Kenali Peluang Investasi Saham di Dunia Startup

0
567
Investasi startup yang menjanjikan

Di era serba digital seperti sekarang ini, membuat kehidupan menjadi lebih canggih. Perkembangan teknologi yang pesat membuat kemunculan startup atau perusahaan rintisan kian menjamur. 

Startup adalah perusahaan rintisan yang belum lama beroperasi dan sebagian besar masih dalam tahap perkembangan untuk menentukan pasar yang tepat. 

Karena masih tahap perkembangan, startup tentu saja memerlukan suntikan dana untuk mengembangkan perusahaan. Oleh sebab itulah, muncul investasi startup. Meskipun cenderung memiliki risiko yang cukup besar, investasi ini merupakan investasi yang menjanjikan. Lantas bagaimana cara investasi startup yang menjanjikan? Berikut ulasannya!

Pengertian Investasi Startup yang Menjanjikan

Investasi startup adalah investasi yang dilakukan melalui skema investasi disertai dengan modal dan dibarengi dengan kepemilikan saham di startup tersebut.

Investasi di perusahaan rintisan membuat investasi ini memiliki risiko yang cukup besar apabila perusahaan tidak dapat berkembang sesuai dengan harapan. Meskipun begitu, investasi ini bisa menjadi salah satu investasi yang sangat menjanjikan dan menguntungkan. 

Investasi startup memiliki peluang yang menjanjikan asalkan Anda benar dalam memilih investasi pada startup yang tepat. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempelajari cara memilih startup yang tepat sebelum investasi. 

Keuntungan Investasi Startup

Keuntungan investasi di startup berasal dari sistem dividen atau bagi hasil, sehingga nantinya Anda sebagai investor akan mendapatkan keuntungan yang beragam. Sedangkan besaran dividen yang diterima tergantung dari jumlah dana yang diinvestasikan oleh investor atau besaran saham yang dimiliki. Jika nilai startup terus meningkat maka harga jual saham akan semakin meningkat.

Jika Anda berhasil mendapatkan startup yang tepat memiliki tujuan yang ingin dicapai di beberapa tahun mendatang disertai perencanaan yang matang dan pengelolaan yang baik, tidak menutup kemungkinan jika Anda akan mendapatkan dividen atau return yang sangat menguntungkan.

Untuk mencapai hal ini, penting bagi Anda untuk mengenali bisnis startup, dan mempertimbangkan dengan benar pada startup mana Anda akan menyuntikkan dana. 

Sehingga dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut dengan baik maka investasi pada startup dapat menjadi salah satu instrumen investasi yang sangat menguntungkan dan menjanjikan untuk Anda.

Lantas bagaimana cara berinvestasi startup yang menjanjikan untuk pemula? Yuk simak ulasannya berikut! 

Cara Investasi Startup yang Menjanjikan untuk Pemula

Ketakutan kehilangan uangnya atau mungkin dana yang disuntikkan ternyata tidak mendapatkan hasil seperti yang diharapkan tentu saja seringkali menghantui para investor. Terlebih investasi di startup hampir mirip dengan investasi saham, yakni ‘high risk, high return’. 

Namun bukan berarti bisnis rintisan sulit mendapatkan keuntungan. Justru sebaliknya investasi bisnis rintisan akan sangat menjanjikan dan cuan jika memilih perusahaan yang tepat. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum memilih perusahaan rintisan. Berikut cara investasi di startup:

1. Pelajari Potensi Pasar Startup

Mempelajari potensi pasar startup dan analisis dengan cermat merupakan indikator terpenting yang harus Anda lakukan sebelum menanamkan modal pada perusahaan startup. Lihat potensi pasar yang ada, apakah kiranya beberapa tahun yang akan datang startup tersebut akan memiliki potensi pasar yang baik atau tidak.

Terlebih mengingat jika keuntungan investor nantinya merupakan skema capital gain yang berarti investor akan mendapatkan keuntungan yakni bertambahnya nilai setiap harinya. 

Jadi lakukan analisis potensi pasar dengan cermat dan cari peluang yang ada. Perhatikan jenis bisnisnya dan lihat bagaimana kredibilitas dari tim pengembang startup.

Startup yang baik adalah startup yang hanya terfokus pada satu produk atau jasa saja. Dan setelah diterima baik oleh konsumen, maka perusahaan dapat mengembangkan atau meluncurkan produk baru lainnya seperti Gojek.

2. Pelajari Sejarah dan Kredibilitas Perusahaan

Track record atau sejarah perusahaan startup merupakan hal yang penting untuk diketahui sebelum Anda berinvestasi disana. Jika berinvestasi pada perusahaan yang memiliki track record yang buruk, maka sama saja Anda memilih bunuh diri karena kemungkinan kerugian lebih tinggi. 

Beberapa indikator yang dapat dijadikan sebagai indikator track record startup yang baik adalah prestasinya, laba yang didapatkan, potensi pasar yang baik, serta nama besar perusahaan. 

Jika track record perusahaan dalam beberapa tahun terakhir baik, maka Anda bisa memilih perusahaan tersebut untuk berinvestasi.

3. Periksa dan Evaluasi Tim Manajemen

Memeriksa dan evaluasi tim manajemen dan lihat bagaimana pengalaman mereka dalam mengembangkan startup merupakan hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan setelah memutuskan berinvestasi pada startup tersebut. 

Track record perusahaan yang baik bila tidak diimbangi dengan SDM perusahaan yang mumpuni juga akan menghambat pertumbuhan startup.

Anda sesekali perlu untuk terjun langsung melihat bagaimana jalannya startup. Anda juga dapat memeriksa serta mengevaluasi tim dalam mengembangkan startup serta bagaimana perputaran bisnisnya. 

Pastikan juga untuk melihat apakah tim terutama founder memiliki kredibilitas untuk mengembangankan startup atau tidak.

Baca juga: Pengertian Manajemen Bisnis dan Contoh Penerapannya yang Baik

4. Pelajari Rencana Bisnis dan Keuangan Startup

Ini juga tidak kalah penting saat Anda ingin menentukan investasi pada sebuah startup. Sebagai investor, Anda harus mengetahui dan mempelajari rencana bisnis dari startup tersebut di beberapa tahun mendatang. 

Anda juga harus melihat bagaimana keuangan di startup tersebut untuk melihat peluang apakah nantinya startup akan berkembang atau tidak. 

Perusahaan yang baik memiliki tujuan yang akan dicapai dalam beberapa tahun mendatang disertai dengan perencanaan yang matang untuk mencapainya. Sebagai investor, Anda berhak mengetahui planning dan goals dari sebuah bisnis rintisan yang akan Anda tanami modal.

5. Pertimbangkan Risiko dan Investasi 

Selanjutnya yang tak kalah penting adalah pertimbangkan risiko dan investasi. Anda perlu mengetahui apakah founder perusahaan memiliki pengetahuan tentang tata kelola perusahaan atau tidak. Pertimbangkan juga risiko yang akan Anda terima jika Anda berinvestasi pada perusahaan tersebut.

Satu hal yang penting Anda ingat adalah, jangan mudah tergiur dengan janji manis founder startup. Tak sedikit founder yang hanya mengobral janji manis tanpa pembuktian. Perusahaan yang terlalu percaya diri bisa lebih cepat hancurnya dibandingkan perusahaan yang menawarkan keuntungan sedikit tapi rasional dan dapat berkembang nantinya. 

Sebagai investor pastinya menginginkan untuk mendapatkan dividen atau return yang menguntungkan. Oleh karena itu, Anda harus selektif dalam memilih perusahaan. Jangan sampai keinginan untuk mendapatkan untung dan dividen yang menjanjikan malah menjadi kerugian bagi diri sendiri.

Itulah pembahasan mengenai peluang investasi di dunia startup dan cara investasi dan pertimbangan sebelum memilih investasi startup. Investasi startup sangat menjanjikan dan berpotensial sebab mengingat maraknya pertumbuhan digitalisasi di Indonesia.

Pada dasarnya semua investasi memiliki risiko masing-masing. Investasi startup menjanjikan dan akan sangat menguntungkan jika Anda memilih startup yang tepat. Anda perlu bijak dan selektif untuk memilih startup. Jangan pernah ragu untuk mencoba dan terus pelajari potensinya. Bagaimana? Tertarik untuk mulai investasi startup?

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].