7 Peluang Bisnis Rumahan yang Menguntungkan

0
267
bisnis rumahan

Mendapatkan penghasilan kini tidak harus menjadi pegawai kantoran, pekerja lapangan, dan sebagainya. Banyak sekali orang yang mendapatkan penghasilan tetap, meskipun bekerja dari rumah. Bisnis rumahan bisa menjadi peluang yang menjanjikan bagi Anda yang ingin memiliki usaha, selain itu Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa tempat, dan Anda juga bisa mengatur jam kerja sendiri tanpa harus mengikuti atasan. Jika Anda ingin mendirikan bisnis rumahan, namun masih bingung menentukan bisnis apa yang cocok untuk Anda, berikut merupakan 7 peluang bisnis rumahan menurut Akseleran yang bisa menjadi pilihan Anda.

Laundry Kiloan

Salah satu peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan yaitu laundry kiloan. Bisnis yang satu ini merupakan kebutuhan wajib untuk pekerja kantoran, mahasiswa, atau keluarga. Hanya bermodalkan mesin cuci, setrika, dan pewangi, Anda bisa memulai bisnis ini. Biaya yang diperlukan untuk memulai juga tidak terlalu besar, karena kebanyakan alat yang diperlukan untuk memulai bisnis ini sudah Anda miliki di rumah.

Namun, perlu diingat bahwa Anda tetap harus berhati-hati dalam menjalankan bisnis ini. Jangan sampai ada baju yang luntur atau tertukar, karena hal ini akan berpengaruh pada konsumen. Selain itu, Anda juga mungkin membutuhkan tenaga bantuan jika banyak orang yang menggunakan jasa laundry kiloan Anda.

Bisnis Kuliner

Salah satu peluang bisnis yang tidak ada matinya adalah bisnis kuliner. Tren kuliner yang selalu berinovasi dari waktu ke waktu membuat industri ini menjadi pilihan banyak orang yang ingin memulai bisnis. Jika Anda memang memiliki hobi memasak, cara ini bisa dilakukan untuk menyalurkan hobi sambil mendapatkan penghasilan.

Mulai dari makanan kecil hingga makanan berat bisa Anda jadikan peluang usaha. Selain itu, jika membuat bisnis kuliner yang tidak memungkinkan bagi pelanggan untuk datang ke rumah, Anda bisa bekerja sama dengan aplikasi ojek online yang bisa mengantarkan makanan yang Anda jual kepada pelanggan. Jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk Anda kepada calon konsumen. 

Dropshipper

Belum memiliki modal untuk memulai bisnis? Menjadi dropshipper merupakan pilihan yang patut dicoba. Sistem dropshipper ini mirip dengan reseller, bedanya sistem dropshipper ini Anda menjadi wadah untuk membantu menjual barang milik orang lain tanpa harus membeli barangnya terlebih dahulu seperti reseller. Resiko menjadi dropshipper tidak sebesar reseller, karena resiko rugi lebih kecil.

Blogger

Punya hobi menulis? Salah satu ide bisnis yang tepat yaitu menjadi blogger. Selain menyalurkan hobi, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari sini. Hanya bermodalkan laptop dan kreativitas, Anda bisa memulai bisnis ini dengan mudah tanpa harus keluar rumah. Tentu saja Anda harus menyesuaikan tulisan dengan pasar yang ingin Anda tuju. Misal, Anda ingin menulis tentang resep-resep makanan, maka blog yang ditulis ditujukan untuk ibu rumah tangga. 

Jika tulisan Anda sudah memiliki cukup banyak pembaca, besar kemungkinan ada brand yang ingin bekerja sama dengan Anda, sehingga hal ini menjadi penghasilan tambahan untuk Anda. Sebagai blogger, Anda harus rutin menulis berbagai macam konten agar blog Anda mendapatkan exposure yang cukup besar.

Youtuber

Salah satu profesi yang saat ini sedang ditekuni banyak orang adalah Youtuber. Dengan youtube, Anda bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan, dan hal ini bisa dilakukan di rumah. Bahkan, banyak youtuber yang mengubah kamar pribadinya menjadi sebuah studio untuk mereka merekam video untuk channel youtubenya. Konten yang dibuat pun juga beragam dan bisa disesuaikan dengan apa yang Anda sukai, mulai dari gaming, makeup, film, hingga makanan.

Kerajinan Tangan

Ide bisnis yang satu ini memang membutuhkan keahlian dan keterampilan. Jika Anda belum cukup terampil untuk membuat kerajinan tangan, Anda bisa mendatangi usaha kecil menengah di berbagai daerah yang menjual produk kerajinan tangan. 

Coba ajak para UKM ini untuk bekerja sama, Anda bisa membantu memasarkan produk mereka lewat media sosial. Kerajinan tangan ini biasanya diminati di luar negeri, dan harga yang ditawarkan pun cukup tinggi. Dengan membantu memasarkan produk, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan tersebut. 

Investasi Online

Investasi online bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan yang cukup kompetitif setiap tahunnya. Selain itu, investasi online bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja menggunakan smartphone yang Anda miliki. Jenis investasi ada beragam, sehingga Anda perlu mengetahui terlebih dahulu investasi mana yang akan Anda lakukan. Memilih investasi online juga harus dari tempat yang aman dan terpercaya, pastikan tempat Anda melakukan investasi memiliki reputasi yang baik.

Kemudahan bekerja dari rumah tanpa harus pergi ke kantor memang terlihat menyenangkan. Namun, Anda juga perlu berhati-hati dalam berbisnis rumahan. Salah satu hal yang harus Anda perhatikan yaitu keadaan keuangan bisnis. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengelola keuangan yaitu menggunakan software akuntansi seperti Jurnal.

Jurnal dilengkapi dengan berbagai fitur yang akan memudahkan Anda dalam mengelola keuangan. Mulai dari manajemen aset, pembuat invoice, hingga aplikasi mobile yang memungkinkan Anda dapat mengakses kapanpun dan dimanapun secara real time. Daftar sekarang untuk mendapatkan free trial selama 14 hari untuk bisnis Anda!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here