Demand Adalah: Pengertian dan Faktor yang Memengaruhinya

0
13349
Demand Adalah

Sektor industri dapat berlangsung karena adanya permintaan atau demand produk yang berasal dari para pelanggan atau konsumen. Setelah permintaan muncul, akan ada proses supply atau penawaran dari produsen. Artinya, baik supply maupun demand adalah komponen penting dalam keberlangsungan industri. Bahkan, keduanya juga dijadikan bahan pertimbangan utama dalam merencanakan suatu proses produksi. 

Bagi para pelaku industri yang menerapkan proses produksi dengan konsep make to stock, menentukan jumlah permintaan produk dari konsumen jadi hal yang wajib dilakukan. Hal ini tentunya guna mencegah terjadinya kelebihan stok produk atau overstock. Kelebihan produk tentu bisa mengakibatkan banyak kendala, seperti gudang penyimpanan menjadi cepat penuh, tambahan biaya penyimpanan, dan kerugian jika produk tidak berhasil terjual. 

Jadi, Apa Itu Demand?

Permintaan atau demand adalah semua produk, baik barang maupun jasa yang dibeli dengan kisaran harga tertentu. Produk yang dimaksud dalam hal ini dikaitkan dengan berbagai kebutuhan manusia. Permintaan sendiri memiliki hukum dasar, yaitu saat harga dari suatu produk mengalami kenaikan, maka permintaan terhadap produk tersebut akan mengalami penurunan. 

Kuantitas produk yang dibeli oleh konsumen dengan harga yang cenderung lebih tinggi tentu akan mengalami penurunan saat produsen menaikkan harga produk tersebut. Artinya, orang-orang cenderung akan menahan keinginan untuk membeli suatu produk apabila harganya lebih mahal. Tidak hanya barang, konsep dan hukum permintaan ini juga berlaku untuk pemilik usaha di bidang jasa. 

Faktor yang Memengaruhi Demand

Oleh karena menjadi aspek penting dalam keberlangsungan proses industri, Anda perlu mengetahui apa saja faktor yang berpengaruh terhadap permintaan. Jadi, Anda bisa memperkirakan banyaknya produk yang dibuat atau dipasarkan sekaligus menentukan berapa harga jual yang tepat untuk bisa mendapatkan angka keuntungan yang maksimal. Adapun faktor yang memengaruhi demand adalah: 

Harga dari Suatu Produk

Harga produk jadi faktor utama yang sangat berpengaruh terhadap permintaan. Semakin tinggi harga, tentu calon pelanggan akan menunda untuk membeli produk tersebut. Sebaliknya, harga produk yang rendah akan membuat angka permintaan meningkat. Meski kualitas termasuk dalam faktor yang turut dipertimbangkan, harga tetap saja menjadi impresi paling utama para pelanggan. 

Tingkat Pendapatan

Faktor lainnya yang memengaruhi demand adalah tingkat pendapatan. Apabila tingkat pendapatan mengalami kenaikan, permintaan terhadap suatu produk pun bisa naik. Sebaliknya, apabila penghasilan masyarakat tidak mengalami perubahan, permintaan terhadap produk bisa mengalami penurunan. 

Baca juga: Ini Penjelasan Lengkap Seputar Gross Domestic Product (GDP)

Preferensi Konsumen

Selera atau preferensi masyarakat sebagai konsumen tentu sangat berpengaruh pada permintaan suatu produk. Preferensi bisa didapat dari kebiasaan dalam penggunaan suatu produk tertentu. Apabila selera mengalami peningkatan, maka kemungkinan permintaan terhadap produk tersebut pun mengalami kenaikan. 

Harapan Konsumen

Faktor selanjutnya yang turut memberikan pengaruh terhadap demand adalah harapan atau ekspektasi dari calon konsumen terhadap nilai dari suatu produk di masa mendatang. Kondisi ini biasanya dikaitkan dengan investasi yang menjadi harapan konsumen terhadap nilai penjualan kembali dari produk yang sudah dibeli jika sudah tidak lagi digunakan. 

Jadi, bukan tidak mungkin calon konsumen menaruh harapan bahwa produk incaran akan mengalami kenaikan harga di masa depan. Memang benar, hal ini membuat Anda harus berani gambling, tetapi ternyata faktor tersebut juga menjadi penentu naik atau turunnya permintaan produk di pasaran. 

Jumlah Calon Konsumen

Faktor lain yang turut perlu diperhatikan sebelum membuat produk adalah berapa banyak calon konsumen yang berada di pasar incaran. Anda bisa mendapatkannya berdasarkan jumlah penduduk di satu lokasi. Apabila lokasi pasar termasuk wilayah dengan penduduk yang padat, maka permintaan produk kemungkinan akan cukup tinggi. 

Sebaliknya, apabila target pasar Anda punya jumlah penduduk yang tak banyak atau jarang, maka bukan tidak mungkin permintaan produk akan stagnan atau bahkan mengalami penurunan. Jumlah penduduk dalam pasar yang padat sangat mendukung kenaikan permintaan karena dilihat dari kebutuhan maupun kebiasaan dari masyarakat. 

Melalui pemahaman yang tepat mengenai definisi dan faktor yang berpengaruh terhadap permintaan, para pelaku ekonomi dapat lebih mengetahui besarnya peluang dari suatu penjualan produk di pasar tertentu. Produsen bisa memprediksi dengan lebih baik kapan produksi dari suatu produk harus dikurangi atau justru ditambah. Sementara itu, konsumen pun dapat lebih mengukur daya beli sesuai dengan kemampuan. Semoga bermanfaat.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].