Mengenal Index Fund, Sebagai Salah Satu Instrumen Investasi Favorit Warren Buffet!

1
1000
Index Fund Adalah

Index fund adalah salah satu instrumen investasi yang paling disukai oleh Warren Buffet, seorang investor ternama yang dilansir dari majalah Forbes memiliki kekayaan bersih sebesar 125,6 miliar USD di tahun 2022 ini. Yuk, mengenal index fund lebih dalam!

Index Fund Adalah?

Index fund atau reksa dana indeks merupakan jenis investasi berbiaya rendah yang sangat direkomendasikan oleh Buffet karena dianggap sebagai pilihan terbaik untuk membuat uang yang dimiliki dapat bertumbuh. 

Reksa dana indeks ialah reksa dana yang pengelolaannya bertujuan memperoleh imbal hasil dengan angka mendekati yang dihasilkan indeks acuan, entah itu indeks berbentuk obligasi ataupun indeks saham. Komposisi reksa dana indeks dibuat menyerupai atau bahkan benar-benar sama dengan indeks yang menjadi acuannya. 

Dalam pengelolaan reksa dana indeks, manajer investasi tidak perlu terlalu banyak melakukan analisis perusahaan. Oleh sebab itu, biaya operasional reksa dana indeks lebih kecil dari jenis reksa dana yang lain. Pasar bagi reksa dana indeks pun lebih luas, bisa dibeli dan dijual di bursa kapan saja. 

Performa reksa dana indeks diukur berdasarkan gap antara performa reksa dana indeks dengan indeks yang menjadi referensi. Performa reksa dana indeks dinilai semakin baik jika selisihnya dengan performa indeks referensi semakin kecil. 

Strategi Berinvestasi Index Fund dari Warren Buffet 

Warren Buffet banyak membagikan tips suksesnya dalam berinvestasi, terlebih lagi investasi index fund yang menjadi favoritnya. Buffet menyatakan bahwa investor tidak usah mengalokasikan dana yang besar ketika memulai berinvestasi di reksadana indeks. Cukup berinvestasi dalam jumlah yang kecil tetapi kontinu untuk rentang waktu yang panjang. 

Masih menurut Buffet, investor kawakan pun kinerjanya bisa kalah oleh seorang investor pemula yang tidak berpengalaman namun aktif melakukan investasi di reksadana indeks secara berkala. Buffet sendiri secara berkesinambungan telah menginvestasikan dana dalam nominal  yang bisa dibilang tidak berbeda jauh, selama kurun waktu 20 hingga 30 tahun. 

Buffet menekankan untuk tidak membayar banyak biaya bagi investasi. Ia percaya, index fund kendati berbiaya rendah tetapi bisa memberikan hasil yang lebih baik daripada reksa dana yang berbiaya tinggi.

Keunggulan

Index fund memiliki sejumlah keunggulan yang menjadi magnet bagi para pemodal, baik yang awam maupun yang telah sangat piawai seperti Warren Buffet. Inilah keunggulan-keunggulan utama dari reksa dana indeks:

  • Bila ingin berinvestasi di beragam aset namun memiliki dana yang terbatas maka reksa dana indeks jawabannya. 
  • Sempat disinggung di atas tadi bahwa index fund adalah jenis investasi yang berbiaya murah. Hal tersebut dikarenakan reksa dana indeks tidak dirancang untuk aktif melakukan trading jual beli sehingga  manajer investasi tidak memerlukan tenaga analis yang terlalu banyak untuk membantunya dalam pengambilan keputusan.
  • Profil risiko yang relatif rendah dan terukur merupakan keunggulan lainnya dari reksa dana indeks. 
  • Pemodal dapat mengetahui dan memantau portofolio reksa dana indeks dengan lebih mudah.

Baca juga: Apa Itu Crowdfunding? Bagaimana Cara Kerjanya?

Kelemahan

Setelah berbicara mengenai keunggulannya, tentu perlu juga membahas mengenai kelemahan dari reksa dana indeks. Kekurangan reksa dana indeks antara lain:

  • Reksa dana indeks sangat dipengaruhi kondisi pasar karena memang tidak ada campur tangan manusia sama sekali. Saat tren pasar naik maka nilai investasinya akan ikut naik, begitu pula saat tren pasar turun maka nilainya ikut turun.
  • Jika dibandingkan dengan reksa dana konvensional, index fund bisa dibilang kurang fleksibel. Manajer investasi tidak memiliki keleluasaan untuk melakukan perubahan pada komposisi portofolio.
  • Kelemahan lain dari index fund yaitu potensi keuntungannya yang terbatas. 

Index fund adalah instrumen investasi yang relatif masuk akal untuk sebagian besar orang. Reksa dana indeks dirancang sebagai bentuk investasi yang pasif sehingga tidak memerlukan perhatian yang intensif dalam pengelolaannya. Pemodal kecil yang memiliki keterbatasan waktu dan minim kemampuan menghitung risiko sangat mungkin untuk turut berinvestasi di reksa dana indeks. 

Instrumen investasi apapun tentunya memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Sebelum memutuskan berinvestasi, pastikan benar-benar memahami cara kerja dan risiko dari instrumen investasi yang dipilih. Selamat berinvestasi! 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]