NGO adalah: Definisi, Jenis, dan Contohnya

0
236
NGO Adalah

Istilah Non Government Organization atau NGO pasti sudah santer terdengar di telinga Anda. Meski demikian, ternyata tidak banyak masyarakat yang mengerti dengan baik apa sebenarnya NGO itu. Lantas, apa sebenarnya NGO? Mari simak lebih mendetail pada ulasan berikut ini. 

Definisi NGO

NGO adalah suatu jenis organisasi nirlaba atau non-profit yang dibentuk dengan tujuan yang berfokus pada kepentingan orang banyak dan lingkungan. Organisasi ini punya sebutan lain di Indonesia, yaitu Lembaga Swadaya Masyarakat atau disingkat LSM. Oleh karena tidak berorientasi pada keuntungan, NGO bekerja secara mandiri dan independen tanpa sekalipun ada campur tangan dari pihak pemerintah. 

Selain itu, pastinya berbagai aktivitas yang dilakukan oleh organisasi ini tidak menuntut atau mengharapkan adanya imbalan dalam bentuk apapun. Lalu, dari mana asal dana yang digunakan untuk pembiayaan aktivitas organisasi? Sebenarnya, NGO mendapatkan dana untuk aktivitas operasional dari banyak sumber. Misalnya, donasi dari perusahaan, sumbangan sukarela dari masyarakat, sumbangan sukarela dari yayasan, hingga mencari dana dengan berjualan barang atau jasa. 

Jenis Lembaga NGO

Banyak sekali jenis NGO yang bisa Anda jumpai di dunia. Supaya lebih mudah, berikut jenis NGO berdasarkan orientasi atau fokus dan tingkatan operasionalnya:

Berdasarkan Fokus Organisasi

NGO adalah lembaga yang tidak berorientasi pada keuntungan. Jenis NGO berdasarkan fokus organisasi dibagi menjadi: 

Organisasi Amal

Jenis NGO ini berfokus pada aktivitas amal. Bentuknya bisa seperti memberikan bantuan untuk masyarakat kurang mampu atau sumbangan kepada korban bencana alam. Bentuk santunan bisa berupa uang, makanan, pakaian, atau bahan sembako. 

Organisasi Layanan Hidup

Berikutnya ada NGO yang berfokus pada layanan hidup. Bentuk kegiatan yang dilakukan berupa pemberian bantuan untuk memenuhi apa yang menjadi keperluan orang banyak. Misalnya, memberikan bantuan kesehatan melalui jasa pengobatan keliling. 

Organisasi Partisipasi Masyarakat

Ada pula NGO yang berfokus pada partisipasi masyarakat. Biasanya, jenis NGO ini tidak memiliki cukup sumber daya untuk melakukan aktivitasnya. Partisipasi masyarakat bisa berupa sumbangan atau perencanaan aktivitas rutin. 

Organisasi Pemberdayaan

Tugas dari jenis NGO ini adalah melakukan aktivitas dengan tujuan untuk pemberdayaan pada masyarakat. Misalnya, melalui seminar atau penyuluhan pada kelompok masyarakat tertentu.  

Berdasarkan Tingkatan Operasional

Jenis NGO berikutnya dibagi berdasarkan tingkat operasionalnya, yaitu: 

Berbasis Komunitas

Jenis NGO ini dibentuk berdasarkan komunitas atau gabungan beberapa individu yang memiliki permasalahan sosial yang sama. Contoh NGO adalah organisasi kesenian, pendidikan, dan lingkungan. 

Lingkup Urban

Ada pula jenis NGO yang berfokus pada pemberian bantuan untuk kelompok orang tertentu di area perkotaan. Biasanya, fokusnya mengarah pada kelompok orang kurang mampu.  

Organisasi Lingkup Nasional

Bentuk NGO ini memiliki operasional di tingkat nasional dengan tugas utama mengatasi permasalahan yang biasanya muncul di suatu negara. Contohnya adalah Wahana Lingkungan Hidup Indonesia atau WALHI yang bertujuan untuk memelihara dan melestarikan lingkungan hidup di Indonesia. 

Organisasi Lingkup Internasional

Jenis terakhir NGO adalah lingkup internasional. Organisasi ini bertujuan untuk membantu masyarakat dunia lebih sejahtera dengan cara memberikan bantuan kepada lembaga swadaya lain dengan lingkup yang lebih kecil. 

Baca juga: Organisasi Nirlaba: Definisi, Ciri-Ciri, dan Contohnya

Contoh NGO

Banyak sekali organisasi non-profit di Indonesia yang bisa Anda jumpai. Beberapa di antaranya yaitu:

Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI)

Jenis NGO ini berfokus pada berbagai aktivitas yang berkaitan dengan bidang hukum. Anggota organisasi akan menyediakan bantuan untuk masyarakat yang mengalami kesulitan menyelesaikan perkara hukum atau menjadi korban dari tindak kriminal. 

Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI)

Contoh lain dari NGO adalah Lembaga Perlindungan Anak Indonesia atau LPAI. Lembaga ini memiliki fokus utama untuk memberikan bantuan perlindungan terhadap anak. Berbagai kasus yang menjadi perhatian utama dari LSM ini seperti penculikan dan perdagangan anak, eksploitasi, tindak kekerasan terhadap anak, penelantaran, hingga pelanggaran seksual. 

Indonesia Corruption Watch (ICW)

Ada lagi NGO yang berfokus pada pengawasan berbagai tindakan yang berkaitan dengan korupsi di Indonesia, yaitu Indonesia Corruption Watch atau ICW. Selain itu, anggota NGO ini juga aktif melakukan pemberdayaan dan seruan kepada masyarakat untuk melibatkan diri dalam memerangi tindak pidana korupsi. 

NGO didirikan secara mandiri tanpa adanya keterlibatan dari suatu pihak untuk kepentingan komersial. Semua aktivitas yang dilakukan murni bertujuan untuk memberikan bantuan kepada orang banyak. Bisa dikatakan, adanya NGO menjadi salah satu solusi alternatif untuk semua masalah sosial dalam cakupan tertentu. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]