4 Hal yang Tanpa Disadari Bikin Kantong Kering

0
244
4 Hal yang Tanpa Disadari Bikin Kantong Kering

Terkadang kita tidak sadar bahwa hal kecil merupakan awalan yang bisa menjadi hal besar, termasuk kebiasaan-kebiasaan kecil yang tanpa kita sadari bikin kantong kering. Kalau selama ini kamu merasa masih susah mengatur keuangan, kamu bisa memulainya dengan mengutamakan pengeluaran yang lebih penting atau mengubah kebiasaan yang nggak pake mahal.

Bagi orang yang sulit mengatur keuangan terkadang berpikir kalau semua hal yang mereka uangkan bersifat penting. Padahal ada saja, lho, beberapa kebiasaan yang mungkin menurutmu urgent tapi ternyata malah bikin dompet menipis. Yap, alih-alih mengeluarkan uang untuk mengobati stres, kamu justru mengeluarkan uang untuk hal yang nggak penting. Kira-kira apa saja yang membuat kantong kering?

1. Ngopi cantik setiap hari

Kebiasaan ngopi seakan menjadi primadona khususnya bagi milenial saat ini. Minuman kekinian ini banyak menjadi favorit orang-orang saat ini, terlebih dengan harga yang murah membuat kamu tidak sadar bahwa kebiasaan ini juga bikin kantong kering. Misalnya segelas es kopi susu yang dibanderol seharga Rp 20 ribu jika kamu konsumsi setiap hari dalam satu bulan, artinya kamu telah menghabiskan uang sebesar Rp600 ribu hanya untuk ngopi. Tentu bukan jumlah yang sedikit bukan?

2. Barang diskon yang murah

Siapa yang tak tergoda saat melihat promo diskon? Bahkan yang sebelumnyanya tidak ingin membeli pun jadi tergiur untuk membeli barang tersebut dengan dalih agar lebih untung. Jika kamu tak ingin dompet menipis, hindari diskon seperti ini jika kamu tidak benar-benar membutuhkan barang-barang tersebut. Tahan diri kamu agar tidak tergiur dengan berbagai promo yang ditawarkan.

3. Biaya admin bank

Kamu mungkin punya banyak keperluan yang mengharuskan kamu untuk melakukan transfer antar bank. Namun orang-orang seringkali melupakan ada biaya administrasi yang ikut terpotong ketika melakukan transfer antar bank sebesar Rp6.500. Mungkin terdengar sedikit, padahal kalau dikumpulkan biaya tersebut bisa kamu manfaatkan untuk kebutuhan lain yang lebih penting.

4. Pesan makanan online

Di era digital seperti sekarang, pesan makanan online dengan segala kemudahan yang ditawarkan memang seakan menjadi penyelamat. Bagaimana tidak, kamu tak lagi perlu repot-repot keluar rumah ketika ingin membeli makan, atau hanya sekedar mencari camilan. Memesan makanan melalui aplikasi online tentu tidak ada salahnya kalau sesekali dilakukan. Namun jika kamu tidak menggunakannya dengan bijak, justru kita akan lebih boros karena terlena dengan semua kemudahannya. Jangan sampai hanya karena “lapar mata”, kamu jadi menghabiskan uang melebihi budget.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 12% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut