3 Jenis Pitching Startup yang Wajib Kamu Ketahui!

0
722
3 Jenis Pitching Startup yang Wajib Kamu Ketahui!

Ketika hendak membuat startup, kamu akan sangat akrab dengan istilah pitching. Pitching adalah proses mempresentasikan ide bisnis kepada seseorang maupun berbagai pihak, dengan tujuan untuk mendapatkan pendanaan. Menguasai berbagai jenis pitching ini penting karena kamu mungkin akan bertemu dengan orang-orang yang berpotensi menjadi investor atau partner bisnis baik disengaja ataupun tidak disengaja.  Dengan menguasai berbagai jenis pitching ini, kamu dapat memanfaatkan setiap kesempatan pertemuan tersebut. Lalu apa saja jenis pitching tersebut?

1. One-Liner Pitch

Jenis pitching yang pertama adalah one-liner pitch yang berdurasi sekitar 30 detik untuk memperkenalkan bisnis yang sedang dibangun. Tujuannya memberikan impresi yang kuat untuk membuka kesempatan ke presentasi lebih lanjut. Ketika pitching yang dilakukan ini berhasil, maka diharapkan ada relasi yang terbangun untuk membuka peluang lebih lanjut di kesempatan yang akan datang.

2. Elevator Pitch

Pitching startup yang kedua dianalogikan sebagai percakapan yang terjadi di sebuah elevator dimana kita memiliki waktu sekitar 60 detik untuk berbincang dengan seseorang di dalamnya. Elevator pitch merupakan penjelasan singkat yang mencakup 3 poin yaitu who (siapa kita), what (apa yang ingin ditawarkan atau bisnis apa yang dijalankan), dan why (mengapa bisnis ini menarik menarik).

3. 3 Minutes Pitch

Pitching yang terakhir ini memiliki durasi sedikit lebih lama dari sebelumnya, yaitu antara 3-5 menit. Tujuannya menyampaikan komponen penting bisnismu, seperti Problems & Solutions, Target Market, Business Model, Competitive Advantages, Tractions, Team dan Ask/Offering. Kamu perlu mengatur strategi agar semua komponen penting tersebut dapat tersampaikan dengan baik hanya dalam waktu 3 menit saja.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut