Apa itu Digital Wellness?

0
1066
Apa itu Digital Wellness?

Di era serba digital seperti saat ini, kita didorong untuk mengikuti perkembangan teknologi yang sangat pesat. Sehingga banyak sekali orang-orang yang menyalahgunakan atau berlebihan menggunakan Internet. Maka dari itu hadirlah Digital Wellness untuk mencegah hal-hal buruk yang berdampak pada diri kita. Lalu apa itu Digital Wellness?

Digital Wellness menjelaskan mengenai kondisi secara mental dan fisik dalam penggunaan teknologi internet. Digital Wellness muncul akibat adanya permasalahan terkait kecanduan internet. Selain itu juga karena adanya kebutuhan untuk menjaga kesehatan mental dan fisik selama menggunakan teknologi internet. Di samping dampak positif yang bisa kita rasakan dari kemunculan internet, nyatanya ada beberapa dampak negatif jika kita kurang bijak memanfaatkannya, seperti:

1. Membawa mood buruk

Terdapat hubungan langsung antara penggunaan media sosial dan gangguan suasana hati seperti kecemasan dan depresi.

2. Membentuk perspektif salah

Orang yang aktif bermedia sosial diketahui lebih rentan mengalami krisis self-identity dan terpengaruh pada standar body image di media sosial.

3. Berbahaya dan beracun

Banyak kasus stalking, cyberbullying, hingga hacking yang merupakan risiko kehidupan online.

Untuk menghindari hal-hal diatas, kamu bisa melakukan beberapa hal seperti membatasi data pribadi yang kamu ungkapkan di media sosial. Ketahuilah bahwa jejak digital kamu dalam setiap platform. Jangan lupa juga untuk menggunakan peraturan privasi yang sesuai.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut