Observasi: Pengertian, Tujuan, & Manfaat Penelitian

0
2346
Observasi Adalah

Observasi adalah istilah yang lazim dalam dunia penelitian. Baik penelitian secara kualitatif maupun kuantitatif membutuhkan apa yang orang sebut dengan istilah observasi. Kegiatan ini bertujuan untuk membuktikan secara valid tentang sesuatu pengetahuan, objek penelitian, dan peristiwa yang ada di lapangan.

Alam semesta ini berisi ilmu pengetahuan yang luas. Apa yang terjadi di alam ini baik yang melibatkan alam semesta maupun yang terjadi akibat gejala alam, semuanya membutuhkan observasi atau pengamatan untuk membuktikan kebenarannya.

Apa itu Observasi?

Arti kata observasi adalah suatu bentuk kegiatan ilmiah empiris berdasarkan pada fakta yang ada di lapangan atau yang ada di teks, melalui pengalaman panca indra secara nyata tanpa adanya rekayasa atau manipulasi. Turun langsung ke lapangan merupakan aktivitas observasi untuk mendapatkan hasil yang nyata dan valid.

Kegiatan pencarian data melalui observasi ini berasal dari pihak utama atau tangan pertama. Berdasarkan jenisnya, observasi ini terbagi dua yakni:

  • Observasi Langsung

Aktivitas observasi secara langsung di lapangan, di lokasi tempat pengamatan dengan bertemu langsung dengan pihak-pihak atau objek pengamatan yang ada. Dalam penelitian biasanya menggunakan metode ini untuk mendapatkan data yang valid.

  • Observasi Tidak Langsung

Observasi tidak langsung biasanya bisa Anda lakukan dengan cara pengamatan misalnya pengamatan di film, laboratorium, rekaman, citra satelit, dan sebagai. Pada beberapa jenis objek penelitian bisa Anda lakukan dengan metode observasi tidak langsung.

Tujuan Observasi

Tujuan observasi adalah untuk mendapatkan informasi yang valid terhadap suatu pengetahuan yang meliputi beberapa aspek.

Misalnya dalam dunia pendidikan, observasi menjadi salah satu cara untuk mengamati bagaimana proses belajar mengajar yang baik sehingga bisa Anda ketahui gambaran nyata untuk kesimpulan dan evaluasi terhadap kondisi pembelajaran.

Secara umum, berikut ini tujuan dari pelaksanaan observasi:

  • Berikan Gambaran yang Valid dan Jelas

Proses observasi bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang jelas dan valid terhadap suatu objek yang menjadi pengamatan. Informasi ini nantinya akan menjadi pengetahuan yang penting bagi orang lain. Sebagai data, rujukan, yang bisa berpengaruh pada program dan kebijakan.

  • Peroleh Kesimpulan

Observasi bisa Anda lakukan dalam rangka untuk menemukan kesimpulan terhadap suatu pengetahuan. Objek observasi adalah  kejadian alam, peristiwa sosial, fakta-fakta di lapangan dan lainnya membutuhkan pengamatan lebih dulu secara konkret sebelum menjadi sebuah kesimpulan.

Adanya beberapa fakta yang terjadi membutuhkan pengamatan, selanjutnya pengumpulan, interpretasi dan kesimpulan.

  • Rujukan Data dan Informasi

Bagaimana orang bisa mendapatkan data dan informasi yang valid dan jelas? Salah satu caranya adalah dengan melakukan observasi. Turun langsung ke lapangan akan beda hasilnya dengan mendapatkan informasi dari orang lain. Terlebih lagi dalam proses penelitian. Data dan informasi harus benar-benar valid agar hasil penelitian tepercaya.

Langkah-Langkah Observasi

Bagaimana langkah-langkah melakukan metode observasi ini? langkah pertama dalam membuat teks laporan hasil observasi adalah:

  • Tentukan Objek

Dalam sebuah penelitian tentunya Anda memiliki objek yang akan Anda observasi. Baik manusia, peristiwa alam, interaksi sosial, dan sebagainya. Setelah objek ini jelas, maka Anda harus mempersiapkan tahapan selanjutnya sebelum turun ke lapangan.

  • Sajikan Kerangka Penelitian

Bagaimana kerangka penelitian Anda, ini harus jelas sebelum turun observasi. Tujuannya agar Anda bisa mengumpulkan data secara lengkap sesuai dengan kebutuhan kerangka penelitian.

  • Pemilihan Lokasi

Di mana Anda akan melakukan observasi, tentukan lebih dulu. Observasi sebaiknya berada di lokasi objek penelitian. Jika terkait dengan interaksi sosial dan aktivitas manusia, maka Anda membutuhkan informan di lokasi observasi.

  • Penentuan Metode Observasi

Saat melakukan observasi, metode apa yang akan Anda gunakan untuk mengumpulkan data? Semua itu harus Anda rencanakan lebih dulu. Misalnya melalui wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan lainnya.

  • Metode Analisis

Setelah Anda mendapatkan data, maka yang harus Anda persiapkan adalah metode analisis yang akan Anda pakai. Dalam metode kualitatif misalnya Anda bisa menggunakan teori sebagai pisau analisis. Sedangkan dalam penelitian kuantitatif Anda bisa menggunakan metode statistik yang sesuai.

Baca juga: Optimalkan Investasi dengan Melakukan Analisis Teknikal Saham

Apa itu Metode Penelitian Observasi?

Metode penelitian observasi merupakan metode pengamatan langsung turun ke lapangan dengan melakukan pencatatan-pencatatan data secara faktual untuk Anda lakukan analisis dengan metode yang tepat. Pencatatan harus secara sistematis sebagai ciri dari observasi.

Observasi dalam penelitian ini menjadi beberapa pilihan dari metode yang ada. Biasanya observasi ini akan membantu para peneliti dalam mendapatkan data mentah sebuah objek penelitian.

Saat melakukan observasi di lapangan, Anda pun perlu memilih lagi jenis metode apa yang akan Anda lakukan untuk mengumpulkan datanya. 

Jadi tidak hanya sekadar mengamati dan mencatat, Anda pun bisa melakukan dokumentasi data di lapangan, melakukan teknik wawancara atau menyebarkan kuesioner kepada responden.

Ciri dan Manfaat Observasi

Apakah semua aktivitas di lapangan merupakan observasi? Belum tentu. Ada beberapa ciri khusus yang mengidentikkan kegiatan tersebut sebagai satu bentuk observasi. Teks observasi adalah teks yang harus memuat ciri-ciri sebagai berikut:

  • Obyektif

Maksudnya bahwa proses observasi harus berdasarkan pada objek yang ada, tidak boleh hasil rekaan atau karangan. Sifatnya objektif.

  • Bersifat Faktual

Proses observasi harus mengacu kepada fakta yang ada di lapangan. Sifat faktual ini akan menjadi landasan interpretasi dan kesimpulan. Kekuatan dari observasi ini adalah fakta yang menjadi dasar pengambilan kesimpulan.

  • Sistematik

Proses observasi juga harus Anda lakukan secara sistematik sehingga bisa menghasilkan kesimpulan yang nyata dan jelas. Jika pelaksanaanya tidak sistematik, maka akan menyulitkan interpretasi hingga kesimpulan terhadap pengamatan fakta di lapangan tersebut.

Observasi sebagai sebuah metode penelitian juga memiliki manfaat jika Anda bandingkan dengan metode-metode lainnya. Manfaat metode observasi adalah manfaat yang secara nyata terkait dengan hasil dan kesimpulan sebuah penelitian. Apa saja manfaat metode ini?

  • Peroleh hasil yang relevan dengan penelitian yang ada sebelumnya.
  • Dapatkan hasil yang bisa jadi acuan untuk memperkirakan suatu peristiwa di masa akan datang.
  • Jelaskan secara konkret tentang objek dan peristiwa yang Anda amati di lapangan.
  • Jadi bentuk pembuktian nyata terhadap sebuah isu atau kasus yang sedang atau telah berkembang. Survey langsung ke lapangan akan menjadi pembuktian.
  • Bisa mendorong hasil penemuan baru apabila Anda kombinasikan lagi dengan metode eksperimen penelitian.

Terlepas dari istilah observasi sebagai metode penelitian, dalam kegiatan sehari-hari pun kita membutuhkan observasi untuk memastikan dalam melihat langsung suatu peristiwa secara faktual.

Sesuatu yang sudah kita temukan datanya secara observasi biasanya akan lebih valid dan Anda pun bisa membuat kesimpulan berdasarkan data yang sifatnya faktual dari lapangan.

Kesimpulan

Nah, jika Anda sedang atau akan melakukan penelitian, penting untuk memahami istilah dan teknik observasi ini. Kesalahan Anda dalam melakukan observasi akan berimbas pada kesalahan pengumpulan data sehingga hasil akhir dari penelitian Anda pun tidak terpercaya.Observasi adalah pengamatan. Metode penelitian yang sampai saat ini jadi cara yang cukup ideal untuk mengumpulkan data. Jika ingin membuat kesimpulan yang valid, mulailah dari melakukan observasi lapangan.

Dukung Pertumbuhan UMKM dan Bangkitkan Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan di Akseleran!

Akseleran memberikan kesempatan untuk kamu yang ingin membantu mengembangkan bisnis kecil dan menengah di Indonesia. Dapatkan keuntungan dari suku bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan serta perlindungan proteksi asuransi 99% terhadap pinjaman. Gunakan kode promo BLOG50 saat mendaftar dan mulailah pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Selain itu, kamu juga bisa melihat info Akseleran sebagai grup usaha di halaman Grup Akseleran.

New-BLOG50-banner

Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].