Ada Apa Akseleran di Q3 2022?

0
142
Ada Apa Akseleran di Q3 2022?

Memasuki kuartal ketiga di tahun 2022, PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia (Akseleran) kembali menggelar Webinar Lender Gathering pada Selasa, 6 September 2022. Pada kegiatan yang diselenggarakan secara daring ini, Akseleran menyampaikan pencapaian hingga akhir Juli 2022 yang mana sudah berhasil menyalurkan dana lebih dari Rp 5,4 triliun. Acara ini turut dihadiri oleh Group CEO & Co-Founder Akseleran Ivan Tambunan, Chief Marketing Officer Akseleran Andri Madian, Chief Risk Officer Akseleran Faizal Purwanto dan dipandu moderator SVP Corporate Communication Akseleran Rimba Laut.

Membuka agenda Lender Gathering, Group Group CEO & Co-Founder Akseleran, Ivan Tambunan, secara keseluruhan mengungkapkan bahwa pihaknya terus menggenjot angka penyaluran pendanaan dengan tetap berkomitmen menjaga angka Non-Performing Loan (NPL) dibawah 0,1%. Angka NPL yang rendah ini salah satunya disebabkan oleh proporsi borrower yang didominasi oleh borrower lama yang sudah pernah meminjam dana di Akseleran. Dengan demikian, baik Akseleran maupun lender dapat melihat historis pembayaran borrower. Meski  begitu, Akseleran juga tetap gencar memberi peluang pada borrower baru 5.7% dengan tetap mengedepankan mitigasi risiko.

Dari sisi pertumbuhan, saat ini produk employee loan merupakan salah satu produk yang sedang bertumbuh pesat. Produk anyar yang mulai dirintis sejak Januari 2021 ini merupakan pinjaman karyawan yang disokong dari gaji dengan perusahaan. “Dari segi risiko, employee loan ini sangat minim risiko karena Akseleran bekerja sama dengan perusahaan terkait. Bahkan sampai saat ini, NPL employee loan masih 0%” tutur Ivan.

Chief Risk Officer Akseleran, Faizal Purwanto, menyampaikan bahwa pihaknya terus berupaya menggawangi TKB90 di angka 90%. Hal ini dilakukan dengan melakukan pendekatan kepada payor atau pihak pembayar. Dengan begitu, risiko terjadinya gagal bayar relative lebih rendah karena Akseleran telah menganalisis kemampuan bayarnya. Faizal mengatakan yang menjadi cara andalannya untuk memitigasi risiko adalah melakukan all-side validation baik ke payor, supplier dan pihak lain yang relevan.

Dari sisi user experience, Chief Marketing Officer Akseleran, Andri Madian, menyampaikan beberapa fitur unggulan Akseleran. Fitur auto lending masih menjadi primadona yang ditawarkan, dimana melalui fitur ini lender dapat terus menyalurkan pendanaan sesuai kriteria yg diinginkan tanpa harus mengecek aplikasi Akseleran terus menerus. Fitur ini tentu berguna bagi para lender yang memiliki kesibukan sehingga tidak sempat memeriksa aplikasi secara berkala untuk melihat peluang pendanaan baru. Saat ini, fitur auto lending sudah dapat digunakan juga untuk mendanai produk employee loan yang sebelumnya hanya bisa dilakukan secara manual.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut