Cara Tukar Uang Terbaru Melalui PINTAR

0
293
Cara Tukar Uang Terbaru Melalui PINTAR

Bank Indonesia (BI) telah menyediakan layanan penukaran uang baru bagi masyarakat dalam rangka Lebaran 2023. BI memberikan kemudahan dengan memperkenalkan layanan penukaran uang baru secara online dan offline. Masyarakat dapat memilih untuk mengajukan penukaran secara online melalui aplikasi PINTAR.

PINTAR adalah aplikasi resmi Bank Indonesia yang memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan transaksi perbankan. Selain itu, PINTAR juga memudahkan masyarakat untuk menukar uang baru dengan cara yang lebih efisien dan terorganisir. Dalam layanan penukaran uang baru ini, PINTAR memberikan beberapa keuntungan seperti memudahkan masyarakat untuk memilih waktu penukaran dari hari hingga jam penukaran sehingga tidak terlalu mengantre.

Syarat untuk menukar uang baru melalui PINTAR adalah membawa uang cash yang akan ditukar dan KTP untuk verifikasi serta bukti pendaftaran di PINTAR. Saat ini BI memiliki aturan, setiap KTP per hari bisa menukar satu paket Rp 3,8 juta dengan pecahan Rp 20 ribu, Rp 10 ribu, Rp 5 ribu, Rp 2 ribu, dan Rp 1.000. Ketentuan ini diterapkan untuk memeratakan agar masyarakat bisa kebagian uang baru.

Berikut ini langkah-langkah menukar uang baru online melalui PINTAR:

1. Siapkan KTP

Pastikan kamu membawa KTP sebagai syarat utama dalam melakukan penukaran uang baru melalui PINTAR.

2. Kunjungi laman pintar.bi.go.id

Kunjungi laman PINTAR di https://pintar.bi.go.id/ untuk mengajukan permohonan penukaran uang baru.

3. Pilih menu “Penukaran Uang Rupiah melalui Kas Keliling”

Setelah membuka laman PINTAR, pilih menu “Penukaran Uang Rupiah melalui Kas Keliling”.

4. Pilih Provinsi Lokasi Penukaran Uang

Pilih provinsi yang sesuai dengan tempatmu melakukan penukaran uang baru.

5. Pilih Lokasi dan Tanggal Kas Keliling yang Tersedia

Pilih lokasi dan tanggal kas keliling yang tersedia sesuai dengan keinginanmu.

6. Mengisi Data Pemesanan

Isi data pemesanan seperti NIK KTP, nama, nomor telepon, serta email yang aktif.

7. Isi Jumlah Lembar/Keping Uang Rupiah yang Akan Ditukarkan

Isi jumlah lembar/keping uang rupiah yang akan ditukarkan sesuai dengan peraturan jumlah dan jenis pecahan yang telah ditentukan oleh BI.

8. Lakukan Pemesanan Selanjutnya

Setelah mengisi semua data, lakukan pemesanan selanjutnya untuk memperoleh bukti pemesanan layanan penukaran uang rupiah melalui kas keliling. Bukti pemesanan penukaran adalah dokumen yang dihasilkan oleh aplikasi PINTAR, sebagai bukti bahwa kamu telah melakukan pemesanan layanan kas Bank Indonesia melalui PINTAR.

Bukti pemesanan penukaran memuat informasi mengenai kode pemesanan, nama penukar, lokasi penukaran, jadwal penukaran, dan jumlah uang rupiah yang akan ditukarkan. Bukti pemesanan penukaran dapat langsung diunduh setelah selesai melakukan pemesanan, serta akan dikirimkan oleh aplikasi PINTAR ke alamat email yang telah dimasukkan pada saat melakukan pemesanan.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut