Hal Penting yang Perlu Dicatat oleh Para Entrepreneur

0
1793

 

Ketika anda memulai sebuah bisnis, ada banyak hal yang harus dipelajari dan diproses dalam waktu singkat. Kesulitan dalam mengumpulkan dana untuk usaha bukanlah masalah baru. Tapi jangan khawatir, penggalangan dana atau fundraising dapat menjadi kunci dari kesuksesan usaha anda. Bila dilakukan dengan benar, anda dapat menghasilkan kemitraan yang menguntungkan dengan angel investor dan pemodal ventura. Tapi hal apa yang perlu dipersiapkan untuk memastikan anda tidak melewatkan kesempatan tersebut?

Pelajari Lingkungan Bisnis Sebelum Menulis Proposal Anda

Ada satu hal penting yang mungkin dilewatkan seseorang saat baru memulai sebuah bisnis. Kenali orang-orang yang ingin anda jadikan sebagai rekan bisnis, seseorang yang dapat membantu di bidang bisnis anda. Pelajari apa yang dapat anda lakukan agar mereka tertarik pada bisnis anda, terutama pada anda sebagai pemilik bisnis, dibandingkan orang lain. Anda perlu mengukur apa saja keunggulan bisnis anda dan bagaimana keunggulan tersebut dapat memenangkan hati rekan bisnis dan para investor.

Setelah anda mempelajari lingkungan bisnis dan mengenal siapa saja yang dapat berinvestasi pada bisnis anda, mulailah menulis mengenai bisnis anda disertai alasan-alasan mengapa bisnis tersebut dapat memberikan keuntungan bagi investor. Tulislah proposal tersebut untuk target investor yang spesifik, itulah mengapa penting bagi anda untuk mengenali calon investor agar mengetahui apa yang menjadi poin penting bagi investor tersebut dalam memberikan pendanaan.

Satu hal penting yang harus diketahui para investor adalah apa yang akan anda lakukan dengan dana yang mereka berikan. Berilah pemahaman kepada investor gambaran besar mengenai penggunaan dananya. Berpikirlah dari kacamata investor dan sertakan pula model bisnis startup dan strategi marketing anda agar dapat meyakinkan investor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here