Embargo Adalah: Pengertian, Jenis, dan Contoh Kasusnya

0
8568
Embargo Adalah

Embargo adalah sebuah istilah yang tidak jarang kita dengar. Misalnya, pada 2021 lalu ketika khalayak Indonesia diramaikan oleh embargo vaksin dari India. Sebelumnya, ada juga kasus serupa, yaitu embargo militer yang dilakukan oleh Amerika Serikat terhadap Indonesia. 

Mungkin Anda penasaran dengan makna istilah ini. Kira-kira, apa definisi embargo dan dampak apa saja dampak yang dapat ditimbulkan? 

Definisi Embargo

Mengacu pada KBBI daring, embargo didefinisikan sebagai larangan penuh lalu lintas barang antarnegara, baik ekspor maupun impor. Tidak hanya itu, istilah embargo juga diartikan sebagai larangan untuk menyiarkan berita sebelum waktu tertentu.

Selain dua definisi di atas, embargo adalah istilah yang cukup sering didengar terkait dengan penyitaan sementara yang dilakukan oleh kapal-kapal asing yang berlabuh di perairan suatu negara. 

Pada berita embargo vaksin yang disebutkan sebelumnya, definisi embargo yang pas adalah blokade lalu lintas produk yang dilakukan dari suatu negara ke negara lain. Hal seperti ini sering disebut sebagai embargo ekonomi.

Jenis-jenis Embargo

Dalam praktiknya, embargo dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

Embargo ekonomi

Embargo ekonomi adalah embargo yang dilakukan untuk melarang keluarnya (ekspor) ataupun masuknya (impor) barang ke/dari sebuah negara ke negara lain. 

Embargo informasi

Untuk jenis ini, definisi embargo adalah larangan yang ditujukan agar berita tidak dirilis oleh kantor berita selama jangka waktu tertentu. Larangan publikasi berita ini merupakan hal yang sudah umum dilakukan dan sudah diatur oleh undang-undang kebebasan pers. Maka dari itu, pers wajib menaati embargo yang diberlakukan agar kantor berita tersebut terhindar dari sanksi yang diberlakukan.

Dampak Embargo

Jika mengacu pada jenis embargo ekonomi, banyak yang mengira bahwa embargo hanya memberikan dampak negatif bagi negara yang terdampak. Memang benar, dampak embargo dapat mempengaruhi penjualan komoditas secara masif. Namun, ternyata ada juga sisi positif yang bisa diambil dari pemberlakuan embargo ini, lho. Berikut penjelasannya.

Baca juga: Ini Dia Ancaman di Bidang Ekonomi yang Dapat Mengancam Perekonomian Negara

Dampak negatif

Beberapa dampak negatif dari embargo adalah:

  1. Bagi negara pengekspor, pemberlakuan embargo dapat mengurangi penjualan komoditas yang tentunya berdampak pada berkurangnya devisa negara.
  2. Bagi negara pengimpor, pemberlakuan embargo berdampak pada kurangnya kebutuhan dalam negeri untuk komoditas terkait. 
  3. Bagi negara pengekspor, kemungkinan kehilangan ‘pelanggan tetap’ bisa saja terjadi. Hal ini akan lebih terasa jika embargo yang diberlakukan berlangsung dalam jangka waktu yang lama.
  4. Pemberlakuan embargo dapat memengaruhi bisnis-bisnis pada sektor yang terkait dengan komoditas yang dijual. 
  5. Negara pengekspor yang menggantungkan sebagian besar pendapatan negaranya pada komoditas yang diembargo dapat mengalami kerugian besar. Akibatnya, negara tersebut harus mencari negara lain yang mau membeli komoditas yang mereka miliki.

Dampak positif

  1. Negara dapat melindungi kebutuhan dalam negeri untuk produk yang dijual. Sebagai contoh, embargo vaksin yang dilakukan India merupakan langkah strategis yang dilakukan untuk mencukupi kebutuhan vaksin dalam negaranya.
  2. Embargo adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi titik sumber ancaman keamanan bagi suatu negara. Sebagai contoh, embargo Amerika Serikat yang dilakukan terhadap Kuba.
  3. Embargo menjadi kesempatan baik untuk menjalin perdagangan dengan negara lain yang menawarkan produk serupa.

Contoh-Contoh Embargo

Beberapa contoh embargo yang pernah terjadi dapat Anda lihat pada penjelasan berikut:

Embargo vaksin

Embargo vaksin yang dilakukan oleh India pada tahun 2021 silam disebabkan karena meningkatnya jumlah penderita Covid-19 di negara tersebut secara drastis. Oleh karena itu, vaksin AstraZeneca yang diproduksi di India tidak dikirimkan ke WHO dan GAVI (The Global Alliance for Vaccines and Immunizations).

Meski sempat memberikan dampak bagi kecukupan stok vaksin di Indonesia, embargo yang dilakukan India memicu peningkatan produksi vaksin dalam negeri. Maka dari itu, dapat kita lihat bahwa embargo vaksin ini tidak selalu berdampak buruk.

Embargo senjata militer

Pemberlakuan embargo senjata militer pernah dilakukan Amerika Serikat terhadap Indonesia. Hal ini terjadi pada tahun 1999-2005, yang disebabkan karena pelanggaran HAM aparat bersenjata ketika perang Timor Leste terjadi.

Embargo minyak negara-negara jazirah Arab terhadap AS

Embargo ini dicetuskan pada bulan November 1973 karena AS membantu Israel secara militer saat Israel melakukan serangan ke empat wilayah dalam kekuasaan Mesir dan Suriah. Meski berlangsung cukup singkat, embargo ini sempat diperkirakan akan melumpuhkan perekonomian AS selama beberapa tahun.

Sebagai simpulan, embargo adalah kebijakan yang diberlakukan untuk melarang arus lalu lintas produk antarnegara. Meski memiliki sejumlah manfaat, sering kali embargo dipandang memberikan dampak negatif lebih besar daripada dampak positif.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].