5 Instrumen yang Bisa Dijadikan Warisan

1
501
5 Instrumen yang Bisa Dijadikan Warisan

Meski saat ini masih dalam usia yang cukup muda, namun tak dapat dipungkiri bahwa keinginan untuk menyiapkan peninggalan sebagai wujud kesiapan finansial adalah impian bagi banyak orang. Mempersiapkan peninggalan atau warisan ini biasanya kita lakukan sebagai wujud kecintaan kepada keluarga yang dimiliki. Namun, seringkali kita masih ragu dalam mempersiapkannya karena belum mengenal berbagai pilihan instrumen warisan yang tepat. Sesungguhnya, ada banyak instrumen yang bisa dijadikan sebagai warisan. Apa saja instrument tersebut?

1. Tabungan dan Deposito

Tabungan dan deposito adalah salah satu instrumen paling umum untuk mengumpulkan dana. Berbeda dengan tabungan yang bisa diambil sewaktu dibutuhkan, deposito hanya bisa diambil ketika sudah jatuh tempo. Saat ini, baik tabungan dan deposito sudah bisa dilakukan secara online dengan berbagai keuntungan.

2. Emas

Emas adalah salah satu instrumen yang paling disukai untuk disiapkan sebagai warisan, karena dalam jangka panjang, nilai emas cenderung selalu meningkat. Namun ada hal yang perlu diperhatikan jika memilih instrumen emas. Emas memiliki selisih biaya beli dan jual, dan juga harus disimpan dengan baik agar keamanannya terjaga.

3. Properti

Properti memiliki potensi investasi yang menjanjikan karena harganya berangsur naik di masa depan. Di lain sisi, properti juga termasuk dalam harta tidak bergerak, sehingga biasanya lebih sulit untuk dicairkan maupun pembagian dalam hal warisan. Jika memutuskan rumah untuk dijadikan warisan, maka akan ada biaya maintenance yang harus dialokasikan. Biaya maintenance ini meliputi biaya operasional air, listrik, kebersihan, dan perawatan lainnya.

4. Asuransi Jiwa

Apabila kita memiliki asuransi jiwa, ahli waris akan menerima sejumlah uang (uang pertanggungan) bila tertanggung atau nasabah tutup usia. Uang tersebut akan menjadi warisan bagi keluarga untuk melanjutkan hidup.

5. Saham

Investasi saham akan mendatangkan keuntungan yang tinggi apabila kinerja perusahaan terus bergerak ke arah yang positif. Cara mewariskan saham merujuk pada Pasal 57 UUPT yang mengatur ketentuan dalam pemindahan hak atas saham yang harus mendapatkan persetujuan dari instansi berwenang serta pemegang saham melalui Rapat Umum Pemilik Saham (RUPS).

Nah, pilihan instrumen di atas bisa jadi pilihan generasi muda kayak kita untuk bisa menyiapkan warisan. Bagaimanapun juga, kesejahteraan keluarga adalah hal yang utama.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut