5 Alasan Investasi Equity Crowdfunding

0
2910

Anda mungkin pernah mendengar istilah equity crowdfunding. Equity crowdfunding menawarkan kemudahan bagi para pengusaha startup dan UKM dalam menggalang dana. Dalam skema equity crowdfunding, pengusaha dapat menggalang dana tanpa terbebani agunan, kewajiban pembayaran bunga dan pokok investasi. Dengan equity crowdfunding, perusahaan penggalang dana hanya perlu menawarkan bagian saham di perusahaannya sebagai kompensasi atas investasi yang diberikan. Dengan begitu para investor akan mendapatkan sebagian kepemilikan perusahaan dan menerima hasil keuntungan perusahaan sesuai besaran saham yang mereka miliki.

Belakangan ini semakin banyak investor yang memilih untuk berinvestasi pada usaha startup menggunakan skema equity crowdfunding. Setiap investor memiliki alasan masing-masing. Namun, kami telah merangkum 5 alasan utama mengapa para investor ini memilih untuk berinvestasi dengan equity crowdfunding.

5 Alasan Investasi Equity Crowdfunding

Utamanya, selain untuk membantu usaha Anda, investor memberikan sebagian uang mereka untuk mendapatkan hasil keuntungan. Pada dasarnya walaupun bukan menjadi satu-satunya alasan, prospek keuntungan finansial tetap menjadi alasan utama mengapa seseorang memilih untuk berinvestasi. Sebagian investor mengharapkan pengembalian keuntungan atas investasi mereka dalam jangka tertentu dengan jumlah tertentu, sebagian lagi lebih fleksibel dalam menentukan waktu pengembalian dan jumlah pengembalian sehingga mereka lebih cocok dengan sistem equity crowdfunding. Yang paling menarik, keuntungan yang bisa diraih dalam investasi equity crowdfunding tidaklah terbatas, tergantung dari keuntungan yang diraih usaha terkait dan kenaikan nilai dari usaha terkait.

Kebangkitan Mini-angel

Investasi equity pada usaha tahap awal sering menjadi sebuah klub eksklusif yang hanya terbuka bagi mereka yang memiliki akses ke modal dalam jumlah besar. Pasar equity crowdfunding memberikan akses kepada mereka yang secara tradisional tidak mendapat akses atau kesempatan untuk berinvestasi pada usaha tahap awal. Melalui platform equity crowdfunding, setiap orang dapat melihat kesempatan investasi equity pada usaha tahap awal yang ada dan berinvestasi dalam jumlah yang tidak harus besar. Selama mereka dapat melakukan investasi dengan bijaksana, hal ini memungkinkan investor kecil menjadi bagian dari sistem ekonomi ​​investasi tahap awal.

Runtuhnya Tembok Batasan Geografis

Salah satu daya tarik utama crowdfunding adalah menghilangkan hambatan geografis. Denga adanya platform equity crowdfunding yang berbasis online, sekarang setiap investasi equity pada usaha tahap awal dapat bersifat global. Tidak ada batasan untuk berinvestasi pada perusahaan di daerah atau bahkan negara yang berbeda.

Teknologi yang Memudahkan

Teknologi dan aplikasi baru sangat memperluas basis investor potensial untuk equity crowdfunding. Pengumpulan investasi di pasar untuk equity crowdfunding sebagian besar berbasis online. Proses investasi ini jauh lebih efisien daripada proses investasi tradisional. Investor sekarang dapat dengan mudah melihat beberapa usaha menengah dan startup melalui platform equity crowdfunding dan kemudian mendapatkan informasi secara online mengenai usaha tersebut sebelum memulai investasi. Ini adalah faktor kunci dalam meningkatkan ukuran basis investor equity crowdfunding.

Mengikuti Crowd

Proyek yang didanai dengan baik dapat menimbulkan rasa ingin tahu dan minat bagi investor lain. Investasi yang berhasil dapat berbicara banyak mengenai investasi tersebut dan cenderung menghasilkan ketertarikan lebih jauh. Hal ini sangat relevan untuk bisnis yang memiliki basis penggemar yang mapan dan aktif. Perusahaan yang berhasil ini seringkali overfunded selama rencana bisnisnya tetap solid dari waktu ke waktu. Perilaku ini juga dapat menarik para angel investor untuk mencari peluang melalui crowdfunding. Dinamika gabungan ini benar-benar dapat membantu menumbuhkan basis investor di ranah equity crowdfunding.

Bagaimana menurut Anda mengenai peluang berinvestasi ini? Ingin mulai berinvestasi?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here