Tips Memulai Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

0
326
Tips Memulai Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Saat ini, semakin banyak ibu rumah tangga yang memilih untuk mengambil peran ganda sebagai pengusaha. Menjadi seorang ibu rumah tangga dan memulai bisnis rumahan bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan semangat dan keterampilan yang tepat, kamu dapat menjalankan bisnis yang sukses dari kenyamanan rumahmu sendiri.

Untuk membantumu memulai langkah ini, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membangun bisnis rumahan yang sukses. Dengan mengikuti tips ini, kamu dapat mengoptimalkan waktu dan sumber daya yang ada, serta menggapai kesuksesan dalam dunia bisnis tanpa mengorbankan peran sebagai ibu dan manajer rumah tangga.

1. Cari tahu minat dan keahlian

Kenali minat dan keahlian khusus yang kamu miliki, seperti memasak, membuat kue, menjahit, atau keterampilan lain yang dapat kamu jadikan modal bisnis rumahan. Dengan menjalani bisnis sesuai dengan minat, kamu akan lebih termotivasi dan bersemangat dalam menjalankan usaha.

2. Lakukan riset pasar

Sebelum memulai usaha, kenali target pasar yang potensial. Identifikasi pesaingmu dan pahami tren dalam industri yang kamu pilih. Hal ini akan membantumu mengembangkan strategi pemasaran yang efektif.

3. Buatlah business plan

Buatlah rencana bisnis terperinci yang mencakup visi, misi, tujuan, strategi pemasaran, dan perkiraan keuangan. Business plan akan menjadi panduanmu dalam mengelola usaha dan membantumu mengukur kemajuan yang telah kamu capai.

4. Manfaatkan teknologi

Buat akun bisnis di media sosial dan buat konten yang menarik untuk memperkenalkan produkmu. Manfaatkan kecanggihan teknologi dalam memasarkan usahamu kepada calon pelanggan.

5. Kelola keuangan dengan bijak

Buatlah catatan keuangan yang teratur dan akurat untuk memonitor pendapatan dan pengeluaran bisnismu. Penting untuk memisahkan keuangan pribadi dan bisnis dengan membuka rekening bank terpisah. Patuhi prinsip-prinsip dasar akuntansi agar keuangan bisnismu tetap teratur.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut