Apa Itu Konsep Triple Bottom Line?

0
561
Apa Itu Konsep Triple Bottom Line?

Dalam era yang semakin sadar akan tanggung jawab sosial dan lingkungan, konsep Triple Bottom Line menjadi semakin relevan dalam mengukur kinerja bisnis. Triple Bottom Line mengakui bahwa kesuksesan bisnis tidak hanya diukur dari segi keuntungan finansial semata, tetapi juga melibatkan aspek sosial dan lingkungan yang lebih luas. Konsep ini mengajak perusahaan untuk mempertimbangkan dampak mereka terhadap manusia (people), planet (lingkungan), dan profit (keuntungan) secara seimbang.

Ketika bisnis menerapkan pendekatan Triple Bottom Line, mereka memperhatikan tiga unsur penting yang saling terkait. Lalu apa saja masing-masing unsur dalam Triple Bottom Line?

1. People (Manusia)

Aspek “people” dalam Triple Bottom Line berkaitan dengan dampak sosial yang dihasilkan oleh bisnis terhadap karyawan, masyarakat, dan stakeholders lainnya. Hal ini melibatkan keadilan sosial, keberagaman, hak asasi manusia, kepuasan karyawan, serta kontribusi positif terhadap masyarakat di sekitarnya. Bisnis yang sukses dalam dimensi ini menciptakan hubungan yang sehat dan saling menguntungkan antara perusahaan, karyawan, dan masyarakat.

2. Planet (Lingkungan)

Unsur “planet” dalam Triple Bottom Line berkaitan dengan dampak bisnis terhadap lingkungan alam. Ini melibatkan keberlanjutan lingkungan, penggunaan sumber daya alam yang bertanggung jawab, pengelolaan limbah, konservasi energi, dan perlindungan lingkungan. Perusahaan yang berfokus pada aspek ini berusaha mengurangi dampak negatif mereka terhadap lingkungan dan menerapkan praktik bisnis yang ramah lingkungan.

3. Profit (Keuntungan)

Meskipun “profit” (keuntungan) adalah unsur yang paling terlihat dan dikenal dalam bisnis, dalam konteks Triple Bottom Line, keuntungan dianggap sebagai alat untuk mencapai tujuan sosial dan lingkungan yang lebih luas. Keuntungan yang diperoleh perusahaan haruslah berkelanjutan dan diperoleh dengan cara yang etis. Dalam pendekatan Triple Bottom Line, bisnis bertujuan untuk menghasilkan keuntungan yang sehat sambil mempertimbangkan kesejahteraan manusia dan keberlanjutan lingkungan.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut