Tradisi Angpao Imlek dan Dampaknya Bagi Perputaran Ekonomi

0
450
Tradisi Angpao Imlek dan Dampaknya Bagi Perputaran Ekonomi

Angpao adalah amplop berwarna merah yang sangat identik dengan perayaan Imlek. Tradisi membagikan angpao ini sudah ada sejak zaman dinasti Qing, namun saat itu dikenal dengan sebutan yasuiqian dan dibagikan dalam bentuk koin dengan benang merah. Masyarakat pada zaman dinasti Qing percaya bahwa membagikan yasuiqian akan mengusir roh jahat dan memberikan keberuntungan kepada anak-anak sepanjang tahun.

Tradisi ini berkembang sehingga benang merah diganti menjadi amplop merah dan koin diganti menjadi uang kertas. Karena itulah istilah yasuiqian diganti menjadi hongbao, yang berarti amplop merah. Di Indonesia sendiri, hongbao biasanya disebut fungpao dalam bahasa Hakka dan angpao dalam bahasa Hokkien. Dalam praktiknya, pemberian angpao dilakukan oleh orang yang lebih tua, sudah bekerja, dan sudah berkeluarga dengan tujuan membagikan rezeki kepada yang lebih muda.

Ternyata pemberian angpao ini berdampak pada perputaran ekonomi, terutama di Asia. Sebulan saat perayaan tahun baru di Tiongkok pada tahun 2022, perputaran uang di sektor ritel dan makanan naik sebesar 12,7% di angka 310 miliar yuan (Rp692 triliun). Perputaran uang di Tiongkok paling cepat terjadi di platform pembayaran online, karena metode pembayaran online di Tiongkok lebih digemari. Dilansir dari laman fitchsolutions, dalam satu minggu perayaan Imlek di Tiongkok tahun 2022, terdapat nilai transaksi sebesar 6,3 trilun Yuan (Rp14.000 triliun).

Tingginya perputaran uang di Tiongkok selama Imlek ini terjadi karena konsumsi masyarakat yang melonjak naik, terutama untuk belanja makanan, hadiah dan kebutuhan Imlek lainnya. Selain itu, banyak juga yang memanfaatkan momen libur Imlek untuk bepergian ke negara tujuan wisata di Asia, seperti ke Korea Selatan, Makau, Thailand dan Singapura.

 Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut