruguay periode 2010-2015 ini menjadi sorotan lantaran gaya hidupnya yang sederhana. Selayaknya seorang presiden, Jose Mujica tentu mendapat gaji yang terbilang besar. Dilansir dari  New York Times, gaji Jose Mujica sebagai presiden mencapai $12 ribu atau Rp180 juta per bulan. Namun ia hanya menyisakan $800 atau Rp12 juta untuk kehidupannya sehari-hari. Angka ini nyaris menyamai pendapatan per kapita penduduk Uruguay, yang pada saat itu berkisar $775 atau Rp11,6 juta per bulan.

Ketika pertama kali menjabat sebagai presiden di tahun 2010, Jose Mujica melaporkan harta kekayaannya yang hanya senilai Rp27 juta. Harta itu pun berasal dari mobil tua yang ia miliki, VW Beetle keluaran 1987 yang masih berfungsi dengan baik. Selama ini ia bersama istrinya, Lucia Topolansky, di rumah sederhana pinggir kota, sambil berkebun. Rumah ini dimiliki oleh istrinya, dan menurut ketentuan di Uruguay, harta tersebut tidak dicatat sebagai milik Jose Mujica.

Jose memilih untuk tetap tinggal di rumah ini meski telah menjadi presiden di negara Amerika Latin tersebut alih alih tinggal di istana presiden. Bahkan ketika telah menjadi presiden, Jose masih tetap berkebun bunga Krisan bersama istrinya. Dari hasil berkebun ini, Jose mendapatkan pendapatan tambahan. Mereka sendiri tidak punya anak, sehingga pengeluaran rumah tangganya cukup terkontrol.

Kediaman seorang pejabat negara pastinya dijaga ketat oleh banyak polisi. Wajar saja karena profesi strategis ini memang punya segudang risiko. Namun tidak demikian dengan rumah Jose Mujica yang hanya dijaga oleh 2 orang pasukan pengawal presiden. Bahkan, mereka tidak punya pelayan maupun juru masak seorang pun.

Jose memang sudah terbiasa merasakan asam garam kehidupan sejak kecil. Bahkan, ayahnya meninggal saat ia berusia 5 tahun dan dalam kondisi kekurangan uang. Hal inilah yang mendorongnya untuk membantu banyak orang dibandingkan meningkatkan gaya hidupnya sendiri.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut