Awas Investasi Bodong! Kenali Ciri-cirinya Agar Tidak Tertipu

0
307
ciri-ciri investasi bodong

Berbagai pilihan investasi dan penawaran keuntungan yang tinggi seolah menjadi angin segar bagi siapa saja yang akan memulainya. Sayangnya, hal itu dijadikan modus oleh para oknum penipu. Berikut beberapa hal yang harus kamu ketahui mengenai ciri-ciri investasi ilegal.

1.    Berasal dari perusahaan yang tidak memiliki legalitas

Perusahaan yang bergerak di bidang investasi harus dilakukan dalam wadah yang telah mendapatkan izin dari badan otoritas. Industri pasar modal, perbankan, asuransi, dan sebagainya berada di bawah Otoritas Jasa Keuangan. Sementara itu, perdagangan berjangka dan komoditi diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi di bawah Kementerian Perdagangan. Berhati-hatilah jika kamu ditawari investasi yang mengatakan sudah mengantongi izin pendirian perseroan, karena itu tidak menjamin bahwa perusahaan tersebut telah memiliki legalitas.

2.    Menawarkan keuntungan yang terlampau tinggi

Ciri-ciri investasi bodong yang sebetulnya mudah terlihat adalah menawarkan keuntungan yang terlampau tinggi. Meskipun tujuan dari investasi memanglah mencari keuntungan sebanyak-banyaknya, namun keuntungan tersebut harus logis. Kamu juga tidak boleh sepenuhnya percaya dengan mereka yang mengklaim pasti untung, untung besar, terlebih lagi dengan iming-iming waktu yang singkat.

3.    Sistem kelola sumber dana tidak transparan

Investasi yang sehat akan menjelaskan kemungkinan risiko, kerugian profit, pengelolaan dana yang jelas dan transparan kepada investor. Sebaliknya, investasi bodong memiliki pengelolaan dana yang tidak jelas dan saat dipertanyakan, mereka tidak memiliki jawaban. Mereka hanya berfokus pada janji iming-iming keuntungan selangit dan tanpa risiko. Kamu wajib mencurigai jika investasi yang ditawarkan tidak jelas cara pengelolaan dananya, karena ini adalah ciri-ciri investasi bodong

Jangan mudah tergiur dengan iming-iming investasi minim risiko dan laba besar. Pertimbangkan dengan baik dan tepat di mana kamu akan memulai berinvestasi, Jika memilih jalur yang benar, maka investasi merupakan salah satu cara meraih tujuan keuangan yang tergolong aman.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut