Fakta di Balik Peluncuran Uang Baru

1
504
Fakta di Balik Peluncuran Uang Baru

Pada tanggal 18 Agustus yang lalu, Bank Indonesia resmi meluncurkan 7 pecahan mata uang emisi tahun 2022. Lalu sebetulnya untuk apa Bank Indonesia merilis pecahan mata uang baru?

Dalam rangka merayakan kemerdekaan Indonesia yang ke-77, Bank Indonesia meresmikan 7 pecahan uang Rupiah kertas mulai dari pecahan Rp1.000 sampai Rp100.000. Prosesi peluncuran uang baru ini dilakukan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Gubernur Bank indonesia Perry Warjiyo. Perry Warjiyo dan Sri Mulyani berpesan agar masyarakat Indonesia bisa lebih memahami Rupiah. Selain itu, mata uang ini juga menggambarkan proses kemerdekaan Indonesia dan babak baru sebagai sebuah negara.

Pada dasarnya, uang digunakan sebagai alat tukar untuk aktivitas jual-beli. Karena aktivitas tersebutlah kemudian muncul beberapa hal yang mengharuskan sebuah negara untuk terus memperbaharui mata uangnya, antara lain:

1. Mencegah Peredaran Uang Palsu

Kamu pasti pernah mendapatkan atau melihat uang palsu dengan Rupiah versi sekarang. Hal inilah yang melatarbelakangi Bank Indonesia terus bertransformasi dan menambahkan sejumlah fitur baru pada desain Rupiah agar tidak semakin banyak yang tertipu oleh uang palsu. Maka dari itu, Rupiah terus didesain agar lebih aman penggunaannya.

2. Meningkatkan Kualitas Mata Uang

Peluncuran uang baru ini juga dilakukan sebagai upaya untuk menjadikan Rupiah ramah bagi siapa pun termasuk penyandang tunanetra sekaligus menambahkan fitur yang ada agar Rupiah makin mudah dikenali masyarakat Indonesia. Beberapa fitur yang sudah ada pada Rupiah antara lain:

  • Efek rabaan (tactile effect)
  • Tinta berubah warna (color shifting)
  • Efek multi warna dari berbagai sisi (rainbow feature)
  • Gambar tersembunyi (latent image)
  • Efek pendar di bawah sinar matahari (ultraviolet feature)
  • Efek gambar berisi (rectoverso)

3. Menghormati Jasa Para Pahlawan

Terakhir, desain uang baru ini merupakan bentuk penghormatan jasa pahlawan dan bertujuan memperkenalkan beraneka ragam seni budaya dan kekayaan alam Indonesia.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut

1 COMMENT

Comments are closed.