5 Hal yang Harus Dipersiapkan Agar Tidak Menjadi Beban Keuangan di Masa Tua

0
215
5 Hal yang Harus Dipersiapkan Agar Tidak Menjadi Beban Keuangan di Masa Tua

Menjadi generasi ‘sandwich’, yaitu generasi yang harus menanggung beban keuangan keluarga, merupakan tanggung jawab yang tidak bisa dihindari. Agar kita tidak menjadi beban keuangan anak dan keturunan di hari senja kelak, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Apa saja hal yang harus dipersiapkan agar tidak menjadi beban keuangan di masa tua?

1. Hitung Pengeluaran Rutin dan Perencanaan Masa Pensiun

Mulailah dengan menghitung pengeluaran rutin yang akan kamu hadapi di masa pensiun. Perkirakan umur target mulai pensiunmu dan kalikan dengan perkiraan harapan hidup. Dengan demikian, kamu dapat memiliki gambaran yang jelas tentang berapa banyak uang yang harus disiapkan untuk memenuhi kebutuhan hidupmu di masa tua.

2. Tabungan untuk Masa Tua

Mulailah menyisihkan sebagian penghasilanmu untuk tabungan masa tua. Meskipun jumlahnya tidak perlu besar, yang penting adalah konsistensi dalam menyisihkan sebagian pendapatan untuk masa depan. Dengan memulai menyisihkan uang sejak dini, kamu dapat membangun tabungan yang cukup untuk mendukung kehidupanmu di masa tua.

3. Asuransi Kesehatan

Miliki asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Asuransi kesehatan dapat melindungimu dari beban keuangan yang besar akibat biaya perawatan kesehatan di masa tua. Pilihlah asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan yang memadai dengan premi yang terjangkau.

4. Gaya Hidup Sehat dan Sederhana

Menerapkan gaya hidup sehat dan sederhana dapat membantu menghindari masalah kesehatan yang memerlukan biaya perawatan yang tinggi di masa tua. Jaga pola makan yang seimbang, rutin berolahraga, hindari kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol yang berlebihan. Dengan menjaga kesehatanmu dengan baik, kamu dapat mengurangi risiko masalah kesehatan yang membebani keuanganmu di masa tua.

5. Kelola Hutang dengan Bijak

Miliki manajemen hutang jangka panjang yang baik dan terukur. Hindari mengambil hutang yang tidak diperlukan dan pastikan kamu mampu mengelola hutang yang telah diambil dengan baik. Hutang yang tidak terkendali dapat menjadi beban finansial yang berat di masa tua ketika pendapatanmu sudah tidak produktif. Jaga kedisiplinan dalam membayar cicilan hutang dan sebisa mungkin hindari hutang dengan bunga tinggi.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut