Hal-Hal yang Bisa Kamu Lakukan dengan Uang 100 Ribu

1
5887
Uang 100 ribu

Nominal uang 100 ribu dari tahun ke tahun memang tidak berubah. Namun, tidak demikian dengan nilainya. Hal ini tak lain dikarenakan pengaruh inflasi uang dan semakin tingginya harga barang-barang yang diperjualbelikan.

Ilustrasi sederhananya, ambil contoh pada tahun 2010 saat harga 1 USD setara dengan sekitar Rp7.470,00. Artinya dengan uang 100 ribu di tahun itu, kamu bisa membeli barang-barang dengan nilai total sekitar 13 USD. Sementara itu di tahun 2020, nilai 1 USD setara dengan nilai Rp13.892,00. Artinya dengan uang 100 ribu di tahun ini, kamu hanya bisa membeli barang-barang dengan total nilai sekitar 7 USD saja. 

Karena itu, lebih cermat dalam membelanjakan uang adalah cara terbaik yang dapat kamu lakukan untuk menjaga keamanan finansial. Nasihat old school ini jadi semakin penting saat berbagai macam produk dan jasa semakin membombardirmu dari berbagai sisi, terutama media sosial. Setidaknya, cobalah untuk mengalokasikan selembar uang 100 ribu yang kamu miliki dengan beberapa hal yang lebih “bernilai” seperti berikut.

  • Berkreasi Sendiri di Dapur

Kamu suka dengan tren food and beverage yang seakan tak pernah ada matinya? Eits, tidak apa-apa kok kalau kamu menikmati segelas kopi kekinian untuk membangkitkan mood. Namun, jika frekuensinya cukup tinggi sementara kamu pun sebenarnya masih punya kebutuhan lain, coba kembali pertimbangkan.

Normalnya, uang 100 ribu dapat membeli 2 sampai 3 gelas kopi atau minuman kekinian. Semetara itu jika membuat sendiri, harga total bahan baku yang kamu butuhkan bahkan dapat kurang dari 50 ribu rupiah. Selain itu, bahan-bahan tersebut juga dapat digunakan untuk beberapa porsi sehingga kamu pun dapat membuatnya lagi di hari-hari berikutnya.

Pun demikian dengan makanan. Seporsi rice box dengan harga sekitar Rp35.000,00 dapat kamu buat sendiri dengan lebih hemat. Bonusnya lagi, kamu bisa mengontrol sendiri kesegaran bahan-bahan yang dibutuhkan—berikut kalorinya sehingga dapat sekaligus menerapkan gaya hidup lebih sehat. 

  • Piknik ke Ruang Terbuka Hijau

Kapan kali terakhir kamu menikmati serunya menghabiskan waktu di taman rindang atau ruang terbuka hijau lainnya? Bila terlalu lama sampai kamu tak lagi mengingatnya dengan baik, sekarang saatnya untuk mengganti quality time di kafe dengan piknik di alam.

Ruang terbuka hijau di perkotaan biasanya tidak mensyaratkan tiket yang mahal—tidak sedikit juga yang gratis. Di Jakarta misalnya, kamu bisa ke Ragunan. Tarif masuk yang dikenakan pun sangat terjangkau, yakni Rp4.000,00. Dengan selembar uang 100 ribu, kamu bahkan masih akan mendapat kembalian dengan jumlah cukup banyak.

Kamu pun tentunya dapat memanfaatkan sisa uang untuk memenuhi kebutuhan piknik lain seperti membawa aneka makanan dan minuman ringan. Agar pengalaman piknik lebih seru, gunakan outfit yang nyaman.

  • Modal Bisnis

Tidak semua bisnis memerlukan modal yang sangat besar. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan uang 100 ribu untuk modal bisnis pulsa. Usaha ini memiliki risiko yang relatif kecil terutama untuk kategori bisnis yang belum terlalu besar. Lagipula di zaman sekarang, siapa yang tidak butuh pulsa, bukan?

Kalau kamu seorang mahasiswa, coba untuk berjualan kue atau makanan lainnya. Sebagian besar mahasiswa di kelas pagi khususnya, sering melewatkan waktu sarapan dengan alasan klasik: tidak sempat. Manfaatkan kesempatan ini dengan membawa kue atau bungkusan nasi. Pun, tidak ada salahnya jika kamu juga menjual minuman bila pasar cukup potensial.

Selain dua hal tadi, masih ada banyak ide memutar uang 100 ribu yang kamu miliki untuk menghasilkan keuntungan. Kuncinya adalah dengan jeli mengamati apa yang menjadi kebutuhan pasar. Cobalah mengamati dari hal-hal yang ada di sekitarmu agar kamu pun tak terlalu kelimpungan saat memenuhinya.

panduan-pinjaman-ukm

Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan dengan uang 100 ribu rupiah. Kamu dapat memanfaatkannya untuk kebutuhan konsumsi atau justru menjadi hal yang lebih produktif. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

voucher promo akseleran blog blog100

Akseleran Apps

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.