5 Cara Isi Saldo DANA Lewat ATM, Minimarket & Internet

0
7056
Cara Isi Saldo Dana

Penggunaan dompet digital atau uang elektronik cukup digandrungi masyarakat zaman now. Salah satunya layanan e-wallet DANA. DANA mulai beroperasi sejak tahun 2018 dan saat ini berkembang menjadi salah satu instrumen keuangan populer. Mulai dari belanja online hingga pembayaran offline bisa dilakukan dengan memanfaatkan DANA.

Agar bisa digunakan, kita perlu mengisi saldo DANA terlebih dahulu. Besaran saldo bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Saat ini, ada banyak sekali media yang bisa digunakan untuk transaksi Top Up DANA. Sebagai referensi, berikut 5 cara isi saldo DANA baik melalui ATM, minimarket, ataupun internet.

Cara Top Up Saldo DANA Melalui Kartu Debit

Untuk isi saldo memanfaatkan kartu debit, DANA  hanya melayani beberapa kartu di antaranya, VISA, Mastercard, GPN, American Express (AMEX), dan JCB. Adapun langkah-langkah isi saldo DANA melalui debit adalah:

  • Masuk ke aplikasi DANA dan pilih menu “Top Up.”
  • Pilih “My Saved Card” > “New Card” lalu masukkan 16 digit angka yang tertera di sisi depan kartu debit kamu.
  • Masukkan nominal saldo yang diinginkan, minimal Rp10.000 dan Maksimal Rp10 juta.
  • Tekan “Confirm,” dan saldo DANA pun akan bertambah sementara saldo kartu debit kamu akan berkurang sesuai nominal pilihan plus biaya administrasi. Setiap kartu memiliki biaya administrasi berbeda.

Cara Top Up Saldo Melalui Transfer Bank

Untuk cara isi saldo DANA melalui transfer, ada beberapa metode yang bisa dipilih yaitu melalui ATM, internet banking, mobile banking. Cara Top Up melalui transfer hanya tersedia di beberapa bank, yaitu BCA, BNI, Mandiri, BTN, BTPN, Panin, Permata, MayBank, DBS, Danamon, Sinarmasdan CIMB Niaga.

Pengisian saldo dengan cara transfer juga membutuhkan kode virtual account (VA). Setiap bank memiliki kode VA berbeda, jadi pastikan kamu tahu kode VA yang digunakan bankmu. Jika sudah mengetahui kode VA, kamu bisa langsung melakukan Top Up dengan metode pilihan dan masukkan kode VA plus nomor HP terdaftar.

Contohnya, 88100812121212121 untuk Top Up saldo DANA melalui transfer BNI. Minimal pengisian saldo via transfer adalah Rp10.000, kecuali transfer melalui ATM yaitu Rp100.000. Jangan lupa, ada biaya administrasi yang perlu kita bayarkan juga.

Cara Top Up Saldo Melalui Merchant Resmi

Beberapa merchant yang telah bekerja sama dengan DANA adalah, Alfamart, Alfamidi, Pegadaian, PT POS Indonesia, Ramayana, Bluemart, dan Lawson. Untuk cara isi saldo DANA  melalui merchat resmi adalah:

  • Datangi kasir dan minta mereka untuk mengisikan saldo DANA.
  • Berikan nomor HP yang digunakan untuk login DANA.
  • Pilih nominal saldo yang diinginkan mulai dari Rp50.000 hingga tak terhingga dengan kelipatan Rp50.000.
  • Setiap merchant juga menerapkan biaya administrasi yang berbeda, jadi pastikan pembayaran yang kamu lakukan sudah dengan biaya administrasinya.
  • Jika sudah selesai, akan ada notifikasi dari aplikasi DANA yang memberitahukan bahwa saldo telah masuk.
  • Khusus untuk pengisian saldo melalui BlueMart, kamu bisa menggunakan BlueMart vending machine untuk transaksi tanpa harus mendatangi kasir.

Baca juga: Rekening Dana Lender (RDL) Akseleran: Fungsi dan Cara Membuatnya

Cara Top Up Saldo di Agen Pulsa dan PPOB

Meskipun sampai saat ini DANA belum menjalin kerjasama dengan agen pulsa atau PPOB manapun, kamu tetap bisa melakukan pengisian saldo melalui dua media tersebut. Langkah dan cara Top Up Dana melalui agen pulsa dan PPOB adalah:

  • Datangi agen pulsa atau PPOB terdekat.
  • Minta petugas untuk mengisikan saldo dana dengan cara memberitahukan nomor HP yang terdaftar.
  • Pilih nominal saldo yang diinginkan.
  • Tunggu beberapa saaat, dan saldo DANA pun terisi.

Cara Top Up Saldo Melalui OneKlik

Bagi kamu yang memiliki rekening BCA, saldo DANA juga bisa di-Top Up melalui BCA OneKlik. Sebelum memanfaatkan cara isi saldo DANA ini, pastikan kartu debit BCA kamu telah diintegrasikan ke aplikasi DANA. Jika sudah, kamu hanya perlu memasukkan nominal yang diinginkan.

Tidak lama, saldo DANA pun sudah terisi dan bisa langsung digunakan. Mudah bukan? Seperti metode lainnya, Top Up DANA melalui BCA OneKlik juga dikenakan biaya admistrasi yang otomatis dipotong dari saldo rekening begitu kamu melakukan transaksi Top Up.

Melihat banyaknya cara yang bisa kita pilih untuk isi saldo DANA menunjukkan betapa mudahnya melakukan transaksi digital memanfaatkan aplikasi ini. Jadi sekarang, kamu tidak perlu lagi membawa uang tunai ketika bepergian atau berbelanja. Semoga info tentang cara isi saldo DANA di atas bermanfaat, selamat mencoba.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]