Sajian Khas Idul Fitri di Berbagai Negara

0
54

Salah satu yang ditunggu saat Idul Fitri adalah menu makanan spesial, mulai dari ketupat, opor ayam, hingga rendang. Seperti halnya di Indonesia, di negara-negara lain pun ada sajian khusus yang menyemarakkan suasana Idul Fitri. Berikut ini lima sajian spesial Idul Fitri dari berbagai negara di dunia.

  • Kahk (Mesir)

Kahk adalah biskuit tradisional Mesir yang disajikan pada saat hari raya, termasuk Hari Idul Fitri. Bentuknya bundar dengan rasa yang agak berbumbu dengan isian berupa kacang-kacangan, kurma, dsb. Membuat Kahk merupakan tradisi turun-temurun. Bahkan, di sejumlah bangunan peninggalan Mesir Kuno, di temboknya kerap ditemukan gambar relief Kahk.

  • Manti (Rusia)

Manti bisa dikatakan sebagai siomay ala Rusia. Di negara yang sebagian wilayahnya memiliki perpaduan Asia dan Eropa ini, menjelang Idul Fitri biasanya diisi dengan kesibukan memasak manti. Manti berisi daging domba dengan bumbu spesial yang konon membuat setiap gigitannya bikin ketagihan. 

  • Mie Lamian (Tiongkok)

Di Tiongkok, ada lebih dari 20 juta warga beragama Islam yang merayakan Idul Fitri. Banyak di antaranya yang tinggal di wilayah provinsi Xinjiang. Salah satu menu khas di wilayah ini adalah La Mian atau mie tarik. Mie berukuran panjang ini biasanya dimasukkan dalam sup daging sapi atau domba.

  • Cambaabur (Somalia)

Cambaabur merupakan roti khas Somalia. Bentuknya mengingatkan pada pancake. Bedanya,  Bedanya, cambaabur dibumbui dengan kunyit, kunyit, jinten, bawang merah, bawang putih, dan terkadang cabai. Roti sarapan yang populer di Djibouti ini dimakan dengan cara dicelupkan ke dalam yoghurt. Ada pula yang memakannya setelah ditaburi ghee cair (subag) dan gula. 

  • Sheer Khurma (India, Pakistan, Bangladesh)

Sheer Khurma adalah sajian khas yang berasal dari wilayah India, Pakistan juga Bangladesh. Biasanya sheer khurma dimakan untuk sarapan setelah shalat Ied atau sebagai sajian penutup (desert). Sheer berarti susu bahasa Persia dan khurma artinya kurma. Hidangan ini dapat disajikan panas atau dingin. Kurma menjadi salah satu bahan utama membantu meningkatkan rasa yang tidak bisa diberikan gula. Biasanya sheer khurma ditambahi dengan taburan kurma kering (chhuara), kelapa serta  kacang-kacangan seperti almond, kacang mete dan pistachio. 

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.