Akseleran Resmi Terdaftar dan Diawasi Oleh OJK

1
3283

Pada tanggal 21 Juni 2017, portal crowdfunding Akseleran resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai penyelenggara layanan pinjam-meminjam uang berbasis teknologi informasi (layanan peer-to-peer lending). Hal ini memberikan legitimasi atas kegiatan usaha yang Akseleran jalankan dan menempatkan Akseleran sebagai satu dari sedikit startup yang bergerak di bidang teknologi finansial di Indonesia yang telah mendapatkan pengakuan resmi dari OJK.

Terdaftarnya Akseleran di OJK menjadi kabar gembira bagi Tim Akseleran. Sejak diluncurkan pada akhir Maret lalu, Akseleran selalu mengedepankan perlindungan bagi pengguna portal crowdfunding Akseleran, baik yang bertindak sebagai pemberi dana maupun sebagai penggalang dana. Kini pengguna dapat lebih merasa aman dan kami berharap dapat semakin meningkatkan kepercayaan pengguna layanan Akseleran.

Langkah Strategis dan Era Baru

Terdaftarnya Akseleran sebagai penyelenggara layanan peer to peer lending merupakan langkah strategis dan menjadi permulaan atas era baru bagi model bisnis Akseleran. Ketika diluncurkan pada akhir Maret lalu, Akseleran menyediakan satu-satunya portal equity crowdfunding di Indonesia, dimana pelaku usaha dapat menggalang modal usaha dari crowd investor dengan kompensasi berupa saham.

Kini, Akseleran akan meluncurkan fitur peer to peer lending di portal crowdfunding Akseleran, sehingga penggalangan dana dan peminjaman di Akseleran tidak akan hanya berbasis equity atau penyertaan modal, melainkan juga berbasis pinjaman. Dengan demikian, maka portal crowdfunding Akseleran akan menjadi portal crowdfunding terintegrasi yang dapat lebih menjawab kebutuhan penggalang dana dan pemberi dana dan melayani lebih banyak lagi pelaku usaha dan masyarakat Indonesia.

Rencananya Akseleran akan mulai meluncurkan fitur peer to peer lending pada akhir Juli atau awal Agustus 2017. Sebagai startup yang mengedepankan inovasi untuk mewujudkan inklusi keuangan, Akseleran akan menghadirkan produk pinjaman usaha yang inovatif dan berbeda dari yang saat ini telah ada di pasaran.

CEO Akseleran, Ivan Tambunan, berkomentar “Kami mempunyai visi untuk mewujudkan inklusi keuangan menjadi realitas melalui portal crowdfunding yang terintegrasi. Kami harus menyediakan solusi inovatif yang real untuk mengatasi problem funding gap yang ada”.

Skema Peer-To-Peer Lending yang Lebih Fleksibel

Sebagaimana diketahui, Tim Akseleran terdiri dari profesional muda dengan pengalaman menjadi konsultan keuangan, akuntan maupun konsultan hukum perbankan yang membantu banyak kreditur dan debitur dalam dan luar negeri dalam berbagai transaksi pembiayaan (termasuk pemberian pinjaman) dengan berbagai struktur transaksi yang inovatif. Dari pengalaman itu Tim Akseleran banyak belajar berbagai cara dan struktur untuk membuat suatu pinjaman menjadi bankable atau layak pinjam.

Saat ini produk yang ditawarkan platform peer-to-peer lending yang ada berfokus pada pinjaman modal kerja dengan tenor yang relatif pendek, bunga yang relatif tinggi, dan bentuk agunan yang terbatas, misalnya agunan dalam bentuk invoice atau tagihan, atau personal guarantee. Masih banyak pelaku usaha yang belum terlayani oleh platform peer-to-peer lending.

Akseleran akan menghadirkan pinjaman dengan struktur yang lebih beragam dan fleksibel dalam aspek tujuan penggunaan pinjaman, tenor, suku bunga, bentuk agunan, dan cara pembayaran, sehingga akan lebih banyak lagi pelaku usaha yang bisa menggunakan layanan peer to peer lending dengan memilih struktur transaksi yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhannya.

Spin Off Unit Usaha Equity Crowdfunding

Sejalan dengan akan diluncurkannya fitur peer to peer lending pada akhir Juli/awal Agustus 2017, Akseleran akan melakukan spin-off atau pemisahan atas unit usaha equity crowdfunding Akseleran dengan membentuk anak perusahaan yang secara khusus akan mengoperasikan fitur equity crowdfunding di portal Akseleran. Hal ini tidak akan mempengaruhi pemberian dana atau penggalangan dana yang sudah dilakukan atau sedang berjalan. Akseleran akan memastikan proses transisi yang aman dan teratur, serta tidak merugikan pengguna Akseleran.

Apresiasi kepada OJK

Akseleran memberikan apresiasi kepada OJK yang memberikan pelayanan yang profesional dan berhasil menyelesaikan proses pendaftaran Akseleran dalam waktu yang sangat cepat. Setelah berdiskusi dan melakukan presentasi model bisnis kepada OJK dalam beberapa kesempatan sebelumnya, Akseleran melengkapi dan memasukkan dokumen pendaftaran kepada OJK pada tanggal 19 Juni 2017.

OJK dapat memproses pendaftaran tersebut hanya dalam waktu 2 hari kerja dan surat tanda terdaftar dikeluarkan pada tanggal 21 Juni 2017. Hal ini kembali menunjukkan keseriusan OJK untuk mendukung inovasi yang dihadirkan startup lokal dalam bidang teknologi finansial.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai perkembangan Akseleran? Ingin menjadi pemberi dana atau penggalang dana berbasis penyertaan modal ataupun pinjaman? Jadi member dengan daftar di www.akseleran.com/daftar

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]

 

Previous articleEquity Crowdfunding: Keuntungan dan Risikonya
Next articleHal Penting yang Perlu Dicatat oleh Para Entrepreneur
Sebelum mendirikan Akseleran, Ivan telah bekerja sebagai transactional banking lawyer pada kantor hukum ternama dari Inggris, Allen & Overy, di Jakarta dan di London, dimana ia membantu kliennya dalam berbagai transaksi pembiayaan general lending, leveraged finance, project finance dan real estate finance. Dengan dukungan beasiswa Chevening dari Pemerintah Inggris dan beasiswa Mansion House dari Lord Mayor of London, Ivan mendapatkan gelar MSc in Law and Finance dengan predikat cum laude dari Queen Mary University of London pada tahun 2014, setelah menyelesaikan disertasinya mengenai equity crowdfunding dan pengaturannya di Indonesia. Ivan juga mempunyai gelar sarjana hukum dari Universitas Indonesia, dan aktif menjadi dosen tamu di SBM Institut Teknologi Bandung dimana ia mengajar kuliah legal aspects of leveraged finance dan legal aspects of project finance kepada mahasiswa MBA.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here