2 Hal yang Paling Menyedot Waktu Tanpa Kamu Sadari

0
307
2 Hal yang Paling Menyedot Waktu Tanpa Kamu Sadari

Hidup di zaman yang serba cepat membuat kita seringkali terjebak dalam kesibukan yang memakan waktu. Padahal, waktu adalah aset yang sangat berharga dan tidak bisa diulang kembali. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengelola waktu dengan baik agar bisa mencapai tujuan hidup yang diinginkan.

Namun, terkadang kita tidak menyadari bahwa ada dua hal yang paling menyedot waktu kita tanpa kita sadari. Hal ini dibahas dalam buku Make Time karya Jake Knapp, yaitu infinity pool dan busy bandwagon.

Infinity pool adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan dunia maya yang tak ada habisnya. Saat kita membuka sosial media atau situs web yang kita sukai, kita seringkali terjebak dalam “infinity pool” yang memakan waktu tanpa kita sadari. Kita melupakan waktu dan terus memperbarui halaman, menggulir berita, atau menonton video sampai tanpa terasa waktu yang telah kita habiskan.

Busy bandwagon, adalah fenomena sosial di mana kita merasa terjebak dalam rutinitas harian yang penuh dengan kegiatan yang tidak produktif. Kita menganggap bahwa semakin sibuk kita, maka semakin produktif pula. Padahal, kita hanya mengejar kegiatan-kegiatan yang tidak efektif atau bahkan tidak perlu dilakukan.

Kedua hal ini adalah penyebab utama dari hilangnya waktu kita secara tidak sadar. Infinity pool memakan waktu kita dengan terus-menerus mengonsumsi informasi dan hiburan yang tak berkesudahan, sementara busy bandwagon memakan waktu kita dengan menjalani rutinitas harian yang tidak efektif. Dalam jangka panjang, hal ini dapat menyebabkan kita kehilangan fokus dan tujuan hidup yang sebenarnya.

Penting bagi kita untuk mengenali kedua hal ini dan mencari cara untuk menghindarinya. Salah satunya adalah dengan membuat jadwal dan menentukan prioritas yang tepat. Kita harus memahami bahwa waktu adalah aset yang berharga dan harus dihargai dengan cara mengalokasikan waktu kita dengan baik. Dengan meminimalisir infinity pool dan busy bandwagon, kita dapat memiliki waktu yang lebih produktif dan efektif.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut