Tips Belajar Bahasa Asing Secara Otodidak

0
606
Tips Belajar Bahasa Asing Secara Otodidak

Kemampuan menguasai bahasa asing menjadi sebuah dasar yang akan menguntungkan bila dimiliki oleh seseorang. Dengan memiliki kemampuan berbahasa asing tentunya akan membuka kesempatan untuk lebih mengenal dunia lebih luas tanpa batas. Tak usah ragu belajar bahasa asing secara otodidak, kamu bisa belajar dengan cara yang menyenangkan. Simak tips berikut ini.

1. Tentukan tujuanmu

Dalam memulai sesuatu, tujuan merupakan hal yang penting, tak terkecuali ketika kamu ingin belajar bahasa baru. Tetapkan motivasi mu ketika ingin belajar bahasa asing. Apakah karena kamu ingin kuliah, bekerja di perusahan multinasional, atau belajar dan menambah wawasan. Apapun motivasi kamu, kamu harus memahaminya terlebih dahulu alasan kamu belajar bahasa asing. Tujuan ini penting karena nantinya akan menentukan juga apakah ingin mempelajari bahasa asing secara verbal, non-verbal, atau keduanya. Jika tujuanmu untuk kuliah di luar negeri, maka kemampuan bahasa secara verbal dan tertulis menjadi penting. Lain halnya jika kamu belajar untuk mengisi waktu luang, kamu bisa mempelajari salah satunya saja.

2. Gunakan bantuan teknologi

Di era digital saat ini, kamu dapat memanfaatkan teknologi untuk membantumu belajar bahasa asing secara otodidak. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi belajar bahasa asing yang ada di ponsel, atau bisa juga menonton kanal youtube yang memberikan pembelajaran bahasa asing.

3. Belajar kosakata sehari-hari

Sebagai langkah awal, pelajari lah kata yang sering digunakan sehari-hari. Setelah mempelajarinya, kamu bisa berlatih untuk membuat kalimat, sambil belajar menyusun tata bahasa sederhana dengan kata-kata tersebut. Cara ini tentunya akan lebih mudah untuk belajar bahasa asing.

4. Praktikan pada percakapan sehari-hari

Setelah kamu memulai mempelajari kosakata sehari-hari, cobalah untuk mempraktekannya sebagai percakapan sehari-hari. Dengan begini kamu akan lebih familiar dengan bahasa yang kamu pelajari dan kamu lebih mudah mengingat kosata tersebut.

5. Manfaatkan film, serial, dan lagu berbahasa asing

Salah satu cara yang menyenangkan dalam mempelajari bahasa asing adalah sambil melakukan hal yang kamu sukai seperti mendengarkan lagu atau menonton film dalam bahasa asing. Selain terhibur, hal ini juga akan mempermudah kamu untuk menemukan kosakata baru.

6. Percaya diri

Terakhir, kamu harus menanamkan rasa percaya diri saat akan belajar Bahasa asing. Banyak orang takut membuat kesalahan dalam bahasa sehingga tidak percaya diri, padahal ini dapat menghambat proses belajarmu. Kesalahan-kesalahan tersebutlah justru yang akan membuatmu berkembang hingga menguasai bahasa asing secara otodidak.

Itu lah tips belajar bahasa asing secara otodidak. Semoga berhasil!

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 12% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut