Berbisnis: Proses Belajar tak henti yang menjanjikan

0
1992
Akseleran_Article_Featured_Image_1366x768_prosesbelajar

Bisnis dalam konteks Bahasa Inggris commerce berarti kegiatan perdagangan. Manusia berkat pengetahuan dan pengalamannya telah mengembangkan kegiatan pertukaran barang dan jasa diantara mereka dari bentuk sederhana barter menjadi kegiatan perdagangan dimana barang dan jasa berpindah tangan setelah melalui proses penentuan nilai pasar / nilai wajar.

Proses pembentukan perdagangan yang kita ketahui dan dilakukan sekarang ini telah melalui proses pengembangan, perbaikan, eksplorasi yang panjang dan lama. Namun, bukan berarti bahwa bentuk perdagangan sekarang ini sudah dalam bentuk ideal dan sempurna. Oleh karena perkembangan pasar yang terus terjadi, baik secara jumlah partisipan, jumlah pengguna / customer maupun secara proses penetapan nilai dan pengiriman / penyampaian barang dan jasa, maka perdagangan akan terus mengalami evolusi sampai memastikan bahwa perdagangan menjadi kegiatan yang seamless dan tidak disadari / unnoticed, danpertukaran barang dan jasa berlaku dengan upaya yang minim (bahkan tidak perlu berupaya) / effortless. Hal ini bisa terjadi karena partisipan / pelaku kegiatan perdagangan telah mengetahui dengan baik kebutuhan dan ekspektasi masing-masing, sehingga pihak yang membutuhkan dan juga pihak yang menyediakan tidak lagi harus menyiapkan waktu khusus untuk duduk bersama. Proses dan prosedur perdangangan berjalan secara sendirinya dan kedua belah pihak sama-sama percaya akan integritas proses dan hasilnya.

??????????????????????????????????????????

Saat ini kita belum tiba pada posisi tersebut. Pasar perdagangan Indonesia masih terus mengalami perkembangan dan pertumbuhan secara ukuran dan jumlah partisipan dan pada saat bersamaan regulasi dan tata cara perdagangan masih terus berevolusi mengadopsi perkembangan zaman. Tetapi, Pemerintah menunjukkan komitmen untuk menciptakan suatu suasana yang kondusif untuk pelaku perdagangan dapat beroperasi dengan baik, mengadopsi praktek-praktek terbaik di dunia, dan mengizinkan keterlibatan teknologi untuk menciptakan lapangan main yang sama (“same level playing field”) untuk semua pelaku perdagangan bereksplorasi dan bertransaksi. Dibutuhkan kejelian, kepekaan, kewaspadaan akan perkembangan yang terjadi disekitar tempat perdagangan yang relevan kepada masing-masing usaha sebagai upaya agar setiap usaha tersebut mendapatkan hasil yang baik. Ketidakjelian, ketidakpekaan, dan ketidakwaspadaan dapat memperlambat usaha. Ketidaksediaan untuk melakukan perubahan menandakan akan ketidaksediaan pelaku usaha tersebut untuk berkomitmen dalam terus belajar untuk memajukan usahanya.

Akseleran hadir untuk membantu para pelaku usaha mengejar kesempatan di pasar, merealisasikan aspirasinya dan yang terutama membantu para pelaku usaha untuk meningkatkan nilai dari kegiatan perdagangan yang ada di Indonesia. Kami memulainya dengan hal yang kecil. Bersama dengan pelaku usaha yang kami dukung, kami terus belajar dan memfasilitasi para pelaku usaha untuk mengapresiasi akan dinamika di pasar perdagangan.

Akseleran: Bersama, maju.

Previous articleBagaimana Cara Menghadapi Penolakan dan Belajar untuk Tetap Maju  
Next articleBisnis : Sebuah Perjalanan
Sebagai bankir yang cukup senior, Elquino memiliki pengalaman lebih dari 12 tahun di industri Perbankan. Ia telah bekerja di beberapa bank lokal maupun internasional seperti Standard Chartered Bank, Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, Bank Danamon, dan terakhir di Bank QNB Indonesia dimana Ia menjabat sebagai Senior Vice President – Head of Corporate Credit Reviewer & Credit Admin. Elquino mempunyai keahlian dalam bidang analisa dan manajemen kredit, structured finance, sindikasi, dan investment banking. Di Akseleran Elquino memimpin tim Peer-to-Peer Lending dan berperan besar dalam pengembangan credit scoring system Akseleran maupun penanganan risiko kredit. Elquino memegang sertifikat professional banking (level IV) dan risk management (level III). Dia memiliki gelar MBA dengan predikat cum laude dari Ateneo de Manila University, Manila, Philippines.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here