Wisata Alam Saat Liburan Sekolah: Mengexplore Keanekaragaman Alam Indonesia

0
383
wisata alam saat liburan sekolah

Wisata alam saat liburan sekolah dapat menjadi salah satu pilihan ketika sudah merasa bosan dengan liburan mainstream seperti ke taman hiburan.

Ide liburan anak sekolah ini bukan hanya mengenai berwisata ke destinasi alam tertentu, melainkan juga mencakup kegiatan liburan sekolah outdoor menyenangkan dan edukatif untuk anak ataupun keluarga.

Jika penasaran mengenai rekomendasi hingga tips merencanakan program liburan tersebut, silakan simak penjelasan pada artikel di bawah ini!

Rekomendasi Destinasi Wisata Alam di Indonesia

Wisata alam memang merupakan salah satu pilihan terbaik untuk mengisi kegiatan liburan, karena bisa sekaligus menikmati dan mempelajari keindahan Indonesia. 

Di bawah ini ada beberapa rekomendasi destinasi alam untuk liburan akhir tahun, cuti bersama, hingga liburan sekolah yang dapat dikunjungi bersama keluarga, yaitu:

1. Taman Safari 

Taman safari tidak pernah gagal untuk menjadi salah satu ide liburan anak paling mainstream namun tetap menyenangkan, karena bisa menjadi sarana menghibur diri sekaligus wisata edukasi alam.

Salah satu contoh taman safari terkenal di Indonesia untuk dikunjungi bersama keluarga adalah Taman Safari Indonesia Bogor. Estimasi biaya jika datang ke sini adalah:

  • Harga tiket: mulai Rp25.000-an (kebun binatang) dan Rp200.000 (taman safari)
  • Makanan dan minuman: mulai Rp25.000 (kebun binatang), Rp35.000-an (taman safari)
  • Wahana: (Kebun binatang), Safari journey, safari malam, outbound, edutainment show (Taman Safari)
  • Total budget: Rp50.000/orang (kebun binatang), Rp235.000 (taman safari)

2. Pantai

Mengunjungi pantai bersama keluarga dan teman juga bisa menjadi ide liburan akhir tahun sekolah karena bisa menjadi ajang untuk mengakrabkan diri sambil menikmati pasir, langit, serta ombak di lautan.

Saat mendatangi pantai, maka perkiraan biayanya adalah:

  • Tiket masuk: gratis
  • Makan dan minum: mulai Rp15.000-an
  • Total budget: Rp15.000
  • Alat yang diperlukan: tikar piknik

3. Museum Bertema  Alam

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia merupakan pilihan terbaik jika ingin mengenali berbagai jenis tumbuhan maupun etnografi Indonesia. Lokasinya berada di Bogor dan wujud pengembangan dari Museum Etnobotani Indonesia.

Di dalamnya terdapat alat-alat rumah tangga, obat tradisional, kerajinan, serta berbagai tumbuhan. Estimasi biaya datang ke sini sekitar:

  • Tiket masuk: Rp5.000
  • Makan dan minum: mulai Rp30.000-an
  • Total budget: Rp35.000

4. Danau

Indonesia sangat kaya akan berbagai keindahan alam, salah satunya danau. Paling tidak, lebih dari 1.575 danau yang tersebar di seluruh Indonesia. Setiap wilayah pada umumnya sudah memiliki danau yang menjadi tempat wisata alam saat liburan sekolah.

Anda dapat mengunjungi danau bersama keluarga dengan biaya yang relatif terjangkau. dengan perkiraan biaya:

  • Tiket masuk: gratis
  • Makan dan minum: mulai Rp20.000-an
  • Total budget: Rp20.000

Baca juga: Yuk Liburan ke Wisata Taman Limo Cikarang

5. Gunung

Meskipun terkesan sulit karena erat berkaitan dengan kegiatan mendaki, ternyata wisata ke gunung tetap masuk ke dalam pilihan populer sebagai tempat wisata alam saat liburan sekolah.

Hal ini karena ada banyak gunung yang ramah bagi wisatawan, karena medannya relatif mudah dijangkau dan tidak membahayakan.

Anda tidak perlu membawa perlengkapan mendaki ketika berwisata ke gunung-gunung tersebut. Cukup bawa pakaian hangat saja. Salah satu gunung yang populer adalah Gunung Bromo, yang mudah dijangkau menggunakan mobil jeep.

Estimasi biaya jika Anda memilih ke Gunung Bromo adalah:

  • Tiket masuk: Rp29.000 (weekday), Rp34.000 (weekend)
  • Retribusi kendaraan: Rp10.000 (mobil), Rp5.000 (motor), dan Rp2.000 (sepeda)
  • Makan dan minum: mulai Rp15.000-an
  • Total budget: mulai Rp54.000

Aktivitas Outdoor yang Cocok Saat Liburan

Selain mengunjungi berbagai pilihan destinasi wisata alam saat liburan sekolah di di atas, kegiatan outdoor lainnya  juga dapat menjadi pilihan menarik. Anda dan keluarga tidak harus pergi ke luar kota, karena biasanya lokasinya masih bisa dijangkau pada setiap daerah.

Kegiatan-kegiatan selama liburan tersebut umumnya mematok harga yang lebih murah. Meskipun murah, esensi berlibur dan membahagiakannya tetap ada.

Nah, beberapa rekomendasi kegiatan yang dapat Anda pilih antara lain:

1. Memancing

Kegiatan memancing merupakan salah satu jenis hobi yang peminatnya cukup tersegmentasi. Kelompok dewasa dan yang sudah berumur kerap menjadikan memancing sebagai hobinya.

Meskipun demikian, sebagai pengisi waktu libur bersama keluarga, memancing dapat menjadi pilihan. Kegiatan ini menantang, menguji kesabaran, sekaligus menantang.

Estimasi biayanya, yaitu:

  • Tiket masuk: mulai Rp10.000
  • Harga ikan tangkapan: mulai Rp25.000/kg
  • Total budget: Rp35.000
  • Perlengkapan: alat pancing

2. Piknik

Kegiatan piknik dapat menjadi pilihan yang menyenangkan karena bisa dilakukan bersama-sama dengan keluarga ataupun teman.

Dengan bermodalkan tikar, bekal makanan dan minuman, serta fasilitas penunjang lain, Anda bisa mengakrabkan diri bersama orang terkasih. Lokasi piknik juga beragam, mulai dari pantai, taman, atau tepian kota.

Perhatikan hal ini sebelum piknik:

  • Tiket masuk: gratis
  • Makan dan minum: bervariasi, tergantung makanan yang Anda bawa
  • Alat yang diperlukan: tikar piknik

3. Berkebun

Jika Anda suka tanaman bunga ataupun sayur, berkebun dapat menjadi pilihan yang tepat. Bukan hanya menanam, Anda juga bisa sekaligus berolahraga dan menikmati hasilnya di kemudian hari.

  • Perlengkapan: cangkul, air, pot.
  • Harga bibit tanaman: mulai Rp5.000

4. Olahraga

Saat sibuk sekolah ataupun bekerja, fisik seringkali mudah lelah dan kurang sehat karena aktivitas yang tidak seimbang dengan pola makan. Selama liburan, Anda dapat “membayar” kekurangan olahraga tersebut. Estimasi biaya untuk berolahraga adalah: 

  • Biaya: gratis atau berbayar jika datang ke gym (mulai Rp30.000-an)
  • Perlengkapan: baju, celana, serta sepatu olahraga

Tips Berwisata Alam dengan Aman dan Menyenangkan

Agar kegiatan wisata alam saat liburan sekolah Anda bisa berjalan sukses, maka ikutilah beberapa tips berikut ini:

1.  Menentukan Destinasi dan Kegiatan Liburan

Pertama kali tentukanlah tipe liburan seperti apa yang Anda inginkan, baik itu pergi berwisata atau melakukan kegiatan tertentu. Kumpulkanlah informasi lengkap mengenai kedua pilihan tersebut, terlebih jika Anda hendak melakukan keduanya.

2. Jaga Kondisi Tubuh

Jika memilih mengunjungi destinasi wisata, maka pastikanlah bahwa kondisi tubuh Anda sehat agar perjalanan tetap nyaman. 

Terlebih pada wisata alam, stamina merupakan aspek penting untuk menjaga kelancaran liburan. Pastikan untuk menjaga pola makan, istirahat yang cukup, serta olahraga ringan.

3. Booking Akomodasi dan Tiket di Awal Waktu

Saat pertanyaan “liburan anak sekolah kemana?” pada umumnya orang akan menjawab mengunjungi destinasi tertentu. Maka dapat dipastikan tiket transportasi dan akomodasi akan lebih cepat terjual, terutama saat akhir tahun.

Oleh karena itu, pastikanlah untuk booking keduanya lebih awal agar rencana liburan tidak gagal.

4. Membawa Perlengkapan Sesuai Kebutuhan

Agar tidak mengganggu kenyamanan selama berlibur, maka bawalah perlengkapan yang dibutuhkan secukupnya saja. Pertimbangkanlah dengan matang agar Anda tidak membawa perlengkapan terlalu banyak karena hanya “merasa butuh”.

5. Menyiapkan Anggaran Berlibur

Untuk kegiatan liburan atau wisata alam yang membutuhkan dana, maka pastikanlah untuk mempersiapkannya dengan matang jauh hari sebelum hari keberangkatan.

Hitunglah kebutuhan penginapan, makan, transportasi, serta tiket. Sebaiknya Anda mulai menabung atau berinvestasi khusus untuk program ini, sehingga tidak mengganggu pos keuangan lainnya.

Kesimpulan

Ada banyak kegiatan dan destinasi alam dan outdoor untuk menghabiskan liburan Anda. Pastikanlah untuk memilih wisata alam saat liburan sekolah yang sesuai preferensi dan kebutuhan. Dengan mengikuti tips-tips di atas, terutama saran untuk investasi dan menabung, maka Anda bisa berlibur dengan nyaman.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].