Menikah di KUA: Prosedur, Cara, dan Biayanya

0
364
Menikah di KUA: Prosedur, Cara, dan Biayanya

Menikah adalah momen yang sangat penting bagi setiap pasangan. Di Indonesia, proses pernikahan diatur oleh pemerintah dan dilakukan di Kantor Urusan Agama (KUA). Menikah di KUA bisa menjadi pilihan yang tepat bagi pasangan yang ingin sah secara hukum. Dengan mempersiapkan semua dokumen dan persyaratan dengan baik, serta mengikuti prosedur yang berlaku, pasangan bisa melaksanakan pernikahan dengan mudah dan lancar. Selain itu, pernikahan di KUA juga memiliki beberapa kelebihan, seperti legitimasi yang diakui secara hukum dan prosedur yang sederhana.

Biaya yang dibutuhkan untuk menikah di KUA pun relatif terjangkau. Biasanya, biaya ini mencakup administrasi, penerbitan akta nikah, dan biaya untuk saksi. Besar biaya dapat berbeda-beda tergantung pada daerah dan KUA tempat pasangan akan menikah. Biaya ini dapat berkisar antara beberapa ratus ribu hingga Rp1 juta. Berikut adalah penjelasan tentang cara menikah serta prosedur menikah di KUA.

1. Siapkan dokumen dan persyaratan

Sebelum melakukan pendaftaran di KUA, pastikan kamu sudah mempersiapkan semua dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan. Pastikan dokumen dan persyaratan ini valid dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

2. Lakukan pendaftaran

Setelah mempersiapkan semua dokumen dan persyaratan, lakukan pendaftaran di KUA tempat kamu akan menikah. Pastikan kamu mengikuti semua prosedur dan persyaratan yang ditetapkan oleh KUA.

3. Ikuti wawancara

Setelah pendaftaran selesai, kamu akan dijadwalkan untuk melakukan wawancara dengan petugas KUA. Pastikan kamu menjawab semua pertanyaan dengan jujur dan terbuka.

4. Pelaksanaan pernikahan

Setelah semua prosedur dan persyaratan terpenuhi, dapat melaksanakan pernikahan di KUA. Pastikan kamu membawa semua dokumen dan saksi yang diperlukan pada hari pernikahan. Lakukan ijab kabul dengan benar dan hormatilah proses pernikahan di KUA.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut