Apa Perbedaan Pandemi, Epidemi, dan Endemi?

0
156
Apa Perbedaan Pandemi, Epidemi, dan Endemi?

Saat ini pemerintah Indonesia sedang menyiapkan transisi status pandemi Covid-19 menuju endemi. Hal ini disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada konferensi pers pada Selasa (1/3). Lantas, apa itu endemi dan perbedaannya dengan pandemi dan epidemi? Yuk, cari tahu!

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, Center for Disease Control and Prevention (CDC), endemi merupakan penyakit yang menjangkit suatu daerah atau populasi masyarakat tertentu. Sebuah penyakit dapat dikategorikan sebagai endemi jika terjadi secara konsisten dan memang terjadi di sebuah populasi atau di sebuah area geografis.

Perbedaan endemi dan epidemi yang paling mencolok adalah jangkauan epidemi yang lebih besar dan menyebar. Suatu daerah dapat dikatakan mengalami epidemi, jika tingkat keparahan penyebaran suatu penyakit lebih besar ke wilayah yang lebih luas. Penularan terjadi dengan cepat sehingga sulit dihambat.

Sedangkan pandemi adalah sebuah wabah penyakit yang menyebar secara global atau pada geografis yang luas. Pandemi merujuk pada wabah epidemi yang sudah menyebar di negara-negara atau benua, dan berpengaruh bagi banyak orang. Menurut CDC, pandemi merupakan sebuah endemi yang sudah menyebar di beberapa negara atau benua dan berpengaruh bagi sejumlah besar orang. Pandemi dinyatakan jika ada penyakit baru dan orang-orang tidak memiliki kekebalan terhadap penyakit tersebut, sehingga penyebarannya ke seluruh dunia bisa sangat cepat di luar dugaan.

Nah, itulah penjelasan mengenai endemi, epidemi, dan pandemi, serta perbedaan dari ketiganya.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 12% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut