3 Program Pengembangan UMKM dari Pemerintah

0
1270
3 Program Pengembangan UMKM dari Pemerintah

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting sebagai tonggak perekonomian Indonesia. Pemerintah mengakui pentingnya mendukung dan mengembangkan sektor UMKM, karena hal ini akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi negara. Oleh karena itu, pemerintah telah meluncurkan berbagai program untuk memberikan dukungan kepada UMKM. Dengan adanya program-program pengembangan UMKM, diharapkan sektor UMKM dapat semakin berkembang, berdaya saing, dan berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi nasional.

Berikut 3 program pengembangan UMKM dari pemerintah:

1. Program AKSES 2023

AKSES 2023 merupakan program yang diluncurkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan tujuan memberikan pendanaan kepada UMKM, terutama yang bergerak di bidang industri pariwisata dan kreatif. Program ini memberikan kesempatan bagi UMKM untuk mendapatkan akses pendanaan yang dapat membantu mereka mengembangkan usaha mereka. Untuk mengikuti program ini, UMKM dapat mendaftar secara online melalui situs https://akses-kemenparekraf.lbs.id/.

2. Program Pembinaan UMKM dari Kemenkeu

Program Pembinaan UMKM dari Kementerian Keuangan merupakan kegiatan pemberdayaan UMKM melalui digitalisasi dan globalisasi, mulai dari pendanaan, pemasaran dalam ekosistem digital, hingga pelatihan ekspor agar UMKM dapat bersaing di pasar global. Tujuan dari program ini adalah untuk memperbesar kapasitas bisnis UMKM agar lebih mudah meningkatkan keuntungan jangka panjang dan bertahan di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat.

3. Program QRIS

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah program dari Bank Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap transaksi digital. Program ini tidak hanya memberikan keuntungan bagi para pelaku usaha, tetapi juga memberikan kemudahan bagi konsumen. Dengan QRIS, transaksi digital menjadi lebih mudah, cepat, dan aman. Hal ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan UMKM yang menggunakan transaksi digital serta meningkatkan inklusi keuangan di kalangan UMKM.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut