8 Alasan Kenapa Kamu Tidak Fokus

1
619
8 Alasan Kenapa Kamu Tidak Fokus

Fokus merupakan hal penting dalam bekerja. Ketika kita tidak fokus dalam bekerja, hal ini tentu akan berdampak pada output pekerjaan menjadi kurang maksimal. Tak hanya itu, hilang fokus tentu akan mengganggu produktivitas sehari-hari. Berikut ini adalah 8 kemungkinan alasan kenapa kamu sulit untuk fokus saat bekerja.

1. Kelelahan

Dilansir dari survey yang dilakukan oleh Philips, sekitar 62% orang dewasa di seluruh dunia mengaku bahwa mereka tidak tidur nyenyak. Penelitian telah menunjukkan adanya korelasi antara kurang tidur dan gangguan fungsi kognitif, termasuk memori, kecepatan kognitif, dan fokus. Kurang tidur kronis bahkan dapat menghancurkan sel-sel otak. Jadi beristirahatlah yang cukup agar fungsi otak tidak terganggu.

2. Menyerap terlalu banyak berita

Menyerap terlalu banyak berita dapat mempengaruhi keadaan emosional kita. Berita buruk dapat memicu kecemasan dan frustasi, sementara berita baik dapat meningkatkan kadar adrenalin. Ketika emosi kita meningkat, tingkat fokus kita terancam. Batasi jumlah berita yang kamu konsumsi selama jam kerja.

3. Multitasking

Penelitian menunjukkan bahwa multitasking hampir tidak seproduktif yang diyakini. Otak kita hanya tahu bagaimana fokus pada satu tugas pada satu waktu. Energi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas malah digunakan untuk berpindah dari satu tugas ke tugas lainnya. Bantu otak dengan berfokus pada satu tugas tertentu pada satu waktu untuk menghasilkan hasil yang berkualitas.

4. Tidak tahu harus mulai dari mana

Jika kamu tidak meluangkan waktu untuk menyelesaikan prioritas, fokusmu kemungkinan besar akan tercerai-berai. Tuliskan semua pekerjaan untuk diselesaikan di hari itu dalam urutan prioritas. Setiap tugas yang tidak selesai hanya dipindahkan ke daftar hari berikutnya.

5. Lingkungan kerja yang kurang optimal

Luangkan waktu sebentar untuk melihat lingkunganmu sekarang. Apakah terlalu dingin atau panas? Apakah kamu memiliki cukup cahaya alami? Apakah terlalu bising sehingga kamu tidak bisa berpikir dengan tenang? Salah satu dari faktor ini  dapat menguras tingkat fokusmu tanpa kamu sadari.

6. Anda mengalami Efek Zeigarnik

Efek Zeigarnik adalah kecenderungan otak kita untuk menempel pada tugas-tugas yang tidak lengkap daripada tugas-tugas yang telah selesai. Jadi, jika kamu memulai pekerjaan X, mengerjakannya selama 10 menit, lalu melompat untuk memulai pekerjaan Y, otak masih akan merenungkan pekerjaan X. Tetaplah pada satu pekerjaan dari awal hingga selesai.

7. Banyak pikiran

Terlalu banyak pikiran yang berputar-putar dapat menghalangi fokusmu, baik itu masalah pribadi atau professional. Kamu bisa menuliskan semua pemikiran yang saat ini tidak dibutuhkan saat muncul di selembar kertas untuk dipikirkan pada waktu yang lebih tepat.

8. Perfeksionis

Kelemahan besar menjadi perfeksionis adalah terlalu fokus pada detail sepele yang memperlambat atau menghalangi produktivitas. Tetapkan batas waktu untuk diri sendiri atau minta teman mengingatkan jika kamu sudah melampaui batas.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut

1 COMMENT

Comments are closed.