13 Fintech OJK Terbaik yang Sudah Terdaftar dan Diawasi

0
1544
Fintech OJK Terbaik

OJK (Otoritas Jasa Keuangan) saat ini aktif memberikan informasi valid seputar perusahaan fintech (Financial Technology) yang sudah mendapatkan legalitas. Artinya sudah banyak fintech OJK terbaik yang bisa masyarakat pilih dari rekomendasi tersebut.

Masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan informasi pinjol terbaik 2022. Hal ini karena OJK turut aktif dalam memberikan informasi. 

Dengan begitu, para calon kreditur yang ingin mengajukan pinjaman bisa lebih berhati-hati dalam menjatuhkan pilihan.

Pengertian Pinjaman Online

Pexels 

Aplikasi pinjaman online OJK adalah sebuah layanan berbasis fintech yang menyediakan pinjaman secara online. Pinjaman berupa uang mulai dari untuk kebutuhan modal usaha, renovasi rumah, dan berbagai kebutuhan lainnya.

Pinjaman online atau pinjol umumnya menawarkan sistem pinjaman cepat cair. Bahkan saat ini telah hadir banyak pilihan pinjol resmi OJK 2022 cepat cair yang hanya membutuhkan waktu beberapa menit pencairan saja.

Saat ini jenis pinjamannya tidak hanya sekedar KTA (Kredit Tanpa Agunan) saja. Bahkan ada juga yang menyediakan layanan pinjaman dengan agunan surat berharga seperti BPKB maupun surat tanah.  

Pilihan Fintech OJK Terbaik yang Terdaftar OJK

Pinjaman online OJK bunga rendah menjadi solusi keuangan yang bisa membantu memenuhi berbagai kebutuhan pembiayaan. Maka tidak heran saat ini pinjol menjadi pilihan bagi masyarakat yang sedang membutuhkan dana.

Namun, Anda harus benar-benar memilih yang sudah terdaftar. Karena pinjol illegal, umumnya memiliki suku bunga tinggi dan juga biaya admin yang turut disertakan pada proses pengajuan pinjaman tersebut. 

Berikut 13 daftar fintech yang aman dan juga sudah terdaftar di OJK dan memiliki izin operasi resmi:

  1. Akseleran
  2. Amartha
  3. Dompet Kilat
  4. Boost
  5. Toko Modal 
  6. KTA KILAT
  7. Kredit Pintar
  8. AdaKami
  9. FINTAG
  10. Rupiah Cepat
  11. CROWDO
  12. JULO
  13. DanaRupiah

Baca juga: 100+ Daftar Fintech Resmi OJK Terupdate

Kelebihan Menggunakan Fintech Sebagai Solusi Finansial

Daftar pinjol resmi OJK 2022 yang sudah kami bahas sebelumnya, bisa menjadi solusi keuangan tanpa masalah. Karena sistemnya sudah diawasi dan juga mengikuti regulasi dari OJK.

Lalu, apa sih yang menjadi keuntungan dan kelebihan menggunakan fintech sebagai solusi finansial? Nah, berikut ini kami sudah merangkum beberapa kelebihan-kelebihannya di bawah ini.

1. Proses Pengajuan Mudah

Melalui pinjol, kreditur bisa mengajukan pinjaman kapan saja dan dimana saja. Karena persyaratannya hanya berupa dokumen seperti KTP, KK, NPWP dan slip gaji saja. Semua dokumen bisa Anda serahkan berbentuk file melalui aplikasi.

Setelah Anda menyerahkan persyaratan tersebut, kemudian mendapatkan approval, maka Anda bisa langsung mengajukan pinjaman. Berbeda dengan bank atau lembaga keuangan yang membutuhkan proses pengajuan ribet dan berbelit.

2. Pencairan Dana Cepat

Salah satu alasan kenapa pencairan dana di pinjaman online lebih cepat yaitu karena berbasis KTA. 

Hari ini Anda mengajukan pinjaman, maka hari ini juga Anda bisa mendapatkan pencairan. Bahkan proses pencairannya hanya dalam hitungan menit saja.

Dengan pencairan yang cepat ini, maka Anda bisa langsung menggunakannya untuk berbagai kebutuhan pendanaan. Cocok untuk yang sedang membutuhkan dana sesegera mungkin.

3. Suku Bunga Kompetitif

Jika Anda memilih pinjol terdaftar, maka bisa mendapatkan suku bunga yang tergolong kompetitif. Bahkan bisa Anda bandingkan dengan lembaga keuangan besar seperti bank. 

Selain itu, Anda juga bisa melakukan perbandingan suku bunga untuk mendapatkan yang paling rendah.

Dengan pengajuan pinjaman bunga rendah ini, maka Anda bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan. Namun jangan lupa juga untuk memperhatikan tenornya. Pasalnya, tenor memengaruhi jumlah bunga yang harus Anda bayarkan.

4. Bisa untuk Berbagai Kebutuhan Keuangan

Saat ini pinjaman online bisa Anda gunakan juga untuk berbagai kebutuhan keuangan. Anda bisa memanfaatkannya untuk tambahan modal usaha, untuk renovasi rumah, dan berbagai kebutuhan lainnya yang bersifat mendadak.

Hal ini karena, jumlah pinjaman yang bisa Anda terima bisa mencapai puluhan juta rupiah. Bahkan ada juga yang menyediakan dana pinjaman hingga ratusan juta rupiah tergantung dari produk pinjaman pada masing-masing fintech.

5. Aman dan Tepercaya

Masalah yang umum terjadi pada pengajuan pinjaman online seperti penagihan yang tidak beretika, informasi jatuh tempo yang tidak jelas, dan lainnya hanya terjadi pada pinjol illegal. Tidak demikian halnya jika Anda memilih pinjol yang resmi.

Data-data sensitif yang Anda miliki juga tidak akan mereka sebarkan. Jadi pastikan Anda memilih fintech yang kredibel dan hanya sudah terdaftar saja.

Tips Gunakan Fintech dengan Aman

Seperti yang Anda ketahui, ada banyak sekali kalangan masyarakat yang bermasalah dengan pinjaman online. Namun hal ini tidak selalu berakar pada perusahaan fintech saja. Masalah juga bisa timbul dari kreditur itu sendiri.

Berikut ini kami sudah merangkum apa saja risiko menggunakan fintech yang harus Anda waspadai saat berencana mengajukan pinjaman.

1. Pilih Fintech Legal

Risiko pertama dan yang paling umum yaitu calon kreditur memilih pinjol yang ilegal. Namun hal ini tidak selalu salah calon kreditur juga, pasalnya saat ini ada banyak fintech ilegal yang menggunakan logo OJK dan mengaku sudah terdaftar.

Risiko salah memilih fintech yang illegal cukup fatal. Adapun risikonya mulai dari suku bunga yang terlalu tinggi, biaya admin yang besar, penagihan yang tidak beretika, hingga penyebaran data sensitif milik kreditur yang mereka gunakan untuk mengancam.

2. Pastikan Bayar Tepat Waktu

Pengajuan pinjaman idealnya harus Anda sesuaikan dengan kemampuan bayar dan kondisi finansial. 

Jika tidak Anda sesuaikan dengan keuangan Anda, besar kemungkinan pinjaman tersebut akan sulit untuk Anda bayar di kemudian hari. Bahkan risiko galbay atau gagal bayar pun akan menghantui.

Risiko galbay ini akan memengaruhi finansial dan status Anda. Kenapa demikian? Karena selain bunga yang kian menumpuk, Anda juga akan mendapatkan blacklist sehingga ke depannya akan sulit untuk mengajukan pinjaman di berbagai lembaga keuangan.

3. Tepat dengan Komitmen yang Telah DIbuat

Beberapa perusahaan fintech umumnya melakukan penagihan secara berkala dan relatif lebih intens dari biasanya. Terutama menjelang jatuh tempo, Anda akan mendapatkan panggilan telepon setiap hari yang tujuannya untuk menagih.

Namun risiko ini sebenarnya bisa Anda hindari dengan cara membayarnya jauh-jauh hari sebelum jatuh tempo. Selain itu, tidak semua perusahaan fintech melakukan penagihan intens semacam ini.

4. Hubungi Customer Service Bila Alami Masalah

Kebanyakan perusahan fintech hanya menyediakan layanan panggilan telepon dengan pembayaran yang tergolong mahal. 

Meski begitu ada juga yang menyediakan layanan customer service via email, hingga aplikasi chatting hanya saja jarang mereka balas.

Hal ini membuat kreditur kesulitan untuk mendapatkan informasi ketika ada gangguan atau kendala. Sehingga untuk mendapatkan solusi, kreditur harus mengeluarkan biaya panggilan ke customer service.

Kesimpulan

Fintech menjadi solusi keuangan bagi seluruh masyarakat yang membutuhkan dana cepat. Terlebih saat ini ada banyak sekali perusahaan fintech yang sudah terdaftar di OJK sehingga keamanannya jauh lebih terjamin.Seperti yang kami jelaskan pada daftar fintech OJK terbaik, Akseleran adalah salah satu solusi yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan. Terutama bagi Anda yang membutuhkan modal untuk usaha.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].