Inilah 4 Cara Meraih Kekayaan

0
281
Inilah 4 Cara Meraih Kekayaan

Apakah pernah terlintas dalam pikiranmu bagaimana seseorang bisa menjadi kaya? Mungkin kamu bertanya-tanya apakah orang yang berasal dari keluarga biasa, tanpa warisan dan tanpa koneksi, dapat mencapai kekayaan yang mereka usahakan dari nol?

Sebuah riset yang dilakukan oleh konsultan keuangan bernama Thomas Corley pada tahun 2004 mengungkapkan hal menarik. Riset ini melibatkan 233 individu kaya Amerika dari berbagai profesi, dengan kekayaan minimal sebesar $3,2 juta dolar (setara dengan Rp68 miliar pada tahun 2023). Dalam penelitian tersebut, 75% dari responden membangun kekayaan mereka dari awal, bukan didapatkan melalui warisan. Berdasarkan riset ini, terdapat empat cara yang umum digunakan oleh orang-orang untuk mencapai kekayaan dalam hidup mereka.

1. The Saver and Investor

Mereka yang mengikuti cara ini mencapai kekayaan dengan cara menghemat, menabung, berinvestasi, dan menjaga gaya hidup mereka. Sekitar 22% dari total responden termasuk dalam kategori ini. Rata-rata mereka baru mencapai kekayaan sebesar 1 juta dolar pada akhir usia 30 tahun dan mencapai kekayaan sebesar $3,3 juta setelah rutin menabung dan berinvestasi selama 33 tahun. Meskipun mereka tidak memiliki penghasilan rutin yang besar, namun mereka memanfaatkan efek compounding dalam investasi. Sebagai contoh, ada seorang petugas kebersihan bernama Ronald Read. Sejak tahun 1959, ia dengan tekun menabung dan berinvestasi di saham. Ketika ia meninggal pada tahun 2014, Ronald mewariskan kekayaan sebesar $8 juta atau setara dengan Rp112 miliar.

2. Company Climber

Cara kedua adalah naik jabatan di perusahaan, atau yang biasa disebut Company Climber. Dalam strategi ini, seseorang mencapai kesuksesan finansial dengan mengejar karir di perusahaan besar dan mencapai jabatan tinggi. Melalui jabatan tersebut, mereka mengumpulkan kekayaan bukan hanya melalui gaji, tetapi juga melalui bonus dan kompensasi lainnya. Sebanyak 31% responden dalam riset ini termasuk dalam kategori ini. Rata-rata mereka membutuhkan waktu 22 tahun untuk mencapai kekayaan sebesar $3,4 juta pada tahun 2004.

3. Virtuoso

Cara ketiga adalah dengan keahlian khusus atau disebut dengan Virtuoso. Dalam cara ini, seseorang membangun kekayaan dengan mengasah kemampuan mereka hingga menjadi ahli dalam bidang tertentu, sehingga mereka dapat mendapatkan bayaran yang tinggi. Sekitar 19% dari responden dalam riset ini mencapai kekayaan melalui jalur ini. Rata-rata mereka membutuhkan waktu 20 tahun untuk mencapai kekayaan sebesar $4 juta pada tahun 2004.

4. The Dreamer Path

Cara terakhir adalah The Dreamer Path. Orang-orang yang mengambil jalur ini adalah para pengusaha, pendiri perusahaan, dan inovator yang menciptakan konsep baru. Sebanyak 28% responden dalam riset ini memilih strategi ini dan berhasil mengakumulasi kekayaan bersih sebesar $7,4 juta hanya dalam waktu 12 tahun. Secara teoritis, cara The Dreamer Path ini merupakan jalur yang paling cepat dan memiliki nilai kekayaan yang tinggi dibandingkan dengan strategi lainnya. Namun, di sisi lain, strategi ini juga merupakan jalur yang paling sulit, penuh risiko, menimbulkan stres, dan sering kali menghadapi kegagalan.

Dari hasil riset Thomas Corley ini, kita dapat belajar bahwa secara garis besar, terdapat empat cara untuk mencapai kesuksesan finansial. Semua jalan tersebut membutuhkan proses yang panjang dan komitmen yang kuat. Tidak ada jalan instan untuk meraih kekayaan, namun dengan kesabaran, kerja keras, dan disiplin yang tepat, setiap individu memiliki potensi untuk mencapai kebebasan finansial yang diinginkan.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut