Apa Itu Ransomware?

0
248
Apa Itu Ransomware?

Layanan perbankan Bank Syariah Indonesia (BSI) mengalami gangguan pada Senin, 8 Mei 2023 yang lalu. Gangguan ini terjadi pada jaringan ATM, transaksi di teller kantor cabang hingga layanan mobile banking milik BSI. Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan bahwa gangguan ini terjadi karena adanya serangan siber yang diduga ransomware. Namun, Erick tidak menjelaskan secara rinci terkait serangan yang terjadi pada sistem BSI, ia hanya mengatakan bahwa ada laporan terkait serangan siber tersebut. Lalu apa itu Ransomware?

Ransomware merupakan salah satu jenis serangan siber yang saat ini semakin menjadi ancaman yang serius bagi perusahaan, lembaga keuangan, dan individu. Ransomware adalah program berbahaya yang dirancang untuk mengenkripsi atau mengunci data yang ada pada sistem target. Setelah data terenkripsi, pelaku serangan akan meminta tebusan dalam bentuk uang atau cryptocurrency agar korban bisa mendapatkan kunci dekripsi untuk mengembalikan data mereka.

Serangan ransomware sering kali dilakukan dengan cara mengirimkan email phishing yang mengandung lampiran atau tautan yang berbahaya. Ketika korban mengklik lampiran atau tautan tersebut, ransomware akan mulai menyebar dan mengenkripsi data yang ada pada sistem korban. Setelah itu, korban akan diberikan petunjuk untuk membayar tebusan dalam waktu tertentu jika ingin mendapatkan kunci dekripsi.

Ransomware merupakan ancaman serius karena dapat menyebabkan kerugian finansial yang besar bagi korban. Selain itu, data yang terenkripsi juga dapat mengganggu operasional perusahaan atau lembaga, terutama jika data tersebut berkaitan dengan informasi penting atau sensitif.

 Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut