Graduation Adalah: Definisi dan Contohnya

0
178
Graduation Adalah

Pertengahan tahun antara bulan Mei dan Juni adalah periode akhir tahun ajaran semester genap di berbagai institusi pendidikan di Indonesia. Pada bulan-bulan ini juga sebagian besar sekolah mengadakan kegiatan kelulusan bagi para siswa yang sudah menyelesaikan masa studinya. Kelulusan atau graduation adalah kegiatan yang selalu ditunggu bagi para siswa karena pada saat inilah mereka akhirnya mendapatkan ijazah atau diploma.

Artikel ini akan membahas berbagai hal tentang graduation, mulai dari sejarah hingga tradisi yang dilakukan untuk merayakan momen membanggakan ini.

Definisi Graduation

Graduation adalah proses pemberian diploma atau ijazah kepada siswa oleh institusi pendidikan sebagai penanda bahwa masa pendidikan siswa tersebut telah berakhir dan dinyatakan lulus. Istilah ini biasanya juga digunakan untuk menyebut upacara yang berkaitan dengan kegiatan kelulusan tersebut. 

Sejarah Kelulusan atau Graduation

Upacara untuk merayakan kelulusan siswa pertama kali dilaksanakan pada abad ke-12 di beberapa universitas pertama di Eropa. Pada masa itu, bahasa Latin masih menjadi bahasa yang digunakan di institusi pendidikan. 

Pada masa itu, universitas adalah serikat para master (MA) yang memiliki izin mengajar. Sementara itu, kata “degree” dan “graduate” yang dalam bahasa Indonesia berarti gelar dan lulusan diambil dari kata “gradus” yang berarti langkah. 

Langkah dalam istilah ini berarti jenjang yang harus dilewati oleh seorang siswa. Langkah pertama adalah diterimanya siswa untuk mencapai gelar sarjana. Langkah kedua adalah diterimanya siswa untuk mendapatkan gelar master. Ketika siswa sudah menjadi seorang master, mereka mendapatkan izin untuk mengajar.

Tradisi Baju Toga untuk Kelulusan

Seperti yang sudah umum terlihat di sebagian besar institusi pendidikan baik di dalam maupun luar negeri, graduation day atau hari kelulusan selalu diwarnai dengan pakaian khas yang disebut dengan toga. 

Tradisi pemakaian toga sudah muncul sejak ratusan lalu. Pakaian khas ini diadaptasi dari pakaian harian para staf universitas sejak masa abad pertengahan, sedangkan para staf universitas mengadaptasi pakaian ini dari pakaian para biarawan abad pertengahan.

Baca juga: Pentingnya Memahami Fungsi dan Tujuan dari Pendidikan

Wisuda atau Graduation Ceremony

Dahulu wisuda atau graduation ceremony biasanya dilakukan oleh lulusan tingkat universitas, misalnya diploma, sarjana, magister dan doktor. Akan tetapi, kini kegiatan istimewa ini juga sudah dilaksanakan pada berbagai jenjang pendidikan lainnya, mulai dari tingkatan Taman Kanak-Kanak hingga sekolah menengah. Tak dimungkiri graduation adalah momen yang istimewa, jadi tidak mengherankan jika kegiatan ini mulai dilaksanakan sejak dini.

Pada kegiatan wisuda, rektor perguruan tinggi, pimpinan institusi pendidikan, atau seseorang lain yang berwenang akan secara resmi menganugerahkan gelar kepada lulusan. Penganugerahan gelar ini bisa diberikan baik secara individual dengan memanggil nama-nama wisudawan satu per satu maupun secara massal. 

Upacara ini biasanya disertai dengan proses pemberian diploma atau ijazah kelulusan. Meski demikian, terkadang ijazah baru diberikan melalui upacara yang lebih kecil atau bahkan secara individual melalui kantor administrasi institusi tersebut.

Contoh Graduation 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sekarang ini kegiatan graduation adalah suatu hal lumrah yang tidak hanya ditujukan bagi lulusan universitas secara eksklusif, tetapi juga dilakukan untuk murid TK, SD, SMP, dan SMA. Meskipun demikian, bentuk acaranya bisa berbeda dari wisuda untuk tingkat universitas, tetapi esensinya sama, yaitu sebagai kegiatan pelepasan murid. Kegiatan ini juga menandai berakhirnya masa pendidikan mereka di suatu tingkat dan mereka bisa melanjutkan ke tingkat selanjutnya. 

Wisuda untuk tingkat TK dan SD umumnya akan lebih sederhana dan singkat mengingat peserta adalah siswa dengan usia yang masih cukup muda. Untuk tingkat SMP dan SMA, kegiatan wisuda mulai lebih padat dan mereka juga sudah mengenakan kebaya untuk murid perempuan dan jas untuk murid laki-laki, meskipun umumnya mereka masih belum mengenakan toga.

Wisuda untuk tingkatan universitas biasanya meliputi rangkaian acara yang cukup padat. Wisudawan perempuan memakai pakaian adat wisudawan laki-laki memakai jas. Selanjutnya, mereka juga memakai toga dan topi kotak selama wisuda berlangsung. Nah, itulah sekilas pengertian tentang apa itu graduation atau wisuda. Kegiatan ini menjadi hal yang paling ditunggu karena menandai kesuksesan mereka dalam menempuh pendidikan.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]