Beli Tiket Konser dengan Dana Darurat, Bolehkah?

0
334
Beli Tiket Konser dengan Dana Darurat, Bolehkah?

Euforia konser Coldplay masih hangat diperbincangkan. Kabar ini mungkin tidak hanya ditunggu oleh sebagian orang, tapi merupakan penantian hampir seluruh pecinta musik di Indonesia. Namun, sangat disayangkan bahwa kabar harga tiket dan penjualannya diumumkan secara mendadak. Kamu hanya memiliki waktu 6-8 hari untuk mempersiapkan dana.

Sebenarnya, jika kondisi keuangan sedang tidak baik atau tidak stabil, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk membeli tiketnya. Hal ini dapat membuat keuanganmu berantakan di masa depan. Sebelum membeli tiket konsernya, ada baiknya kamu mempertimbangkan beberapa hal berikut:

1. Apakah kamu benar-benar ingin menonton?

Sebelum memutuskan untuk membeli tiketnya, tanyakan pada dirimu sendiri apakah ini band idolamu? Apakah kamu mengenal banyak lagu-lagu mereka atau hanya satu atau dua lagu saja? Apakah kamu betul-betul akan menyesal jika melewatkannya? Pastikan kamu tidak hanya ikut-ikutan dengan euforianya saja.

2. Pastikan urutan prioritas keuanganmu sudah benar

Kamu harus mengutamakan keuangan untuk kebutuhan pokok, membayar cicilan, dana darurat. Jangan sampai kamu mengorbankan prioritas keuanganmu demi menonton pertunjukan ini.

3. Apakah kamu memiliki dana untuk membeli tiket?

Terakhir, cek lagi kondisi keuanganmu untuk membeli tiketnya. Usahakan untuk menggunakan uang yang memang kategorinya sebagai uang bebas atau uang yang sudah kamu sisihkan untuk dana hiburan.

Lalu bagaimana jika membeli tiket dengan dana darurat? Dana darurat dalam perencanaan keuangan ditujukan untuk menutup kebutuhan darurat yang berkaitan dengan kelangsungan hidup ketika sumber penghasilan utama sedang mengalami gangguan. Menonton konser adalah bagian dari kebutuhan hiburan, yang tidak dikategorikan sebagai kebutuhan darurat yang mendesak, karena kehidupan kita akan tetap berjalan tanpa menonton konser.

Namun, mungkin ini merupakan pengalaman sekali seumur hidup untuk menonton konser musisi idolamu. Lalu, bolehkah menggunakan dana darurat untuk keperluan tersebut? Jika memang harus menggunakan dana darurat untuk menonton konser, pastikan beberapa syarat terpenuhi:

  • Memiliki pemasukan yang stabil dan tidak bekerja di perusahaan yang rawan PHK.
  • Memiliki sisa cuti yang dapat digunakan saat menonton konser
  • Saldo dana darurat memiliki lebih dari 3 kali pengeluaran rutin sehari-hari.
  • Membeli tiket sesuai dengan kemampuan finansial.
  • Tidak memiliki utang pinjaman online atau utang pada kerabat.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut