Apa itu Decoy Effect?

1
77
Apa itu Decoy Effect

Apakah kamu pernah membeli sesuatu yang ‘lebih’ karena berpikir kalau itu sebenarnya murah? Misalnya ketika membeli popcorn saat hendak menonton film di bioskop, ada 3 ukuran popcorn yang paling kecil seharga Rp 30 ribu, sedang Rp 55 ribu, dan besar seharga Rp 55 ribu, kebanyakan orang pasti akan memilih yang berukuran paling besar karena berpikir harganya paling murah. Ini lah yang disebut dengan Decoy Effect.

Decoy effect adalah sebuah fenomena dimana konsumen cenderung akan mengganti pilihan di antara 2 opsi jika diberikan opsi ketiga yang tidak seimbang. Dalam marketing, decoy effect merupakan metode di mana pelanggan akan cenderung mengganti preferensi yang spesifik dari dua pilihan ketika datang opsi ketiga yang asimetris. Karenanya, decoy effect seringkali disebut sebagai  attraction effect atau asymmetric dominance effect. Metode decoy effect ini sudah digunakan oleh berbagai produk dan layanan untuk memaksimalkan penjualan mereka.Tujuannya membuat konsumen memilih mengeluarkan uang yang lebih banyak. Meski begitu, konsumen justru merasa membeli dengan harga murah. Lalu bagaimana caranya supaya kita dapat terhindar dari Decoy Effect? Berikut tipsnya.

1. Ketahui apa yang kamu butuhkan secukupnya.

2. Jangan mudah tergoda, pikirkan dulu harganya.

3. Jangan tergoda juga kalau harganya melebihi budgeting yang sudah kamu buat.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut

1 COMMENT

Comments are closed.