FMCG Adalah : Pengertian, Tantangan dan Jenis Produknya

0
639
FMCG Adalah

Apa itu FMCG? FMCG adalah singkatan dari Fast-Moving Consumer Goods dalam Bahasa Inggris. Perusahaan tipe ini biasanya besar dan cenderung menarik minat para pencari kerja. Beberapa contoh yang sudah pernah kita lihat biasanya perusahaan produsen makanan hingga minuman ringan bertaraf internasional.

Namun, sebelum mempertimbangkan untuk melamar ke sana, mari kenali dulu semua seputar FMCG.

Pengertian Mengenai FMCG

Sesuai dengan singkatan namanya, FMCG adalah perusahaan yang berdagang produk secara cepat serta dengan harga yang relatif murah. Mereka juga dikenal dengan singkatan lain, yaitu CPG (Consumer Packaged Goods). Sebutan ini juga lazim dipakai karena semua produk mereka menggunakan kemasan sebagai pembungkusnya.

Selain makanan dan minuman ringan, perusahaan yang masuk ke dalam kategori ini intinya menjual produk yang diawetkan dan disimpan dalam kemasan. Contoh: daging sapi kornet dan produk susu. Karena itulah jenis-jenis produk ini biasanya tidak bertahan lama dan punya tanggal kedaluwarsa.

Untuk lebih detailnya, inilah beberapa contoh produk FMCG, yaitu:

Produk minuman

Contoh: soda kalengan, jus dalam botol plastik, susu dalam karton, dan lain-lain.

Makanan segar

Contoh: sayuran beku dan kering, buah-buahan, daging, dan masih banyak lagi.

Obat-obatan

Contoh: obat generik untuk menghilangkan sakit kepala, obat batuk hitam, dan lain-lain.

Makanan siap saji

Contoh: mie instan, kentang goreng, daging ayam nugget, bakso ikan, dan masih banyak lagi.

Produk pembersih

Contoh: pembersih kaca, sabun cuci piring, pembersih lantai, dan lain-lain.

Makanan olahan

Contoh: pasta, sereal, keju, daging sapi kornet, kerupuk, dan masih banyak lagi.

Kosmetik serta peralatan mandi

Contoh: sabun mandi, sabun cuci muka, shampo, pasta gigi, dan lain-lain.

Peralatan tulis untuk kebutuhan kantor

Contoh: pena, buku tulis, pensil, penggaris, dan masih banyak lagi.

Tugas dan Penerapan FMCG

Mereka yang ingin bekerja di perusahaan FMCG adalah mereka yang siap dengan berbagai tantangan ini. Berhubung usia produk rata-rata pendek dan margin-nya tidak besar, maka mereka harus menjual produk sebanyak dan seefisien mungkin. Oleh karena itu, mereka membutuhkan kehadiran sales executive untuk mewujudkan strategi bisnis tersebut.

Selain itu, perusahaan semacam ini juga harus memikirkan dampak lingkungan dari kemasan produk mereka. Misalnya, berusaha mengadakan program daur ulang kemasan bekas produk mereka sebagai bagian dari CSR.

Strategi berikutnya adalah memikirkan cara memperpanjang umur produk yang cepat rusak dan menekan biaya produksi.

Tentu saja, selain nama perusahaan yang biasanya sudah besar dan terkenal, ada lagi beberapa alasan pencari kerja memilih FMCG. Alasan mereka untuk bekerja di FMCG antara lain:

Industrinya dinamis, bergerak cepat

Beragam inovasi terus dilakukan dalam industri ini.

Baca juga: Komponen yang Berguna dalam Membangun Bisnis Berkelanjutan

Industrinya juga beragam

Banyak macam kepribadian dan latar belakang rekan kerja di sini.

Karier bisa stabil di sini

Karena terkait dengan operasional pabrik, kemungkinan PHK lebih kecil, meskipun pandemi Covid-19 sekali pun.

Peluang karier bisa lebih luas, termasuk bekerja di luar negeri

Bila perusahaan multinasional atau sudah bertaraf internasional, peluang untuk dikirim bekerja di luar negeri juga lebih besar. Tentu saja, ini juga dilihat dari kerja keras Anda selama di perusahaan.

Agar bisa berkarier di sini, beberapa keahlian yang dicari oleh perusahaan FMCG adalah:

Keahlian teknologi

Berhubung semakin banyak pabrik yang menggunakan mesin otomatis, maka keahlian teknologi dibutuhkan di sini.

Keahlian ilmu lintas disiplin

Contoh: meskipun Anda lihai dalam bidang sales, pelajarilah beberapa bidang lain yang terkait, seperti: riset pemasaran, pemasaran produk, hingga inovasi produk.

Kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan

Berhubung industrinya dinamis dan bergerak serba cepat, kemampuan mengambil keputusan secara cepat juga sangat penting. Tidak hanya cepat, sebaiknya keputusan tersebut juga tepat. Jadi, karyawan ideal untuk FMCG adalah yang fleksibel, sigap dalam mengatur waktu, dan punya keterampilan organisasi yang baik.

Kemampuan untuk menganalisis berbagai masalah

Sebaiknya tidak melulu bergantung pada data analyst saat membaca data. Manajer dan staf senior membutuhkan perspektif berbeda dari tiap karyawan terkait data penjualan dan lain-lain.

Kemampuan untuk menjadi persuasif

Berhubung saingan banyak, Anda harus bisa meyakinkan pelanggan untuk membeli dan tetap setiap dengan produk perusahaan Anda.Bekerja di FMCG adalah pengalaman untuk banyak belajar di tempat kerja yang serba dinamis. Siap melamar kemari?

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]