Semakin Sehat, Ini 7 Manfaat Berjemur di Pagi Hari

0
428
manfaat berjemur di pagi hari

Lahir dan tinggal di negara tropis seperti Indonesia merupakan anugerah tak terkira. Bagaimana tidak? Sepanjang tahun kita mendapatkan cahaya matahari dengan intensitas cukup, rata-rata 12 jam per hari. Lain halnya dengan negara subtropis yang panjang waktu siangnya bisa lebih panjang pada musim panas, lebih singkat pada musim dingin.

Sinar matahari di pagi hari yang hangat bisa kamu nikmati sambil berolah raga atau melakukan aktivitas-aktivitas ringan. Bukan tanpa sebab, ini dia tujuh manfaat berjemur di pagi hari.

Memperkuat Tulang

Kalsium merupakan zat yang sangat diperlukan untuk memelihara kepadatan tulang dan gigi. Tak hanya dari susu yang diperkaya kalsium seperti yang sering kita lihat dalam iklan, kalsium juga dapat kita peroleh dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Misalnya, alpukat, bayam, ikan salmon, keju, dan kacang kedelai.

Selain dari makanan, kita juga perlu memenuhi kebutuhan kalsium dengan memanfaatkan sinar matahari. Sinar matahari dapat membantu tubuh untuk memproduksi vitamin D ketika kulit terpapar sinar ultraviolet. Oleh ginjal dan hati, vitamin D ini akan diubah menjadi vitamin D aktif yang membantu proses penyerapan kalsium. Agar bisa mendapatkan sinar matahari secara optimal, tidak cukup jika kita hanya berada di balik kaca jendela rumah atau kendaraan.

Menjaga Kesehatan Kulit

Takut kulitmu rusak jika berjemur di bawah sinar matahari? Jangan salah. Justru sinar matahari pagi sangat bermanfaat bagi kulit karena membantu tubuh memproduksi provitamin D. Provitamin D mempunyai banyak manfaat bagi kulit. Misalnya, mencegah penuaan dini, melembabkan, mengurangi peradangan kulit, dan menjadi tabir surya alami bagi kulit. Namun, jangan lupa untuk tetap memakai sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Membuat Tidur Lebih Berkualitas

Jika kamu sering mengalami sulit tidur atau insomnia, cobalah untuk satu waktu memaksa dirimu bangun pagi. Sinar matahari yang hangat akan membuat tubuhmu terbiasa untuk membedakan waktu pagi yang hangat dan malam yang dingin. Bayangkan jika selama 24 jam kamu hanya berada di dalam kalam dengan AC yang suhunya stabil. Waktu siang dan malam terasa tidak ada bedanya.

Selain membuat tubuh menyadari perbedaan waktu, sinar matahari juga membantu agar suhu tubuh lebih hangat. Suhu tubuh yang hangat dapat memperbaiki metabolisme tubuh sehingga jam biologismu lebih teratur. Maka, tidak ada salahnya menyempatkan diri untuk berjemur 10–15 menit setiap pagi.

Memperbaiki Mood

Sering uring-uringan karena masalah pekerjaan, keluarga, teman-teman, atau bahkan hal-hal sepele? Cobalah untuk berjalan-jalan di pagi hari karena salah satu manfaat berjemur di pagi hari ialah memberikan rasa bahagia. 

Rasa bahagia itu muncul karena sinar matahari pagi membantu tubuh melepas hormon serotonin, dopamin, dan endorfin. Ketiganya sering disebut hormon kebahagiaan dan mampu mengurangi stres. Tubuhmu juga akan terasa lebih bersemangat karena sinar matahari pagi membantu menekan hormon melatonin yang memberikan rasa lesu. 

Baca juga: Hal-Hal yang Bisa Kamu Lakukan dengan Uang 100 Ribu

Meningkatkan Fungsi Otak

Mudah lupa padahal masih muda? Konon katanya, mengisi teka-teki silang bisa jadi salah satu cara mencegahnya. Selain itu, cobalah untuk berjemur karena manfaat berjemur di pagi hari salah satunya meningkatkan fungsi otak. Sinar matahari pagi membantu pertumbuhan sel saraf di hipokampus yang berfungsi mengatur, membentuk, dan menyimpan memori. Tak hanya meningkatkan daya ingat, dalam jangka panjang, kebiasaan ini bisa mengurangi gejala Alzheimer di masa tua. 

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat berjemur di pagi hari yang mungkin belum banyak diketahui orang ialah menurunkan tekanan darah. Karena terpapar sinar matahari, senyawa NO (oksidan nitrat) pada kulit yang berfungsi mengatur tekanan darah, berubah menjadi lebih kecil. Efeknya, tekanan darah pun menurun.

Meningkatkan Imunitas

Di tengah cuaca yang mudah berubah dan gempuran virus Covid-19 yang belum usai, memelihara imunitas merupakan hal yang wajib dilakukan. Sebagai bagian dari PHBS (perilaku hidup bersih sehat), berjemur harus kamu masukkan dalam rutinitas. Selain meningkatkan penyerapan kalsium, vitamin D (yang terbentuk oleh tubuh dengan bantuan sinar matahari) memberikan efek imunomodulator, yakni membantu menjaga imunitas tubuh dan melawan penyakit.

Setelah mengetahui manfaat berjemur di pagi hari, sebaiknya kamu mulai melakukannya sebagai rutinitas wajib sebelum bekerja. Bagaimanapun juga, ini merupakan bentuk investasi untuk kesehatan. Tak hanya kesehatan, kamu juga perlu berinvestasi di tengah kondisi perekonomian yang tidak pasti. Yuk mulai pilih investasi yang paling sesuai untuk mengamankan asetmu. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].