Gambar Pohon Psikotes: Definisi, Jenis, & Cara Mengerjakan

    1
    10128
    Gambar pohon

    Gambar pohon menjadi salah satu bentuk psikotes yang akan Anda jalani saat mengikuti rekrutmen suatu pekerjaan. Saat melamar pekerjaan, biasanya tes ini akan jadi salah satu hal yang harus Anda ikuti. Sebenarnya apa dan bagaimana caranya mengikuti tes grafis yang satu ini?

    Tes menggambar sebuah pohon memang bukan satu-satunya cara untuk mengukur kepribadian seseorang, tetapi melalui gambar ini, pihak perusahaan akan bisa melihat gambaran diri Anda dalam berbagai aspek.

    Apa itu Psikotes Gambar Pohon?

    Tes menggambar bentuk pohon dalam psikotes memiliki istilah sebutan tes baum. Tes baum merupakan tes untuk mengetahui karakter dan kepribadian seseorang melalui gambar. Pohon secara fisik memiliki nilai keteduhan yang memberi manfaat bagi lingkungannya. Oleh karena itu, pohon bisa menjadi analogi penilaian emosi, sikap, adaptasi, kepekaan hingga ego seseorang. 

    Penting!

    Dalam tes baum, bukan cantik dan tidaknya gambar pohon yang Anda buat untuk penilaiannya, melainkan dari segi teknik seperti kelengkapan, tekanan garis, kerapian, cara menggambar, dan sebagainya.

    Di dalam tes gambar pohon psikotes ini, setiap bagian-bagian pohon akan merepresentasikan sifat, emosi, karakter, dan sebagainya. Batang, daun, akar, dahan, dan sebagainya memiliki gambaran makna melalui proses interpretasi psikologi.

    Jadi saat Anda akan masuk ke dalam sebuah perusahaan, jangan heran jika Anda wajib mengikuti tes psikologi melalui gambar ini. Perusahaan ingin tahu sejauh mana kondisi emosional, ego, sifat, dan sebagainya dari diri calon karyawannya.

    Tujuan Psikotes Gambar

    Tujuan utama dari tes gambar sebuah pohon ini adalah untuk mengetahui gambaran kondisi psikologi seseorang. Bukan berarti mereka yang gambarnya cantik secara visual sudah pasti kondisi emosional dan karakternya seperti yang menjadi keinginan perusahaan.

    Penilaian bukan pada hasil gambar visual, tetapi sejauh mana interpretasinya bernilai positif. Besar kecilnya ukuran, tebal tipisnya garis, posisi gambar, posisi kanan dan kiri, atas, bawah atau tengah. Hal itulah yang akan menggambarkan kondisi emosi dan kepribadian Anda.

    Selain itu, tujuan menggambar pohon psikotes ini juga bisa menjadi penentu kejiwaan seseorang, kondisi kognitif yang bisa tervisualisasi melalui sebuah gambar.

    Sebuah pohon memiliki daun, bunga, mahkota, dan sebagainya. Bagian tersebut dalam sebuah penelitian telah teruji mampu merepresentasikan validitas psikologis seseorang dalam persentase sebesar 75 persen. Artinya penggunaan tes pohon ini masih cukup valid sebagai interpretasi kepribadian seseorang.

    Tujuan lain menggambar pohon psikotes ini yakni:

    • Arti pohon dalam psikotes seseorang berhubungan dengan rasa tanggung jawab dan percaya diri. Gambar dapat merepresentasikan hal tersebut.
    • Sebagai pendeteksi awal adanya masalah kesehatan seseorang seperti demensia dan masalah kognitif.
    • Mengukur tingkat stabilitas emosi seseorang seperti apa. Hal yang penting dalam sebuah perusahaan terkait kerjasama dalam tim.

    Baca juga: Contoh Soal dan Cara Menjawab Tes Psikotes Agar Lulus

    Macam-Macam Gambar pada Psikotes

    Jika Anda akan mengikuti psikotes gambar, maka perlu bagi Anda mengetahui jenis pohon seperti apa yang bagus untuk representasi kepribadian Anda. Jika pihak perusahaan meminta Anda untuk menggambar secara bebas, maka berikut ini pilihan jenis gambar dalam psikotes yang bisa Anda pilih:

    1. Pohon Nangka

    Pohon nangka memiliki bentuk yang rimbun dengan dahan yang bercabang. Anda bisa melengkapinya dengan buah nangka yang terlihat jelas. Ingat, gambarlah dengan lengkap. Nah, untuk menampilkan lebih lengkap lagi, Anda bisa menampilkan akar pohon nangka yang sedikit muncul di permukaan.

    Jika pihak HRD meminta Anda menggambar orang, maka bisa posisikan orang dengan jarak yang proporsional. Jarak ini juga akan menggambarkan kepribadian Anda.

    2. Pohon Mangga

    Contoh gambar psikotes yang bisa Anda buat saat tes berlangsung adalah pohon mangga. Pohon mangga dengan bentuk yang rimbun ini juga sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai pilihan gambar dalam tes.

    Anda bisa menggambar pohon mangga yang rimbun dengan buah-buah yang bergelantungan dan terlihat jelas. 

    Usahakan jangan menggambar dengan garis yang terlalu tebal atau terlalu tipis. Tampilkan sedikit bagian akar agar terlihat jelas. Hal ini untuk memberikan kesan gambar lengkap yang Anda buat.

    3. Pohon Rambutan

    Nah, jenis pohon selanjutnya yang recommended untuk Anda buat pada saat tes adalah pohon rambutan. Gambar dalam psikotes yang mudah dan mencerminkan kepribadian yang baik adalah pohon rambutan.

    Secara fisik pohon ini hampir sama dengan pohon mangga yang terlihat rimbun dengan buah yang juga bisa Anda gambarkan dengan jelas.

    Contoh dan Cara Mengerjakan Gambar dalam Psikotes

    Bagaimana cara gambar pohon psikotes yang benar? Tentunya jika Anda akan mengikuti tes ini perlu mengetahui lebih dulu, seperti apa representasi positif dari sebuah gambar.

    Jika untuk mengetahui kepribadian Anda secara murni, maka Anda bisa membuatnya tanpa harus mengetahui teori mana yang baik dan mana yang bernilai negatif. Namun, jika untuk kebutuhan tes, tentunya Anda perlu tahu seperti apa cara gambar yang akan bernilai positif di mata HRD perusahaan.

    Berikut ini contoh dan cara mengerjakan gambar bentuk pohon untuk  psikotes yang baik:

    1. Ukuran Pohon

    Gambarlah pohon di atas kertas dengan ukuran yang lebih dari separuh tinggi kertas. 

    Gambar yang kecil kurang dari separuh tinggi kertas menyimbolkan Anda seorang yang mudah menyerah dan bersyukur begitu saja, sedangkan jika tingginya lebih dari setengah ukuran kertas menandakan Anda pekerja keras dan pantang menyerah.

    2. Posisi Pohon

    Jika pohon Anda gambar di tengah maka artinya Anda seorang yang tidak suka bertele-tele dan rendah hati, jika Anda gambar di bagian bawah kertas menandakan Anda seorang yang berhati-hati, sedangkan jika posisinya di atas maka Anda tipe orang yang suka mengambil hikmah dari sebuah peristiwa.

    3. Ukuran Batang

    Gambar pohon psikotes 3D seperti pohon juga meliputi bagaimana Anda membuat ukuran batang. Ukuran batang yang lebar akan menunjukkan representasi sikap pribadi Anda yang kokoh, tenang, dan sabar dalam menghadapi cobaan.

    Bentuk batang yang ramping pula memiliki makna sikap seseorang yang simple dan mudah bergaul, berempati dan memiliki kepekaan. Mana yang paling merepresentasikan diri Anda, Anda bisa menampilkannya seperti itu.

    Baca juga: Wisata Alam Saat Liburan Sekolah: Mengexplore Keanekaragaman Alam Indonesia

    4. Akar

    Gambar pohon psikotes yang memperlihatkan akar menunjukkan Anda seorang yang memiliki hubungan yang kuat dengan relasi, keluarga, dan sebagainya. Selanjutnya jika akar tidak terlihat menggambarkan Anda seorang yang mandiri, mengerjakan sesuatu secara mandiri dan tidak suka bekerja sama.

    Namun, memperlihatkan akar sedikit menunjukkan ketidak dewasaan seseorang, dan menyembunyikan akar merepresentasikan sikap orang yang lebih matang.

    Ada kondisi-kondisi khusus yang juga perlu Anda ketahui. Misalnya jika Anda melengkapi pohon dengan bunga-bunga menyimbolkan Anda seorang yang narsis, daun-daun pohon jatuh, menandakan Anda mudah melepaskan sesuatu, daun yang rindang menyimbolkan Anda seorang yang ahli, dan sebagainya.Buat gambar yang terbaik dengan memperhatikan beberapa makna di atas. Gunakan alat tulis secara proporsional, jangan terlalu tebal atau tipis, lengkapi gambar pohon psikotes Anda dengan baik. Hasilnya juga akan baik mengimpretasikan diri Anda.

    Dukung Pertumbuhan UMKM dan Bangkitkan Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan di Akseleran!

    Akseleran memberikan kesempatan untuk kamu yang ingin membantu mengembangkan bisnis kecil dan menengah di Indonesia. Dapatkan keuntungan dari suku bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan serta perlindungan proteksi asuransi 99% terhadap pinjaman. Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar dan mulailah pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Selain itu, kamu juga bisa melihat info Akseleran sebagai grup usaha di halaman Grup Akseleran.

    BLOG100

    Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

    1 COMMENT

    Comments are closed.